Apa yang Terjadi Jika Anda Salah Memilih dan Merawat Pisau

Dalam hal memasak ikan rica rica dengan bahan utama daging ikan laut dan ikan air tawar yang segar atau beku tentu perlu kecakapan dalam memilih perlengkapan untuk menyiapkan bahan makanan dan memasaknya.

Pisau sebagai perlengkapan utama di dapur harus bisa memotong daging ikan atau bahan lain dengan sempurna.

Jika pisaunya tidak dalam kondisi bagus atau berkarat dan tidak tajam maka makanan yang dihasilkan juga nantinya tidak berselera. Dan Anda tentunya tidak menginginkan hal ini bukan?

Selain berfungsi untuk memotong bahan makanan mentah, pisau yang baik juga hendaknya memiliki beberapa fungsi lain seperti mengupas, memotong tulang, merajang dan hal ini dapat Anda temukan dalam pisau set.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih dan merawat pisau dapur Anda.

Tips Memilih Pisau yang Baik dan Benar

tips-memilih-pisau

Pisau untuk Memotong – pixabay.com

 

Jangan Anda samakan memilih pisau dengan memilih barang atau perlengkapan dapur lain karena dalam hal ini kualitas pisau akan berpengaruh pada rasa makanan yang diolah nanti. Beberapa hal yang perlu perhatian khusus dalam pisau adalah

Pilih pisau dengan bahan anti karat.

Pisau anti karat atau biasa yang disebut pisau stainless steel adalah pisau yang dibuat dari bahan baja yang diproses secara khusus sehingga menjadi anti karat.

Pisau dengan bahan ini biasanya tahan terhadap korosi, ringan, mudah dibersihkan dan diasah.

Bahan lainnya yang sering dijadikan pisau adalah keramik. Pisau ini memiliki kelebihan yaitu tidak perlu diasah untuk tajam dan mudah untuk dibersihkan.

Namun kekurangan dari bahan keramik adalah harganya yang masih mahal dan perlu kewaspadaan yang tinggi dalam penggunaannya karena bahannya yang mudah pecah.

Pilih pisau yang mempunyai pegangan yang aman.

Pemilihan pisau yang tajam juga penting namun keamanan terhadap penggunaannya juga lebih penting.

Anda tentunya tidak ingin jika saat memotong atau mengiris kemudian pisaunya lepas dari genggaman atau mungkin pegangannya copot dari pisaunya.

Bahan yang terbuat dari kayu merupakan bahan yang aman untuk menjamin keselamatan bunda dalam memasak. Bahan lain yang sering digunakan adalah yang terbuat dari karet sintetis atau fiber.

Pilih pisau set yang lengkap.

Jangan Anda menggunakan satu buah pisau untuk beberapa fungsi.

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memilih membeli pisau set yang memiliki beberapa fungsi seperti memotong, mengupas, merajang, memotong kue, memotong tulang dan beberapa fungsi lainnya.

Hal ini selain mempermudah pekerjaan Anda nantinya juga akan menjaga umur pemakaian dari pisau tersebut.

 

Tips Merawat Pisau Agar Awet dan Tajam

Agar pisau tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama maka penggunaan dan perawatan terhadap barang ini sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian antara lain

Asah pisau secara rutin.

Mengasah pisau selain mempertajam juga berfungsi untuk mengikis kotoran-kotoran atau sisa-sisa bahan makanan yang masih menempel dalam pisau. Semakin sering pisau diasah semakin baik.

Apalagi jika pisau tersebut adalah pisau untuk memotong tulang atau daging karena hasil olahan makanan yang didapat bisa lebih higienis.

Gunakan sesuai fungsinya.

Agar umur pemakaian pisau lebih lama dan awet maka disarankan untuk menggunakan pisau sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Selain umur pisau menjadi lama penggunaan pisau sesuai fungsi juga berpengaruh pada cita rasa masakan atau olahan makanan yang dihasilkan.

Bersihkan dan simpan.

Setelah pemakaian, disarankan untuk mencuci pisau yang digunakan dengan sabun dan dilap kemudian disimpan di tempat yang kering dan aman dari karat.

Tempat penyimpanan juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak Anda.

Demikian beberapa tips dalam memilih dan merawat pisau. Semoga artikelnya bermanfaat dan kualitas masakan olahan bunda semakin baik dan sempurna. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *