Bikin Sendiri Ikan Kakap Bakar Bumbu Rica Rica

Apakah Anda sudah pernah mencoba resep ikan kakap merah asam pedas? Jika sudah, Anda dapat mencoba resep yang tidak kalah sedapnya yaitu rica rica ikan kakap.

Resep ikan kakap bakar rica rica ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mengadakan acara kumpul keluarga atau arisan di tempat Anda. Penasaran dengan cara membuatnya? Mari kita intip.

Ikan Kakap, Sang Penguasa Terumbu Karang

ikan-kakap-penguasa-karang

Ikan Kakap Penguasa Terumbu Karang – pixabay.com

 

Ikan kakap adalah jenis ikan air laut yang penyebarannya hampir merata di seluruh dunia. Ikan ini terkenal sebagai penguasa karang.

Sebagai penguasa karang yang sering menyergap mangsanya dari balik karang, ikan ini dilengkapi dengan barisan gigi yang sangat tajam untuk mengoyak mangsanya.

Ikan ini hidup di balik karang dan mengambil lokasi tepat di muka arus. Ketika ada mangsa yang lewat atau hanyut maka akan langsung disergap oleh ikan ini.

Dalam koloninya, ikan-ikan yang paling besar akan selalu berada paling depan untuk memburu dan menyergap mangsanya. Sementara yang berukuran sedang dan kecil akan mengambil sisa-sisa makanan.

Pernah dengar istilah penjahat kelas kakap? Istilah ini ada karena diinspirasi dari karakter ikan kakap yaitu menyergap dari balik karang terhadap semua mangsa yang lewat.

Ya, ikan kakap ini mangsanya tidak tanggung-tanggung. Ikan ini memangsa apa saja yang bisa dilahapnya. Ikan kembung, udang dan cumi utuh bisa dilahapnya sekaligus.

Cara memakannya pun cukup unik yaitu menghisap dengan menggunakan mulut lebarnya.

Jenis-jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia antara lain Ikan Kakap Domba (Lutjanus Analis) yang memiliki nama lain mutton snapper, Ikan Kakap Batu (Lutjanus Griseus), Ikan Kakap Sutera (Lutjanus Vivanus), Ikan Kakap Ratu (Etelis Oculatus), Ikan Kakap Sirip Hitam (Lutjanus Buccanella), Ikan Kakap Vermillion (Rhomboplites Aurorubens), Ikan Kakap Ekor Kuning (Ocyurus Chrysurus), School Master (Lutjanus Apodus) dan Ikan Kakap Merah (Lutjanus Campechanus).

Resep Ikan Kakap Rica Rica Bakar

Berikut resep rica-rica ikan kakap bakar yang bisa dicoba di dapur sehat Anda.

Bahan utama:

1 ekor ikan kakap merah, bersihkan

2 siung bawang putih

½ sendok makan air jeruk nipis

¾ sendok teh garam

½ sendok teh ketumbar, disangrai

1 cm kunyit

5 sendok makan minyak goreng

Bahan untuk bumbu halus:

6 buah cabai rawit merah

10 buah cabai merah

3 siung bawang putih, memarkan, cincang halus

3 butir bawang merah, cincang halus

3 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris halus

2 batang serai, ambil bagian putihnya, iris halus

1 buah tomat matang, cincang

1 lembar daun pandan, iris

1 sdt gula merah, serut

½ sdt garam

Langkah-langkah membuat rica-rica ikan kakap bakar:

1) Bersihkan seluruh ikan kakap, beri sayatan pada badan ikan.

2) Lumuri ikan kakap dengan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang

3) Haluskan seluruh bumbu seperti bawang putih, kunyit, ketumbar, dan garam. Kemudian lumuri bumbu tersebut pada badan ikan. Diamkan ikan kakap selama 30 menit agar bumbu meresap.

4) Bakar ikan kakap di atas pemanggang. Selagi memanggang, beri alas daun pada alat pemanggang agar tidak lengket.

5) Bakar ikan kakap sambil dibalik-balik hingga matang.

6) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

7) Tumbuk secara kasar semua bumbu halus. Jika sudah, panaskan minyak goreng untuk menumis. Tumis seluruh bumbu hingga tercium aroma harum datang.

8) Siram bumbu yang sudah matang di atas ikan kakap bakar

9) Sajikan rica-rica ikan kakap selagi hangat

Resep rica-rica ikan kakap bakar di atas bisa dimasak menjadi 3 porsi. Anda dapat merubah bahan-bahan sesuai dengan selera. Misalnya jika Anda penyuka pedas, Anda bisa menambahkan cabai dengan jumlah yang lebih banyak. Sebaliknya, jika Anda tidak menyukai pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabai yang dimasak.

Sajikan rica-rica ikan kakap bakar ini bersama dengan sayur dan nasi hangat. Anda bisa memasangkan dengan sayur kangkung atau tumis sawi. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *