Begini Cara Membuat Ikan Nila Bumbu Acar Kuning

Anda dapat membuat resep ikan nila bumbu acar kuning berikut dengan menggunakan panduan yang telah kami buat dengan langkah yang sangat praktis untuk Anda.

Resep ikan nila bumbu acar kuning ini juga dapat menghasilkan energi sebesar 780 kkal dan protein sebanyak 41.5 gram yang sangat cukup bagi kebutuhan nutrisi harian keluarga tercinta. Ingin segera mencicipinya? Baca terus sampai tuntas. 😀

Acar, Proses Pengawetan Makanan dengan Cuka

acar-mentimun

Acar Mentimun – wikimedia.org

 

Acar adalah teknik pengawetan makanan biasanya berupa sayur-sayuran dan bumbu lain dengan menggunakan cuka dan air garam.

Acar biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan utama dan bisa juga dihidangkan dan dicampur bersama makanan utama seperti pada resep ikan nila bumbu acar kuning berikut ini. Anda yang sering menyantap sate atau bakmi biasanya menggunakan acar sebagai menu pelengkap yang berselera.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat acar biasanya berupa mentimun, nenas, wortel, cabai, tomat, bawang dan bahan lain untuk memperkuat rasa.

Sepintas terlihat bahwa acar ini terlihat menyegarkan karena terdiri dari bahan-bahan sayuran segar dan buah-buahan.

Akan tetapi patut diwaspadai bahwa ada beberapa bahan tambahan lain yang kurang sehat yang digunakan dalam acar seperti cuka, gula dan air garam yang biasanya difungsikan sebagai pengawet dan penambah rasa.

Mengkonsumsi dalam jumlah banyak terhadap bahan pengawet tersebut tentu lebih beresiko dibandingkan dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

Namun resiko yang timbul akan minim jika kita pandai mengatur jumlah bahan pengawet dalam acar karena bahan cuka juga sangat bermanfaat bagi wanita yang ingin memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Fakta lain yang pernah tercatat dalam sejarah adalah bahwa sang penjelajah samudra Christoper Colombus menggunakan acar mentimun yang memakai cuka untuk membuat para awak kapal menjadi kebal terhadap mabuk laut.

Selanjutnya mari kita berkreasi dengan membuat resep ikan nila bumbu acar kuning yang berselera berikut ini. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat resep ikan nila bumbu acar kuning

Berikut adalah bahan dan cara membuat resep ikan nila bumbu acar kuning. Anda bisa membuat variasi terhadap bahan-bahan ini untuk menjadikan rasanya sesuai dengan selera keluarga Anda.

Bahan-bahan

2 ekor ikan nila ukuran sedang, lumuri dengan air jeruk nipis

1 batang serai

2 lembar daun jeruk

500 ml air

10 buah cabai rawit

1 buah wortel, potong dadu atau sesuai selera

1 buah mentimun, dibuang kulit dan bijinya, potong-potong dadu

2 sdm cuka masak

5 sdm gula pasir

400 ml minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

6 siung bawang putih

5 cm kunyit, dibakar

2 cm jahe

4 cm lengkuas

3 butir kemiri, sangrai

Cara membuat resep ikan nila acar kuning

1. Panaskan minyak, goreng ikan hingga setengah matang kemudian angkat dan tiriskan.

2. Panaskan 2 (dua) sendok makan minyak dan selanjutnya tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga tercium aroma harum.

3. Tuang air, masukkan wortel dan cabai rawit. Masak hingga mendidih.

4. Masukkan ikan dan mentimun, selanjutnya didihkan.

5. Tuang cuka dan bumbui dengan gula dan garam. Masak hingga matang, angkat dan sajikan.

Bagaimana, cukup gampang bukan cara membuat ikan nila bumbu acar kuning yang bikin Anda ketagihan lagi dan lagi. Semoga resep ini bisa menjadi resep idola keluarga Anda. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *