Berkreasi dengan Semur Ikan Patin Rasa Pedas

Ada yang pernah buat semur daging? Kali ini kita akan membuat semur namun menggunakan bahan ikan patin dengan cita rasa yang pedas. Ya, semur ikan patin pedas.

Resep semur ikan patin pedas ini dapat Anda jadikan alternatif makanan pedas yang menggugah selera dalam keluarga Anda. Rasanya pun tidak kalah dengan ikan patin rica rica. Penasaran? Mari kita simak cara membuatnya.

Semur, Merebus Lama dengan Api Kecil Hingga Empuk

Semur adalah makanan yang terbuat dari rebusan daging yang biasanya diolah dalam kuah yang berwarna coklat. Bahan dasar kuah biasanya terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh.

Unsur yang paling penting dalam semur adalah kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam, karena selain untuk menguatkan cita rasa, kecap yang baik juga harus bisa blend atau menyatu dengan bahan-bahan lain.

Tapi siapa sangka bahwa asal kata semur adalah dari bahasa belanda “smoor” yang artinya adalah merebus lama dengan api kecil hingga empuk.

Namun, jika dilihat dari beberapa prasasti dan relief candi yang ada di Indonesia, maka hidangan daging rebus yang berkuah ini telah dikenal sejak abad ke-9 masehi.

Kedatangan bangsa Eropa yang membuka jalur perdagangan rempah-rempah di Asia semakin menambah cita rasa semur. Bangsa Belanda yang datang ke Indonesia juga tidak lupa turut serta dalam mempopulerkan menu semur ini.

Hal ini dibuktikan dengan buku resep tertua berbahasa Belanda, Groot Nieuw Volledig Oost-Indish Kookboek yang terbit pada tahun 1902. Buku ini memuat 6 (enam) resep semur (Smoor Ajam I, II, III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Banten van Kip, Solosche Smoor van Kip).

Semur kemudian menjadi tradisi bangsa Indonesia dan biasanya dihidangkan dalam acara-acara adat. Bagi masyarakat asli Betawi, hidangan semur merupakan bagian dari tradisi saat lebaran dan perkawinan.

Seiring perkembangan jaman, semur yang tadinya hanya berbahan dasar daging sapi kini sudah bervariasi dengan bahan dasar daging kambing, daging ayam, telur, ikan, tahu, tempe dan lainnya.

Kini di Indonesia semur telah menjadi makanan harian hal ini dibuktikan dengan beragam variasi semur yang ada saat ini seperti semur Betawi, semur Manado, semur Palembang, semur lidah dari Bali, semur daging ala Aceh, semur goreng Samarinda, semur ikan dari Purwokerto, semur Ternate, semur santan dari Maluku dan semur terong dan tahu dari Jawa Barat.

Saatnya kita berkreasi dengan semur berbahan dasar ikan patin namun bercita rasa pedas. Penasaran kan? Selamat mencoba!

Resep semur ikan patin pedas

Berikut adalah bahan utama dan cara pembuatan semur patin pedas.

Bahan utama

1 ekor ikan patin

1 sendok makan air jeruk nipis

3 butir cengkeh

1 lembar daun kunyit

4 sendok makan kecap manis

1 sdt garam

¼ sdt merica bubuk

½ sdt pala bubuk

5 cm kayu manis

2 sendok makan minyak untuk menumis

750 ml air

Bahan untuk bumbu halus:

6 butir bawang merah

4 siung bawang putih

2 cm lengkuas

½ sdt ketumbar

1 cm jahe

10 buah cabai rawit

4 buah cabai merah

Cara membuat semur ikan patin pedas:

1) Bersihkan ikan patin, potong menjadi 3 (tiga) bagian.

2) Tumis bumbu halus, cengkeh dan daun kunyit hingga harum.

3) Masukkan ikan, aduk-aduk hingga berubah warna.

4) Tuangkan air, aduk rata.

5) Masukkan kecap, garam, merica, kayu manis, pala bubuk dan cabai rawit.

6) Masak hingga matang.

7) Semur patin pedas siap untuk disajikan.

Itulah tadi resep semur ikan patin pedas khas blog ikan rica rica. Resep ini bisa untuk 3 (tiga) porsi sedang. Anda dapat menjadikan resep ini menjadi alternatif makanan harian Anda di rumah. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *