5 Langkah Praktis Bikin Tongkol Bumbu Rujak Rasa Pidis

Jika Anda menginginkan resep lain dari tongkol cobalah tongkol bumbu rujak berikut ini. Selain mendapatkan cita rasa khas dari tongkol Anda juga mendapatkan paduan rasa lain seperti gula jawa dan asam jawa yang biasa digunakan dalam bumbu rujak.

Resep ini dapat dibuat dengan mudah menjadi 2 (dua) porsi dengan biaya kurang dari 25.000 rupiah saja. Penasaran seperti apa rasa yang terjadi? Baca terus hingga tuntas.

Bumbu Rujak, Bermanfaat untuk Mengobati Batuk

rujak-buah

Rujak buah, lezat disantap siang hari – wikimedia.org

 

Rujak adalah sajian khas berupa campuran dari beberapa potong buah seperti mangga muda, salak, pepaya muda, bengkuang, jambu, kedondong, belimbing dengan menggunakan bumbu berupa saus.

Nah, yang membuat rujak menjadi enak adalah bumbu sausnya yang biasanya terbuat dari gula jawa, kacang tanah, jeruk nipis, asam jawa, garam, cabai dan beberapa bahan lain.

Paduan rasa asam dan manis dari buah-buahan dan bumbu saus yang mempunyai rasa asam dan manis juga semakin menambah selera orang yang mencicipinya apalagi jika sajian ini disantap saat siang hari.

Dalam resep tongkol bumbu rujak berikut, kita hanya menggunakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbunya saja dengan tambahan bahan berkuah seperti santan agar terasa meresap ke dalam daging ikan tongkol.

Bumbu rujak kaya akan manfaat. Terutama kandungan dari gula jawa yang ternyata lebih bermanfaat dari gula tebu. Gula jawa memiliki kandungan gula yang lebih kecil dibandingkan dengan gula tebu (gula pasir).

Selain itu gula jawa juga sering digunakan dalam terapi asma, sebagai obat batuk demam, terapi kurang darah atau anemia dan berkhasiat layaknya madu yang tidak didapatkan dalam gula tebu.

Saatnya menyiapkan bahan-bahan dan alat untuk meracik resep tongkol bumbu rujak rasa pedas dengan menggunakan panduan yang telah kami coba di dapur ikan rica rica. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat tongkol bumbu rujak

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat tongkol bumbu rujak yang membuat selera Anda makin bertambah.

Bahan-bahan

250 gram pindang tongkol, potong-potong dan goreng sebentar

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

2 cm lengkuas, memarkan

50 gram gula jawa, sisir

3 sdm gula pasir

3 sdm air asam jawa

400 ml santan

2 sdm minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

7 buah cabai merah

4 butir kemiri, disangrai

1/2 sdm ketumbar, disangrai

2 cm kunyit

Cara membuat tongkol bumbu rujak

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum.

2. Tambahkan daun salam, lengkuas dan serai kemudian masak hingga layu.

3. Masukkan tongkol kemudian tuang santan cair dan tambahkan gula jawa, gula pasir, air asam dan garam.

4. Masak sambil sesekali diaduk hingga merata.

5. Resep tongkol bumbu rujak siap untuk disajikan.

So.. mudah bukan cara membuatnya? Namun jika kepepet maka bunda bisa menggunakan bahan bumbu rujak siap saji yang bisa dipesan secara online. Resep tongkol bumbu rujak ini sangat pas disajikan untuk mereka yang merindukan rasa asam dan manis dalam satu resep.

Selain manfaat rasa yang khas, resep ini juga dapat menghasilkan energi sebesar 2.490 kkal dan protein sebesar 138.8 gram dalam satu kali penyajian sesuai resep. Selamat mencicipi ya..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *