8 Cara Praktis Membuat Terung Sambal Teri

Anda yang hobi masak pastinya sudah tidak asing dengan terung. Dalam aneka resep olahan ini kita akan mencoba membuat resep dengan menggunakan terung yaitu terung sambal teri.

Wah, sepertinya gurih dan kriuk-kriuk gimana gitu. ūüėõ

Resep ini sangat mudah diolah dan memasaknya pun tidak memerlukan waktu yang lama cukup 20 menit saja. Anda penasaran dengan resep terung sambal teri? Mari kita intip.

Terung, Antara Mitos dan Fakta

terong-antara-mitos-dan-fakta

Buah Terong – pixabay.com

 

Terung atau yang lebih dikenal dengan terong merupakan tumbuhan yang berkerabat sangat dekat dengan kentang dan leunca. Tumbuhan ini sering dijadikan makanan untuk sayur.

Diperkirakan asal dari tumbuhan ini adalah dari India dan Srilanka. Tanaman ini dinamai eggplant oleh Eropa karena bentuk awalnya seperti telur dan berwarna putih sebelum mengalami evolusi teknologi seperti sekarang.

Ciri-ciri dari tanaman ini antara lain buahnya mempunyai warna yang sangat bervariasi. Ada ungu, hijau dan putih. Batangnya pun biasanya mempunyai duri. Warna bunga dari terung antara putih hingga ungu dengan mahkita bunga yang memiliki 5 (lima) lobus.

Buah terung memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Bijinya boleh dimakan namun memiliki rasa yang pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Hal ini tentu dapat dipahami karena dalam klasifikasi ilmiah terung memiliki famili yang sama dengan tembakau.

Terung dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya menurunkan kolesterol, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi serangan rematik.

Selain itu terung juga dapat digunakan sebagai obat sampak dan cacar, mengobati epilepsi dan dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan di Nigeria, terung digunakan sebagai obat untuk penyakit rematik, sakit pinggang, encok, pinggang kaku dan beberapa nyeri persendian lainnya.

Terung pun sebagai makanan memiliki banyak mitos. Diantaranya adalah memakan terung dapat menyebabkan badan menjadi loyo dan tidak bergairah. Hal ini perlu penelitian lebih lanjut karena ternyata di Eropa, terung sudah digunakan sebagai obat penambah gairah sejak tahun 1600 bahkan mendapat julukan apel cinta.

Terung oleh orang Eropa sebelum digunakan sebagai campuran makanan dan sayuran, dulu dikira sebagai buah yang beracun. Bahkan di Amerika sampai abad ke-20 buah terung hanya dijadikan sebagai hiasan meja.

Berbagai jenis terung juga kini dapat diperoleh di pasar modern maupun tradisional. Beda jenis beda juga cara pengolahannya. Beberapa jenis terung diantaranya terung mini, sesuai namanya bentuknya yang kecil dan biasa dipakai sebagai lalapan di menu masakan Sunda (karedok).

Ada juga jenis terung telunjuk yang bentuknya panjang seperti telunjuk dan sangat populer pada menu masakan Sumatra (sambal balado). Terung Belanda bentuknya lebih menyerupai telur namun ujungnya runcing. Terung ini lebih sering diolah menjadi jus.

Setelah mengenal lebih dekat dengan terung kini saatnya kita mencicipi seperti apa rasanya terung sambal teri dalam panduan di bawah ini. Selamat mencoba.

Resep terung sambal teri praktis

Berikut adalah bahan utama dan cara pembuatan resep terung sambal teri praktis yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan utama:

250 gram terung ungu

50 gram teri medan, goreng

2 cm lengkuas, memarkan

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 buah tomat, potong-potong

¬Ĺ sdt gula pasir

¬Ĺ sdt garam

150 ml air

1 sdm air asam jawa

2 sdm minyak goreng

Bahan bumbu ditumbuk kasar:

3 buah cabai merah

10 buah cabai rawit

5 butih bawang merah

2 siung bawang putih

Cara membuat terung sambal teri

1) Terung ungu dibelah 2 bagian, kemudian potong tebal dan digoreng.

2) Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk kasar, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga tercium aroma harum.

3) Masukkan tomat, taburkan garam dan gula. Aduk rata.

4) Tuang air, masukkan terung.

5) Tambahkan air asam dan aduk.

6) Masak semua hingga matang kemudian angkat.

7) Taburkan teri medan diatasnya.

8) Terung sambal teri siap disajikan.

Itulah resep terung sambal teri praktis yang dapat Anda jadikan resep idola keluarga. Resep ini dapat menghasilkan 3 (tiga) porsi yang cukup menyehatkan untuk keluarga idaman Anda. Happy cooking.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *