6 Langkah Praktis Bikin Mie Goreng Cabai Keriting

Anda sedang mencari resep yang terbuat dari bahan mie? Resep mie goreng cabai keriting ini dapat memuaskan selera Anda terhadap kesukaan Anda pada mie.

Resep mie goreng cabai keriting ini bisa menghasilkan 4 (empat) porsi dengan perkiraan nilai energi pada masing-masing porsi sebesar 260 kkal.

Hmm, tentunya sangat cocok untuk dibuat sarapan di pagi hari sebelum berangkat beraktifitas. Resep mie goreng cabai keriting ini dapat Anda buat dengan mudah dengan mengikuti panduan yang ada dalam seri ini. Selamat mencoba!

Mie, Makanan Universal

spaghetti-mie-italia

Spaghetti, Mie Asal Italia – pixabay.com

 

Mie merupakan makanan universal. Sehingga untuk memenuhi nafsu penggemar mie maka diciptakan mie instant yang favorit hampir di semua bangsa dan negara.

Bangsa Italia, Tionghoa dan Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta makanan ini. Tidak ada bukti konkrit negara asal mie sampai pada bulan Oktober 2005, di Qinghai, Tiongkok ditemukan fosil mie yang diperkirakan berusia sekitar 4000 tahun.

Mie adalah jenis makanan olahan yang dibentuk dari bahan seperti tepung gandum, tepung beras, tepung kanji dan beberapa tepung lain. Bentuk mie secara umum adalah bulat tipis dan panjang, kadang juga berbentuk pipih seperti kwetiaw, kadang juga berbentuk bulat tebal seperti udon.

Dengan campuran beberapa jenis bahan pembentuk mie maka akan dihasilkan variasi mie dalam hal bentuk, warna, tekstur dan hal ini akan berpengaruh pada cita rasa mie. Tentunya masing-masing orang punya favorit.

Bangsa Eropa seperti Itali juga memiliki jenis mie yang disebut spagheti dan makaroni yang dipotong pendek-pendek dan berlubang di tengah. Sementara di Jepang ada mie ramen dan mie udon.

Mie yang bahan baku pembentuknya terbuat dari tepung beras dan tepung gandum tentu memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Namun terhadap mie instant kita harus lebih hati-hati untuk mengkonsumsinya. Mie instant diklaim oleh beberapa pihak mengandung bahan pelapis seperti lilin yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Lapisan lilin pada mie ini sangat sulit dicerna oleh usus sehingga butuh waktu sekitar 2 (dua) hari untuk dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

Meskipun begitu jika kita memasaknya dengan benar maka lapisan lilin tersebut tidak akan masuk pada tubuh.

Cara yang mudah adalah dengan merebus mie instant terlebih dahulu hingga air rebusan menguning yang berarti lapisan lilin telah lepas dari mie instant. Selanjutnya masak kembali mie sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan.

Saatnya kita mencoba aneka resep olahan mie goreng cabai keriting berikut.

Resep mie goreng cabai keriting

Berikut adalah bahan utama, bahan untuk bumbu halus dan cara pembuatan mie goreng cabai keriting

Bahan utama

250 gram mi telur basah

1 buah bawang bombay, iris panjang

5 buah cabai merah keriting

10 buah cabai rawit merah

100 gram udang, dikupas dan sisakan ekornya

100 gram ayam fillet, iris-iris tipis

5 buah baso ikan, iris-iris tipis

1 ½ sdm kecap ikan

1 sdm kecap manis

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

150 ml air

2 batang daun bawang, dipotong serong

2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan untuk bumbu halus

4 siung bawang putih

2 sdt ebi, disangrai

3 buah cabai kering

Cara membuat mi goreng cabai keriting

1. Tumis semua bahan untuk bumbu halus, bawang bombay, cabai keriting dan cabai rawit hingga tercium aroma harum.

2. Masukkan udang dan ayam kemudian aduk hingga berubah warna.

3. Tambahkan baso ikan, kecap ikan, kecap manis, garam, merica bubuk dan gula pasir kemudian aduk hingga merata.

4. Tuang air dan masak hingga semua bumbu meresap.

5. Masukkan mie dan daun bawang, aduk hingga matang dan semua bumbu meresap.

6. Mie goreng sambal keriting siap untuk disajikan.

Itulah resep mie goreng cabai keriting yang dapat Anda masak bersama keluarga tercinta. Jika ingin sensasi rasa pedas yang lain Anda dapat mengganti cabai merah dengan menggunakan cabai hijau. Bon appétit

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *