Berkreasi dengan Ikan Bandeng Bakar Bumbu Rica

Siapa yang tidak kenal dengan Bandeng Presto? Bandeng ini dikenal gurih dan karena menggunakan presto maka tulang bandeng yang terkenal banyak itu menjadi lunak.

Dan kali ini Anda dapat mencoba resep ikan bandeng bakar bumbu rica-rica.

Resep rica-rica ikan bandeng bakar ini rasanya lezat dan bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan. Namun Anda tetap hati-hati dalam mencicipinya karena duri yang ada dalam ikan bandeng itu sakitnya tuh di sini.. 😀

Ikan Bandeng, Ikan Berduri Namun Bercita rasa Tinggi

ikan-bandeng

Ikan Bandeng – ag.augburn.edu

 

Ikan bandeng adalah jenis ikan laut yang sangat populer di Asia Tenggara. Ikan yang dalam bahasa Inggris disebut milkfish ini hidup di kawasan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ikan ini menjadi favorit beberapa kalangan karena rasanya yang gurih dengan rasa daging yang netral tidak seperti kebanyakan ikan laut lain yang rasanya asin.

Ikan ini sangat terkenal dengan durinya. Namun sebenarnya apa yang kita anggap duri itu adalah tulang dari bandeng. Duri bandeng ini sangat mengganggu kenikmatan dalam mencicipi rasa dagingnya yang gurih.

Namun dengan teknik tertentu seperti menggunakan panci yang bertekanan tinggi maka duri tersebut menjadi lunak dan bahkan dapat dikunyah.

Ada pula yang menggunakan teknik khusus untuk mencabut duri-duri bandeng. Wah, kebayang gak nyabutin duri bandeng 😀 . Dan memang cara ini dapat Anda praktekkan sendiri di rumah.

Hal lain yang cukup mengganggu cita rasa ikan bandeng adalah kadang-kadang bandeng tersebut bau lumpur atau tanah. Hal ini terjadi pada bandeng yang diambil dari tambak. Untuk menghilangkan bau lumpur tersebut dapat dilakukan dengan memelihara ikan bandeng tersebut selama 2 minggu pada air yang mengalir.

Ikan bandeng diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi, nutrisi dan mineral yang tinggi dalam ikan bandeng dikabarkan hampir sama dengan ikan salmon.

Ikan bandeng disinyalir dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Selain itu bandeng juga dipercaya dapat membantu proses pengikatan lemak, menjaga dan memperkuat tulang dan gigi, mengontrol produksi darah dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Bagi ibu hamil, bandeng dapat menjaga kesehatan janin, mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan dan membantu perkembangan fungsi kognitif.

Resep Ikan Bandung Bumbu Rica

Berikut resep ikan bandeng rica-rica yang dapat Anda coba terapkan dalam menu sehari-hari atau saat momen tertentu.

Bahan utama:

1 ekor ikan bandeng atau ikan bandeng yang sudah dicabut durinya

Bahan untuk bumbu halus:

3 siung bawang putih

5 buah cabai rawit

2 buah cabai merah keriting

2 ruas lengkuas

2 batang serai

Bahan untuk bumbu bakar:

2 jeruk nipis, ambil airnya

kecap asin secukupnya

Langkah-langkah membuat ikan bandeng rica-rica:

1) Cuci dan bersihkan ikan bandeng. Buang sisik dan kotorannya. Potong-potong sesuai dengan selera.

2) Campur seluruh bumbu bakar menjadi satu

3) Oleskan bumbu bakar pada ikan bandeng

4) Panaskan alat pemanggang

5) Bakar ikan bandeng hingga matang secara merata

6) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan ikan bandeng yang sudah dibakar.

7) Haluskan seluruh bahan untuk bumbu halus

8) Panaskan minyak goreng untuk menumis

9) Tumis seluruh bumbu hingga matang dan tercium aroma harum

10) Jika sudah matang, siram seluruh bumbu yang sudah ditumis pada ikan bandeng yang sudah dibakar dengan rata.

11) Ikan bandeng rica-rica siap untuk disajikan

Demikian resep ikan bandeng bakar bumbu rica yang dapat Anda praktekkan di rumah. Ingat selalu, bahwa dalam mengkonsumsi ikan bandeng harus hati-hati karena terdapatnya duri dalam ikan bandeng. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *