Begini Cara Membuat Kepiting Saus Rica-Rica Khas Padang

Resep kepiting saus rica-rica khas Padang ini bisa membawa Anda ke suasana hari raya di daerah semenanjung Melayu dan sekitarnya. Ya, resep ini populer disajikan saat hari raya di daerah tersebut.

Resep ini selain sangat lezat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda terutama bagi ibu hamil.

Anda penasaran seperti apa cara membuatnya? Mari kita simak.

Kepiting, Berkulit Keras namun Berdaging Empuk

kepiting

Kepiting, hasil tangkapan – wikipedia.org

 

Kepiting adalah salah satu hewan berkaki sepuluh yang beberapa jenisnya dapat hidup di air laut dan jenis lainnya hidup di air tawar.

Kepiting yang hidup di air laut dan dasar karang lebih sering disebut dengan rajungan. Sementara yang hidup di air tawar, sungai dan danau disebut ketam.

Rasa yang lezat dan gurih pada kepiting menjadikan hidangan berbahan kepiting merupakan menu makanan utama di beberapa hotel, restoran, rumah makan dan warung seafood selain menu udang saus rica-rica.

Bagi beberapa orang pengalaman makan kepiting yang memiliki daging berwarna putih ini merupakan pengalaman yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Bagaimana tidak, cara memakan kepiting merupakan hal sangat konyol dan butuh tenaga ekstra.

Mereka yang ingin menyantapnya harus menyiapkan beberapa perkakas seperti tang untuk membuka capit dan bagian kulitnya. Mau makan atau mau nukang? 😀 dan memang, capit kepiting sangat terkenal sebagai bagian yang paling keras dari hewan ini.

Meskipun begitu, selain berhati-hati dengan capitnya Anda pun harus berhati-hati jika menyantapnya bersamaan dengan beberapa jenis makanan atau minuman lain.

Sebab diduga beberapa jenis makanan dan minuman tersebut akan memberi efek yang berbahaya bagi yang menyantapnya. Beberapa diantaranya adalah buah kesemek, buah pir, teh dan daging kambing.

Hal ini disebabkan karena daging kepiting mengandung banyak protein sehingga jika dikonsumsi dengan buah kesemek yang mengandung asam tanat (asam penghancur protein) maka kandungan protein dari kepiting akan menggumpal dan sangat sulit untuk dicerna.

Efek lanjut dari hal ini adalah menyebabkan rasa perih pada perut, mual, muntah dan lainnya.

Efek lain adalah gangguan pada limpa lambung jika mengkonsumsi jenis makanan ini setelah menyantap daging kepiting.

Saatnya kita ambil tang, 😛 eh salah.. kita ambil alat dan bahan untuk membuat resep rica-rica kepiting khas Padang yang bikin lidah Anda jontor. Selamat mencoba!

 

Bahan dan Cara Membuat Kepiting Saus Rica-Rica Khas Padang

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat kepiting saus rica-rica khas Padang yang bikin lidah Anda jontor.

Bahan-bahan

3 ekor kepiting/rajungan

3 sdm minyak goreng

6 butir bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

1 cm jahe, memarkan

5 sdm saus cabai

2 sdm saus tomat

1 sdt cabai merah giling

½ sdt merica bubuk

1 sdt garam

75 ml air

Cara membuat kepiting saus rica-rica

1. Cuci bersih kepiting.

2. Panaskan minyak, goreng kepiting hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan.

3. Panaskan kembali minyak dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma harum.

4. Tambahkan jahe, saus cabai, cabai giling, saus tomat, merica bubuk, garam dan air, aduk merata dan panaskan hingga mendidih.

5. Masukkan kepiting yang telah digoreng tadi dan aduk hingga semua bumbu meresap.

6. Kepiting saus rica-rica khas Padang siap untuk dihidangkan.

Itulah cara membuat kepiting saus rica-rica khas Padang yang bisa bunda praktekkan di dapur sehat bunda. Semoga bisa menginspirasi pengalaman dapur bunda ya.. Selamat mencoba!

 

@ikanricarica

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *