Berkreasi dengan Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning

Bosan dengan ikan rica-rica? Anda bisa mencoba resep yang satu ini ikan nila bakar bumbu kuning. Resep ini dapat Anda buat dengan bahan yang sederhana dan mudah diperoleh di pasar.

Resep ini juga sangat gurih dan bisa Anda sajikan saat acara-acara keluarga atau kumpul bersama rekan kerja suami atau istri. Penasaran? Baca terus artikelnya. 😀

Ikan Nila = Mujair ?

Ikan nila segar

Ikan nila segar – wikimedia.org

 

Ikan nila dikenal sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Seringkali ikan ini disebut sebagai ikan mujair. Tekstur dagingnya mirip dengan ikan mujair dan ikan mas. Ikan ini aslinya berasal dari Sungai Nil Afrika Timur.

Habitat ikan ini banyak ditemui pada sungai-sungai yang mengalir deras dan air yang bening dan jernih. Ikan nila ini biasanya diolah menjadi lauk-pauk yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti ikan goreng, pepes, tim, dan bakar.

Ikan nila memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang ada di ikan nila antara lain adalah protein. Protein dalam ikan nila cukup tinggi dan dapat menjadi alternatif dari sumber protein lain.

Protein ini sendiri memiliki manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan massa otot, menjaga ketahanan tubuh, meningkatkan tenaga dan kekuatan tubuh, meningkatkan stamina tubuh, dan menjaga kesehatan otot tubuh.

Ikan nila juga memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan fosfor yang dimiliki oleh ikan nila ini tentunya sangat berguna bagi tubuh, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor.

Beberapa manfaat dari fosfor bagi tubuh adalah mencegah osteroporosis, meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang, serta menguatkan tulang dan gigi.

Ikan nila juga memiliki kandungan omega 3. Walaupun kandungan omega 3 yang dimiliki tidak setinggi ikan laut, namun kandungan omega 3 dalam ikan nila ini cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan omega 3 yang diperlukan oleh tubuh.

Manfaat omega 3 sendiri sangat diperlukan bagi tubuh, antara lain meningkatkan kemampuan kognitif, menurunkan kadar kolestrol, baik untuk perkembangan otak, dan baik untuk perkembangan janin ketika dalam masa kandungan.

Resep ikan nila bumbu kuning praktis dan lezat

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari ikan nila, sekarang mari kita buat resep makanan berbahan dasar utama daging ikan nila. Anda bisa mencoba resep ikan nila bakar bumbu kuning di bawah ini.

Bahan utama:

3 ekor ikan nila, dikerat-kerat

2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya

1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

200 ml santan dari 1/4 butir kelapa

3/4 sendok teh garam

2 sendok makan minyak untuk menumis

1/4 sendok teh gula pasir

1 sendok teh air asam, dari 1/2 sendok teh asam jawa larutkan dengan 1/2 sendok makan air

Sambal bajak siap pakai untuk pelengkap

2 sendok teh air jeruk nipis

Bahan Pengilang Amis Ikan

Bahan bumbu halus:

10 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 cm jahe

4 cm kunyit, dibakar

3 butir kemiri, disangrai

Langkah-langkah membuat ikan nila bakar bumbu kuning:
1. Lumuri ikan nila dengan bumbu ikan yang telah disediakan. Kemudian sisihkan ikan nila tersebut.

2. Panaskan minyak goreng untuk menumis. Jika sudah panas, masukkan bumbu halus, serai, dan juga daun jeruk hingga tecium aroma harum.

3. Masukkan santan, aduk semuanya hingga tercampur rata.

4. Tambahkan garam dan gula, aduk kembali hingga rata.

5. Masak sampai mendidih. Jika sudah mendidih, angkat dan biarkan dingin.

6. Lumuri ikan nila menggunakan bumbu tumis dan juga air asam jawa. Setelah itu diamkan ikan nila selama 30 menit hingga meresap.

7. Bakar ikan nila dengan cara dibolak-balikan dan diolesi dengan sisa-sisa bumbu hingga matang.

8. Jika sudah matang, Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning siap disajikan bersama sambal bajak.

9. Sajikan selagi hangat

Cukup mudah bukan resep ikan nila bakar bumbu kuning? Anda bisa menyajikannya bersama dengan nasi atau tumis sayur sebagai pendamping. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *