6 Cara Gampang Bikin Nugget Ayam Saus Rica-Rica

Mungkin Anda sudah sering mencicipi nugget ayam. Bahan olahan ini cukup praktis. Panaskan minyak sebentar, goreng, tambahkan sambal dan nugget ayam siap untuk disajikan bersama nasi. 

Namun bagaimana jika nugget ayam ini kita siram dengan saus rica-rica racikan sendiri?

Selain enak, resep nugget ayam saus rica-rica ini dapat menghasilkan energi sebesar 780 kkal. Anda penasaran? Mari baca sampai tuntas.

Nugget Ayam, Makanan Cepat Saji dari Daging Ayam

Nugget ayam

Nugget ayam – pixabay.com

 

Percaya tidak bahwa nugget banyak dikonsumsi saat bulan puasa? Selain penyajiannya yang sangat cepat, bahan olahan yang berasal dari daging ini mempunyai energi yang hampir sama dengan daging asli.

Pengolahan daging menjadi nugget akan melalui beberapa tahapan. Pada akhirnya, nugget yang telah dipacking dalam kemasan adalah nugget yang sudah digoreng matang. Sehingga cara memasaknya pun cukup dipanaskan sebentar.

Nugget biasanya telah dicampur dengan bahan-bahan tertentu seperti tepung, emulsi dan rempah-rempah lain yang menjadikannya memiliki cita rasa yang bervariasi dan menjadi awet.

Selain diberikan campuran tertentu, nugget dalam kemasan juga harus disimpan dalam kondisi beku agar tidak rusak oleh mikroorganisme.

Pada awal terciptanya nugget ayam oleh Robert C Baker di tahun 1950, nugget dicampur dengan bahan-bahan sayur seperti wortel agar lebih sehat dan bergizi.

Hingga beberapa tahun kemudian nugget ayam menjadi populer dan beberapa perusahan berlomba-lomba untuk membuat nugget ayam untuk dijual.

Dan akhirnya prinsip ekonomi berlaku, daging ayam menjadi susah diperoleh dan akibatnya saat ini hanya 50% saja bagian nugget terbuat dari daging asli, sisanya terdiri dari bahan campuran yang kurang sehat seperti tepung, MSG dan beberapa bahan lain.

Bahan-bahan yang kurang sehat ini akan berdampak pada kesehatan.

Obesitas dan serangan jantung adalah penyakit yang sering mengintai kepada orang yang gemar makan makanan cepat saji. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi.

Namun kita bisa mencegah beberapa penyakit bahaya tersebut jika bisa mengatur pola makan. Selain pengaturan pola makan kita juga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga ringan di pagi dan sore hari.

Saatnya kita berkreasi dengan nugget ayam yang ada di dapur Anda. Selamat mencoba!

 

Resep nugget ayam saus rica-rica pedas

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat nugget ayam saus rica-rica.

Bahan-bahan

250 gram nugget ayam

3 sdm saus sambal

1 sdm saus tiram

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

½ sdt merica bubuk

150 ml air

2 sdm minyak

Bahan untuk bumbu 

½ buah bawang bombay, iris-iris tipis

3 siung bawang putih, iris tipis

5 buah cabai rawit, iris serong

2 buah cabai merah, diiris tipis

2 buah cabai hijau, diiris tipis

Cara membuat nugget ayam rica-rica:

1. Panaskan minyak goreng nugget ayam hingga matang, angkat dan tiriskan.

2. Tumis bahan untuk bumbu yang diiris tipis hingga layu dan tercium aroma harum.

3. Masukkan saus sambal dan saus tiram, aduk hingga rata.

4. Tuang air, berikan bumbu garam dan gula, aduk hingga matang dan mengental kemudian angkat.

5. Siramkan saus yang telah mengental ke nugget yang telah digoreng tadi.

6. Nugget ayam saus rica-rica pedas siap untuk disajikan.

Bagaimana? Cukup praktis bukan cara membuat nugget ayam saus rica-rica. Resep ini selain menghasilkan energi yang cukup banyak, juga mengandung protein sebesar 53.4 gram per sajian mengikuti resep.

Jika Anda tidak punya stok nugget ayam yang ada di rumah, Anda bisa menggunakan bahan nugget lain seperti nugget udang atau yang lain. Selamat mencicipi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *