12 Tips Mudah untuk Memasak Cepat Tanpa Menghilangkan Cita Rasa

Memasak cepat sangat diperlukan dalam beberapa kondisi dan situasi.

Saat tamu jauh atau keluarga yang tiba-tiba datang ke rumah mau tidak mau sebaiknya kita menghidangkan makanan sekedarnya atau minuman ringan namun tetap berselera.

Apalagi jika yang datang adalah kenalan atau teman kantor, kan gak enak kalo jadi pembicaraan teman-teman kantor atau rekan bisnis jika Anda tidak menyiapkan makanan atau bahkan minuman.

Tips berikut ini juga dapat Anda praktekkan saat bulan puasa tiba karena dalam hal ini memasak secara cepat memang betul diperlukan.

Tips Memasak Cepat yang Berselera

Persiapan Memasak dengan Memotong Bahan

Persiapan Memasak dengan Mencincang Daging – pixabay.com

 

Agar memasak cepat dapat dilakukan dengan baik dengan tidak menghilangkan cita rasa yang diinginkan maka diperlukan beberapa tips yang perlu dilakukan dan dihindari agar memasak kita bisa lebih cepat namun tetap berselera tinggi.

Beberapa hal yang dipersiapkan untuk menggunakan cara memasak cepat antara lain:

1. Membuat perencanaan menu setidaknya untuk 3 (tiga) sampai 5 (lima) hari ke depan.

2. Membeli stok bahan makanan yang paling sering digunakan atau yang menjadi favorit dalam menu harian keluarga atau bisa juga bahan makanan yang ada dalam perencanaan di atas untuk menghindari resiko kekurangan bahan.

3. Agar dapat lebih mempercepat waktu masak sebaiknya dipersiapkan juga stok bahan makanan olahan yang berupa makanan kaleng (jamur, sarden dan lainnya), makanan siap saji (nugget, baso, sosis). Dan ingat jangan lupa untuk tetap memperhatikan tanggal kadaluwarsanya ya.

4. Bagi yang memiliki lemari es disarankan untuk tetap menjaga kondisi lemari es agar tetap lega. Jangan sampai menumpuk atau mencampur bahan makanan mentah segar dengan yang basah apalagi sampai penuh karena akan berakibat tidak maksimalnya kerja lemari es dalam mengawetkan bahan makanan.

5. Jika sempat, buatlah stok untuk air kaldu dalam beberapa hari ke depan karena hal ini akan mempermudah kerja bunda dalam membuat resep sup dan makanan berkuah lain.

6. Pemilihan bahan makanan yang mudah matang juga diperlukan. Sayur-sayuran yang berdaun merupakan pilihan tepat karena cara mengolahnya yang cukup cepat. Sedangkan untuk bahan makanan yang berprotein sebaiknya untuk memilih ayam fillet atau ikan fillet agar tidak butuh waktu lama dalam memasak.

Sedangkan hal-hal yang diperhatikan sebelum memasak makanan cepat antara lain:

Bahan yang Telah Dipotong kemudian Disimpan dalam Wadah

Bahan yang Telah Dipotong, Disimpan dalam Wadah – pixabay.com

 

7) Melakukan persiapan lebih awal dalam memasak. Contoh misalnya Anda bisa memotong-motong sayuran terlebih dahulu sesuai kebutuhan, begitu pula halnya dengan bumbu-bumbu yang akan digunakan, kemudian kemas rapi dan simpan dalam lemari es.

8) Khusus untuk daging Anda bisa merebusnya terlebih dahulu , dinginkan, kemudian kemas dan simpan dalam freezer. Anda juga bisa memotong-motong terlebih dahulu daging ayam atau sapi dalam ukuran kecil kemudian menggorengnya setengah matang dan menyimpannya.

9) Khusus untuk sayuran yang bertekstur padat seperti wortel, buncis dan lainnnya Anda dapat memotongnya terlebih dahulu kemudian merebusnya sebentar, kemudian kemas rapi dan simpan dalam lemari pendingin agar lebih cepat matang saat dimasak.

10) Dalam hal makanan pedas dan rica-rica sangat baik untuk menggunakan cabai. Namun dalam hal dan kondisi tertentu pemakaian saus sambal dalam botol atau sachet dapat mengganti rasa pedasnya. Anda pun bisa menambahkan merica jika diinginkan.

11) Jika cabai segar yang disimpan terlalu lama tidak dapat digunakan maka Anda bisa menggantinya dengan bubuk cabai atau abon cabai yang banyak tersedia di pasaran.

12) Sebelum memasak sebaiknya Anda memilih menu yang bisa dimasak lebih cepat seperti menggoreng, menumis atau mengukus.

Demikian hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam hal persiapan memasak makanan cepat. Anda bisa bagikan tips ini ke teman atau saudara Anda. Semoga beberapa tips dan cara di atas dapat membantu bunda melakukan memasak cepat tanpa menghilangkan cita rasa makanan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *