8 Langkah Membuat Ikan Mas Goreng Bumbu Pedas

Anda suka dengan ikan mas? Resep apa yang sering Anda gunakan dengan ikan mas? Kali ini Anda bisa mencoba Ikan Mas Goreng Bumbu Pedas. Rasanya gurih dan nikmat.

Resep Ikan Mas Bumbu Pedas ini sangat mudah dibuat dan bisa Anda jadikan sebagai santapan harian Anda bersama keluarga tercinta. Mari kita intip cara membuatnya.

Ikan Mas, Ikan Asli Indonesia?

ikan-mas-mencari-makan

Ikan Mas Mencari Makan – pixabay.com

 

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa dari namanya ikan ini berasal dari Indonesia. Ternyata anggapan tersebut kurang pas karena menurut penelitian bahwa ikan ini bukan asli Indonesia.

Ikan mas di Indonesia dipercaya berasal dari dataran Eropa dan Tiongkok dan saat ini menjadi berkembang menjadi budi daya ikan yang sangat penting.

Ikan ini hidupnya di perairan air tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan tidak terlalu deras seperti di danau atau pinggiran aliran sungai. Meskipun ikan ini tergolong ikan air tawar, ikan ini juga terkadang ditemukan berada di perairan air payau atau muara sungai dengan kadar garam 25% – 30%.

Setelah budi daya selama bertahun-tahun kini telah terdapat beragam jenis ikan mas yang ada di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ikan mas favorit. Di Jawa Barat misalnya terdapat jenis ikan mas majalaya yang sangat digemari oleh masyarakat setempat.

Di Indonesia sendiri, ikan mas sering dijadikan sebagai menu utama di warung-warung makan atau restoran-restoranĀ terkenal. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, ikan ini juga dipercaya memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Beberapa kandungan gizi yang ada dalam ikan mas adalah protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan beberapa vitamin dan mineral. Jangan Anda berharap menemukan emas dalam ikan mas šŸ˜€

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika teratur mengkonsumsi ikan ini antara lain merendahkan tekanan darah tinggi, mengontrol berat badan, mencerdaskan otak dan membantu pertumbuhan tinggi badan.

Manfaat lain berikutnya adalah mencegah kanker, mencegah resiko radang sendi, menyehatkan mata dan meminimalisir penyakit jantung yang dapat menyerang siapa saja.

Jika dikonsumsi secara teratur,Ā ikan mas juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol, mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah di otak dan mengurangi resiko aterosklerosis.

Resep Ikan Mas Goreng Bumbu Pedas

Kali ini Anda bisa mencoba resep ikan mas goreng bumbu pedas di bawah ini.

Bahan utama:

1 kg ikan mas segar

4 lembar daun jeruk

1 buah jeruk nipis

Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

10 butir bawang merah

20 buah cabai rawit, digoreng

1 sendok teh terasi

1 sendok teh gula pasir

1/2 sendok teh garam

3 lembar daun salam, digoreng

20 cm daun bawang, diiris

Langkah-langkah membuat ikan mas goreng bumbu pedas:

1) Bersihkan dan potong-potong ikan mas. Buang sisik, insang, dan isi perutnya. Beri sayatan pada kedua sisinya dengan menggunakan pisau.

2) Panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan

3) Goreng ikan mas bersama daun jeruk hingga matang rata dan berwarna kuning kecokelatan

4) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

5) Panaskan minyak goreng untuk menumis

6) Masukkan seluruh bumbu halus. Tumis hingga tercium aroma sedap dan matang secara menyeluruh.

7) Lumuri ikan mas dengan bumbu yang telah ditumis. Beri perasan air jeruk nipis secara merata.

8) Hidangkan ikan mas goreng bumbu pedas selagi panas

Itulah resep ikan mas bumbu pedas gurih yang dapat Anda praktekan di rumah Anda. Anda dapat menjadikan resep ini sebagai santapan makan malam bersama keluarga. Happy Cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *