Berkreasi Sendiri Rica Rica Ikan Tuna yang Empuk

Anda sedang mencari resep ikan tuna rica-rica? Resep ini tidak kalah lezat dengan nikmatnya sate ikan tuna yang sangat empuk dan renyah.

Resep ikan tuna bumbu rica-rica ini dapat dibuat dengan sangat mudah dan membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit. Selamat mencoba!.

Indonesia, Negara Penangkap Tuna Terbesar Kedua di Dunia

ikan-tuna

Ikan Tuna – pixhder.com

 

Berbagai jenis dan rupa olahan ikan tuna yang sering kita nikmati, mulai dari asam pedas, sate tuna, rica-rica bahkan yang mentah sekalipun semisal sashimi atau sushi.

Bicara fakta, tuna adalah salah satu jenis ikan laut yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Bahkan ikan dengan nilai komersial yang sangat tinggi ini mempunyai harinya sendiri untuk diperingati yaitu setiap tanggal 2 Mei. Anda akan takjub melihat data-data yang telah kami rangkum di bawah ini terkait dengan negara-negara penangkap dan pengkonsumsi tuna dari seluruh dunia.

Negara yang paling banyak mengkonsumsi tuna segar adalah Jepang yang sangat terkenal dengan sashimi sebanyak 81,1 % dari total tuna segar yang ada di seluruh dunia!

Berikutnya disusul oleh Amerika Serikat sebanyak 8,1 % berikutnya Korea Selatan 4,1 %, China 1,6 %, Taiwan 1,4 % dan terakhir negara-negara Uni Eropa sebanyak 1,1 %.

Sementara negara yang paling banyak mengkonsumsi ikan tuna dalam kaleng (canned tuna) adalah Amerika Serikat sebanyak 24 % dari total tuna kaleng yang ada di seluruh dunia.

Disusul kemudian oleh Jepang dan Inggris sebesar masing-masing 9,2 % dan Spanyol 8,6 % selanjutnya Mexico sebesar 7,4 %, Italia 7,1 %, Prancis 5,4 % dan terakhir Jerman sebesar 5,2 %.

Indonesia sendiri dalam hal ini masuk dalam peringkat kedua bersama dengan Filipina sebagai negara penangkap tuna terbesar di dunia sebesar 10,2 % setelah Jepang yang menduduki peringkat pertama dengan 11,6 % dari total tangkapan tuna dari seluruh dunia!

Disusul selanjutnya oleh negara-negara Asia seperti Taiwan dengan nilai 7,8 % dan Korea Selatan 6,7 %, selanjutnya Spanyol 6 %, Papua Nugini 4,9 %, Equador 4,8 %, Amerika Serikat 3,2 % dan terakhir Mexico sebesar 2,7 %.

Dari data-data yang terangkum di atas tadi dapat dilihat negara kita masuk sebagai negara penangkap tuna yang tentu saja ini menjadi potensi sendiri bagi negara kita bahwa ikan tuna masih menjadi primadona bagi negara-negara besar sebagai makanan favoritnya.

Tuna, tidak seperti kebanyakan ikan laut lain yang memiliki daging berwarna putih, memiliki daging yang berwarna merah muda hingga merah tua. Otot ikan tuna mengandung lebih banyak myoglobin dari ikan lainnya karena tuna sangat aktif berenang.

Penasaran dengan daging merah ikan tuna? Mari kita coba resep rica-rica ikan tuna empuk yang satu ini.

Resep Rica-Rica Ikan Tuna Empuk dan Bergizi

Berikut resep ikan rica-rica tuna yang bisa dicoba.

Bahan utama:

0,5 kg ikan tuna filet dipotong sesuai dengan selera

2 lembar daun salam

2 serai yang digeprek

1 cm lengkuas

1 sendok teh air jeruk nipis

5 lembar daun jeruk

Minyak goreng atau margarin untuk menumis

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Lada putih secukupnya

Air kaldu secukupnya

Bumbu halus:

11 biji bawang merah

2 siung bawang putih

3 buah cabai rawit

5 buah cabai keriting

4 buah cabai merah

1 buah tomat

Langkah-langkah membuat Rica-rica Ikan Tuna:

1) Agar tidak bau amis balurilah ikan tuna dengan menggunakan air jeruk nipis. Kemudian diamkan beberapa menit.

2) Panaskan minyak goreng atau margarin untuk menggoreng.

3) Setelah dibaluri dalam beberapa menit, goreng ikan tuna ke dalam minyak yang telah panas. Goreng hingga ikan tuna berwarna keemasan.

4) Setelah matang, angkat dan tiriskan.

5) Tumis seluruh bumbu halus menggunakan margarin atau minyak goreng yang telah dipanaskan.

6) Setelah tercium harum dari bumbu halus tadi, masukkan daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk nipis. Tumis hingga merata.

7) Setelah tercium harum, masukkan ikan tuna yang tadi telah digoreng. Kemudian campur dan aduk keduanya.

8) Masukkan air kaldu secukupnya. Kemudian aduk dan tunggu sampai mendidih.

9) Jika sudah mendidih, tambahkan garam, gula, dan merica bubuk. Masak hingga matang, bumbu meresap, dan air berkurang.

10) Angkat dan sajikan sesuai selera.

Itu tadi resep ikan rica-rica tuna yang bisa dicoba. Anda bisa menyajikan rica-rica ikan tuna ini dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng di atasnya. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *