Begini Caranya Mencegah dan Membersihkan Noda Kunyit

Memasak di dapur bagi beberapa orang memang menantang. Perlu ketelitian, intuisi dan pengalaman agar cita rasa masakan yang dihasilkan benar-benar terbentuk dengan sempurna.

Memasak dengan bumbu rica-rica yang berkuah seperti pesmol, pepes dan asam pedas juga seperti itu.

Terkadang juga setelah memasak (after cook experience) makanan yang  berkuah dan rica-rica, selain menghasilkan cita rasa pedas dan lezat yang terdapat dalam masakan, alat-alat masak kita juga menyisakan noda-noda kuning yang berasal dari kunyit.

Kunyit memang sering kali menyisakan noda kuning yang sulit hilang. Noda bekas kunyit terkadang menempel di tangan, di pakaian atau pada alat-alat masak kita dan sangat sangat sulit untuk dihilangkan.

Apakah Anda pernah punya pengalaman seperti ini?

Kalau begitu Anda tidak sendiri. Namun jangan khawatir karena sebentar lagi tim ikan rica rica akan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda-noda kunyit yang sangat membandel.

Cara membersihkan noda kunyit

Kunyit - pixabay.com

Kunyit – pixabay.com

 

Kunyit, kunir atau orang Inggris menyebutnya turmeric adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai campuran obat atau bahan makanan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Kunyit biasa digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan dan kadang juga dipakai sebagai pengawet. Bahan ini juga sering dipakai sebagai obat-obatan.

Sebagai obat, kunyit yang orang Belanda sering menyebutnya dengan kurkuma berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan usus, melepaskan kelebihan gas dalam usus, menghentikan pendarahan dan lainnya.

Kunyit juga bisa dipakai sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang.

Namun dalam penggunaannya sebagai campuran rempah-rempah dalam makanan seperti pesmol, kuah kuning, asam pedas dan pepes maka kunyit merupakan bahan yang dapat menyisakan noda kuning yang membandel.

Beberapa tips berikut dapat Anda tiru untuk membersihkan noda kunyit.

Noda kunyit pada tangan

Noda kunyit pada tangan bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak kayu putih.

Caranya adalah dengan memberikan beberapa tetes minyak kayu putih pada tangan kemudian menggosok-gosoknya hingga noda memudar, selanjutnya membilasnya dengan air hingga bersih. Jika noda masih tersisa maka Anda bisa mengulanginya beberapa kali.

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun, minyak jarak, parutan lengkuas dan alkohol berkadar ringan.

Noda kunyit pada pakaian

Noda kunyit pada pakaian bisa dihilangkan dengan cara mencuci dengan air yang bercampur dengan kapur sirih, lalu menguceknya dan membilasnya hingga bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan garam dapur. Garam dapur ditaburkan pada noda kunyit dan dikucek-kucek kemudian didiamkan ± 30 menit lalu dicuci dan dibilas seperti biasa.

Dan jika Anda masih punya stok jeruk nipis, maka ini juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda kunyit dengan cara menggosokkan ke kain yang bernoda selanjutnya cuci dan bilas seperti biasa.

Dengan menggunakan cara ini maka noda kunyit pada pakaian, celemek atau taplak meja bisa hilang.

Noda kunyit pada peralatan masak

Noda kunyit pada peralatan masak bisa dihilangkan dengan menggunakan pasta baking soda. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan mencampur baking soda dengan sedikit air dan diaduk hingga membentuk pasta.

Gosokkan pasta tersebut pada peralatan masak yang terkena noda selanjutnya dicuci dan bilas hingga bersih.

Dengan menggunakan cara ini maka noda kunyit pada peralatan masak seperti blender dan panci bisa dihilangkan dengan tuntas.

Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas untuk bisa menghilangkan noda kunyit yang tidak bisa hilang. Akan tetapi ada cara yang paling baik yaitu mencegah noda kunyit agar tidak menempel di tangan.

Cara mencegah noda kunyit menempel pada tangan

Caranya adalah dengan mengupas kunyit di bawah air yang mengalir agar warna kuning dari kunyit ikut hanyut bersama air. Perlu diperhatikan juga jika menggunakan cara ini maka posisi tangan jangan terlalu erat ketika menggenggam kunyit.

Cara lain adalah dengan melumuri tangan terlebih dahulu dengan minyak kelapa.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas maka noda kuning dari kunyit yang sangat bandel tersebut dapat dicegah.

Semoga beberapa tips ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *