5 Langkah Mudah Bikin Ikan Nila Sambal Mangga Muda Segarrr

Resep ikan nila sambal mangga muda berikut adalah variasi dari resep ikan tawar rica-rica lain yang bisa Anda buat dengan cepat dan mudah. Selain itu resep ini sangat berguna bagi ibu hamil yang sedang ngidam mangga.

Seperti biasanya, kami akan memberikan informasi awal tentang resep ini sebelum Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Penasaran dengan rasa sambal mangga muda? Baca sampai tuntas ya.. 😀

Mangga …

mangga

Buah Mangga – pixabay.com

 

Mangga (mangifera indica) merupakan tanaman yang dipercaya berasal dari India. Nama asli dari buah ini adalah malayalam maanga.

Buah ini selain dimakan dalam keadaan segar juga sering dimakan sebagai rujak atau manisan. Di beberapa daerah Indonesia buah mangga yang masam sering dijadikan sebagai campuran sambal untuk masakan ikan seperti dalam resep ikan nila sambal mangga muda ini.

Beberapa orang lebih suka buah mangga yang memiliki rasa manis alami artinya matang dan dipetik langsung dari pohon. Sebagian lain lebih menyukai rasa asam dari mangga muda terutama ibu hamil yang biasanya jatuh cinta dengan rasa asam.

Akan tetapi dibalik rasa asam dari mangga muda ini Anda perlu lebih berhati-hati jika memiliki riwayat penyakit maag. Mengapa? karena jumlah asam dari mangga muda ini bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung hingga penyakit maag Anda kumat bahkan lebih parah.

Kandungan nutrisi dalam mangga juga terdeteksi cukup tinggi. Buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari pada buah jeruk. Selain itu buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A dan B6 yang cukup bagi ibu hamil bersama janinnya.

Saatnya kita mencoba membuat resep ikan nila sambal mangga muda segar khas rica-rica. Selamat mencoba!

 

Bahan-bahan dan cara membuat resep ikan nila sambal mangga muda

Berikut adalah bahan dan cara membuat resep ikan nila sambal muda yang bikin merem-melek kepedesan dan keaseman. 😀

Bahan-bahan

4 ekor ikan nila, bersihkan

2 sdm air jeruk nipis

1 sdt ketumbar, disangrai

3 siung bawang putih

2 cm kunyit, bakar

50 ml air

700 ml minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan untuk sambal mangga muda

1 buah mangga muda/pencit, diparut kasar

10 buah cabai rawit

2 butih bawang merah, bakar

1 sdt terasi bakar

1 sdt gula pasir

Garam secukupnya

Cara membuat ikan nila sambal mangga muda

1. Kerat badan ikan nila, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis.

2. Haluskan ketumbar, bawang putih, kunyit dan garam. Lumuri di seluruh badan ikan nila selanjutnya diamkan sesaat.

3. Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.

4. Haluskan cabai rawit, bawang merah, terasi, gula dan garam (sebaiknya menggunakan cobek agar lebih gurih). Kemudian masukkan mangga yang telah diparut dan diaduk rata.

5. Sajikan ikan nila bersama dengan sambal mangga muda yang telah dibuat.

Itulah resep ikan nila sambal mangga muda yang bikin mata Anda merem-melek. Resep ini dapat menghasilkan energi sebesar 1.808 kkal dan protein hingga 153 gram dengan takaran sesuai resep. Cukup bergizi bagi kebutuhan nutrisi harian keluarga Anda. Selamat mencicipi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *