5 Langkah Cepat Bikin Nasi Goreng Pedas Bumbu Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan resep nasi goreng?

Resep yang berupa nasi putih yang digoreng dalam minyak dan dicampur aduk dengan berbagai macam bumbu dan rempah ini, masuk dalam kategori masakan terlezat di dunia setelah rendang!

Predikat “masakan terlezat kedua di dunia” ini didapat melalui polling terhadap 35.000 orang melalui internet yang dilakukan oleh CNN pada tahun 2011.

Dan tahukah Anda bahwa peringkat pertama dari “50 Makanan Terlezat di Dunia” adalah rendang. Nah, kini nasi goreng pedas bumbu rendang bertemu dalam satu piring 😀 . Bagaimana rasanya?

Nasi Goreng Bumbu Rendang? Siapa Takut..

nasi-goreng

Nasi Goreng – pixabay.com

 

Nasi goreng pada awalnya berasal dari masakan tradisional Tionghoa yang menurut catatan sejarah sudah ada sejak tahun 4000 SM.

Menurut penuturan beberapa sumber, nasi yang digoreng ini muncul karena budaya orang Tionghoa yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan tidak suka membuang makanan yang tersisa.

Agar tidak mubazir maka nasi yang tersisa atau yang dingin tersebut digoreng kembali dengan tambahan beberapa bumbu dan rempah-rempah untuk kemudian dihidangkan kembali.

Nasi goreng kemudian tersebar ke seluruh Asia Tenggara dan masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan para perantau Tionghoa. Kemudian menyatu dengan cita rasa lokal khas Indonesia dan muncul berbagai macam variasi.

Variasi nasi goreng terjadi karena adanya cita rasa lokal yang ingin dimunculkan. Sebagai contoh nasi goreng ikan asin yang variannya sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia.

Ada juga nasi goreng jawa yang biasanya dibumbui dengan sambal ulek jawa dan membuat rasa nasi goreng menjadi pedas.

Varian lain adalah nasi goreng pete yang menggunakan pete sebagai campuran dari bumbu dan rempah-rempah lainnya dan nasi goreng sagela, nasi goreng yang menggunakan bumbu ikan sagela (ikan laut yang melewati proses pengasapan).

Variasi lainnya dari nasi goreng yang muncul di beberapa restoran dan rumah makan di seluruh Indonesia antara lain nasi goreng kambing pete, nasi goreng teri medan, nasi goreng aceh, nasi goreng udang dan lainnya.

Meski pada awalnya nasi goreng diciptakan agar nasi sisa semalam tidak mubazir sehingga biasanya dimakan sebagai sarapan, kini nasi goreng sudah menjadi menu populer di warung-warung tenda pinggir jalan hingga larut malam.

Istilah spesial pake telur muncul hanya pada menu nasi goreng jalanan. Arti dari istilah ini adalah nasi yang dipesan menggunakan 2 (dua) telur, satu digoreng bersama nasi, satu lagi digoreng terpisah biasanya dalam bentuk telur dadar atau telur ceplok.

Namun, jika Anda bertanya kepada anak kost dari semua nasi goreng yang disebutkan di atas hanya ada satu yang menurut mereka paling enak sedunia yaitu nasi goreng ngutang 😀

Saatnya kita berkreasi nasi goreng pedas bumbu rendang khas Padang. Tapi Anda tidak perlu khawatir dengan bumbu rendangnya karena pada menu ini kita menggunakan bumbu rendang siap pakai yang banyak dijual di supermarket-supermarket.

Apakah Anda sudah siap? Mari kita goreng mereka! 😛

Resep nasi goreng pedas bumbu rendang

Berikut ini adalah bahan utama dan cara membuat nasi goreng pedas bumbu rendang

Bahan utama:

300 gram nasi putih

100 gram daging sapi, potong tipis-tipis

5 lembar sawi hijau, potong-potong

3 lembar kol, iris tipis

3 sdm bumbu rendang siap pakai

10 buah cabai rawit, potong kasar

2 buah cabai merah, iris tipis

1 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

2 sdm minyak goreng

Cara membuat Nasi Goreng Pedas Bumbu Rendang

1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu rendang, cabai rawit dan cabai merah hingga tercium aroma harum.

2. Masukkan daging sapi dan aduk hingga merata.

3. Tambahkan nasi putih, sawi dan kol. Aduk hingga merata.

4. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk kemudian aduk hingga merata dan sampai semuanya benar-benar matang.

5. Nasi goreng pedas bumbu rendang siap disajikan.

Itulah cara membuat nasi goreng pedas bumbu rendang yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Rasanya tidak kalah lezat dengan ikan asin bumbu balado. Dan kini Anda bisa menikmati bagaimana rasanya 2 (dua) jenis makanan terlezat di dunia versi CNN. Selamat mencicipi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *