10 Langkah Mudah Membuat Tempe Bumbu Rica-Rica

Bila biasanya masakan rica-rica hanya diolah pada bahan utama daging, baik itu daging ayam, sapi, maupun daging ikan, maka olahan resep yang satu ini sangat unik karena menggunakan tempe sebagai bahan utama rica-rica.

Rasa tempe tak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan daging. Selain itu, tempe juga memiliki kandungan gizi yang berguna bagi tubuh. Dan tentunya harga tempe juga murah daripada daging. Sangat ekonomis kan?

Tempe juga dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan nikmat. Salah satunya adalah dengan menggunakan bumbu rica-rica Manado. Penasaran ingin mencoba? Baca terus artikel ini. 😀

Tempe, makan tradisional bergizi

tempe bumbu rica rica

Tempe Mentah – tempehstarter.com

Sejak dahulu tempe memang dikenal sebagai bahan makanan yang cukup murah namun kaya akan kandungan gizi yang tinggi seperti serat pangan, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin B, protein nabati, fosfor, dan keratin.

Tempe memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya dapat meningkatkan kadar HDL, mencegah beberapa penyakit degeneratif, membuat jantung tetap sehat karena mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Tempe juga memiliki kandungan serat yang mampu mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker, membantu proses diet karena mengandung protein bebas lemak, mencegah penyakit kekurangan darah karena mengandung mineral tinggi yang mudah diserap oleh darah.

Kegunaan lain dari tempe adalah menjaga tulang tetap kuat, menangkal adanya radikal bebas, meningkatkan kekebalan serta fungsi syaraf, baik untuk kesehatan kulit dan otot, dapat mencegah diare dan kolera, dan masih banyak lainnya.

Tempe diolah dengan menggunakan teknik fermentasi biji kedelai dengan menggunakan beberapa jenis kapang (sejenis jamur/fungi).

Tempe yang merupakan makanan tradisional Indonesia ini sudah menjadi terkenal ke mancanegara. Beberapa kaum vegetarian di dunia telah menggunakan bahan tempe ini sebagai pengganti daging.

Akibatnya beberapa negara di dunia telah memproduksi sendiri tempe dengan cara dan teknologi mereka seperti negara Jepang, Jerman dan Amerika Serikat.

Tak heran jika tempe memang sering dijadikan sebagai lauk pengganti daging unggas atau ikan.

Rica-rica tempe sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet, karena tempe mengandung banyak protein nabati serta karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Selamat mencoba resep tembe bumbu rica-rica.

Resep Olahan Tempe Bumbu Rica Rica

Berikut resep olahan tempe bumbu rica-rica yang bisa Anda coba.

Bahan Tempe Rica-Rica:

300 gram tempe

3 lembar daun jeruk purut

5 siung bawang merah

1/2 lembar daun pandan

1 ikat kemangi

1 batang serai

300 ml santan

Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

4 siung bawang putih

5 buah cabai rawit merah

6 buah cabai keriting merah

3/4 sendok teh garam

Langkah-langkah membuat Tempe Rica-rica:

1) Potonglah semua tempe menjadi bentuk dadu.

2) Potong batang dari daun kemangi, ambil daunnya saja.

3) Iris bawang merah menjadi tipis-tipis.

4) Setelah semua bahan dipotong-potong, panaskan minyak goreng.

5) Tumis seluruh bahan bumbu halus hingga mengeluarkan aroma yang harum.

6) Jika sudah tercium aroma harum, tambahkan bawang merah, serai yang sudah dimemarkan, daun pandan yang disobek, dan daun jeruk purut. Aduk seluruhnya hingga rata.

7) Masukkan tempe yang telah dipotong-potong ke dalam bumbu tersebut. Aduk semuanya hingga tercampur.

8) Tuang santan ke dalam masakan, kemudian masak hingga santan habis dan mengering agar bumbu bisa meresap ke dalam tempe.

9) Tambahkan daun kemangi di dalamnya, kemudian masak hingga layu.

10) Jika sudah matang, angkat rica-rica tempe dan sajikan.

Itu tadi resep tempe bumbu rica-rica yang bisa dicoba untuk menu makan keluarga sehari-hari atau saat momen tertentu.

Kreasi rica-rica menggunakan tempe ini tak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan resep ikan rica-rica atau bebek rica-rica.

Selain rasanya lezat dan gurih, rica-rica tempe juga lebih sehat karena mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Happy cooking.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *