Begini Caranya Membuat Tenggiri Asam Pedas

Anda penggemar blog ini tentunya sudah pernah mencoba resep asam pedas ikan kakap merah. Dan kini blog ikan rica rica akan menyajikan resep tenggiri asam pedas yang rasanya boleh diadu.

Resep tenggiri asap asam pedas ini memiliki nilai energi dan protein yang terbaik karena terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan bergizi. Mari kita intip rahasia dapurnya.

Asam Pedas, Darimana Asalnya?

Asam pedas (bahasa melayu) atau orang minang biasa menyebutnya asam padeh adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau, Melayu dan Semenanjung Melayu (Riau, Riau Kepulauan, Jambi, Aceh) yang dilihat dari namanya tentu memiliki cita rasa asam dan pedas.

Masakan ini biasanya menggunakan bahan dasar ikan laut seperti ikan kakap, ikan tongkol, cumi-cumi, ikan tuna dan dibumbui asam jawa, cabai dan rempah-rempah lain seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe untuk menguatkan cita rasanya.

Asam pedas selain sangat populer di daerah Sumatra, Indonesia juga sangat terkenal di Malaysia. Hingga banyak rumah makan di Malaysia yang menyediakan menu asam pedas.

Asam pedas biasanya berupa kuah yang didalamnya terdapat seafood atau ikan laut dan kadang dilengkapi juga dengan beberapa sayuran untuk menambah cita rasa asam dan pedasnya. Di beberapa daerah olahan asam pedas mengikuti cita rasa lokal yang berlaku di daerahnya.

Nah, biasanya bagi ibu hamil tentu mengalami yang namanya ngidam. Uniknya, ngidam yang paling sering terjadi pada ibu hamil adalah kalau bukan ngidam yang asam, ngidamnya yang pedas. 😀 Betul? yang menjadi pertanyaan, apakah hal ini tidak mengganggu kehamilan?

Rasa asam tentu membuat makanan menjadi terasa menyegarkan. Rasa asam juga bisa digunakan untuk mengurangi keluhan mual. Sementara rasa pedas memberikan semangat serta sensasi tersendiri bagi penikmat makanan tersebut. Hal ini yang menyebabkan makanan asam pedas menjadi idola tersendiri bagi beberapa orang terutama ibu hamil.

Biasanya gangguan pada kehamilan (biasanya pada perut, mual, mules) bisa terjadi jika rasa pedas yang ada pada masakan terlalu pedas bahkan terasa terbakar. Hal ini yang harus dihindari dengan mengurangi takaran cabai pada olahan asam pedas.

Namun bagi ibu hamil, selama bisa menjaga pola makan sehat dan teratur serta rasa yang tidak berlebihan, maka memakan makanan yang bercita rasa asam pedas tentu tidak menjadi masalah.

Setelah mengetahui beberapa fakta pedas dari makanan asam pedas mari kita berkreasi dengan mencoba membuat sendiri tenggiri asam pedas. Selamat mencoba!

Resep tenggiri asam pedas

Berikut adalah bahan utama dan cara membuat tenggiri asam pedas yang dapat Anda coba:

Bahan utama:

200 gram ikan tenggiri asap, dipotong dadu besar

1 batang serai, iris tipis-tipis

1 lembar daun salam

1 sdt garam

1sdt gula pasir

½ sdt asam jawa

400 ml air

2 sdm minyak untuk menumis

Bahan untuk bumbu ditumbuk kasar:

6 buah cabai merah keriting

5 buah cabai merah besar

2 cm kunyit

2 cm jahe

3 butih kemiri

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

Cara membuat ikan tenggiri asam pedas

1) Tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar dicampur dengan serai, daun salam dan daun kunyit hingga tercium aroma harum.

2) Masukkan ikan tenggiri. Aduk hingga merata.

3) Tambahkan air, garam, gula pasir dan asam jawa.

4) Masak hingga matang dan merata.

5) Tenggiri asam pedas siap disajikan.

Itulah tadi resep tenggiri asam pedas yang tentunya dapat menggugah selera Anda. Resep ini menghasilkan 2 (dua) porsi sedang. Masakan ini lebih terasa nikmatnya jika ikan tenggiri asam pedas tadi disajikan di atas daun pisang. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *