Cara Bikin Bumbu Rica Rica yang Praktis dan Awet

Cara praktis bikin bumbu rica-rica khas Manado ini dapat Anda coba sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di dapur sehat Anda.

Namun, sebelum membuat bumbu rica-rica, terlebih dahulu Anda akan mengetahui beberapa fakta penting tentang cabai dan rica-rica di bawah ini.

Rica Rica, Olahan Cabai yang Menggoda

bahan-membuat-rica-rica-manado

Bahan Membuat Rica Rica Manado – pixabay.com

 

Bagi Anda yang doyan masakan pedas-pedas maka kehadiran cabai dalam campuran masakan akan semakin menambah selera makan. Apalagi mayoritas orang Indonesia yang memang sangat doyan dengan masakan pedas.

Rica-rica atau yang dikenal dengan rica adalah salah satu olahan makanan berbumbu pedas yang biasanya ditemukan di daerah Manado dan sekitarnya.

Bahan utama dari rica rica biasanya terdiri dari cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan beberapa rempah-rempah yang menguatkan cita rasa pedas.

Di daerah Manado dan sekitarnya, hampir semua jenis bahan makanan mentah baik daging, ikan laut, ikan air tawar bisa dijadikan menu rica-rica, termasuk yang paling populer yaitu ayam rica-rica.

Anda bisa menemukan dengan mudah menu makanan di Manado seperti bebek rica-rica, ikan mas rica-rica, daging sapi rica-rica, cakalang rica-rica, rica rica ikan tuna, udang rica-rica, cumi rica-rica, rica rica ikan lele dan beberapa makanan aneh seperti paniki (kelelawar) rica-rica dan lainnya.

Penggunaan cabai rawit (rica) termasuk salah satu bahan yang wajib dalam masakan olahan khas Manado ini.

Tingginya penggunaan cabai rawit, cabai merah dan cabai hijau sebagai bumbu yang harus selalu ada membuat permintaan cabai menjadi meningkat.

Hal ini akan mengakibatkan harga akan terus naik terutama di musim penghujan akibat cabai yang mudah busuk dan rusak sehingga sering kehabisan stok.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar cabai tidak busuk jika disimpan lebih lama meski cuaca ekstrim hujan dan lembab.

Pertama pastikan bahwa cabe yang anda beli adalah yang berkualitas baik dengan cara memencet bagian tengah yang akan terasa agak keras dan terlihat segar.

Jika telah membeli, pastikan untuk menyimpan cabe di lokasi rumah yang terbuka, kering dan tidak lembab.

Selanjutnya jika ingin menyimpan dalam kulkas pastikan cabai tidak dalam kondisi basah dan gunakan wadah yang tertutup rapat.

Jangan sekali-kali mencuci cabe yang baru dibeli, akan lebih baik mencuci jika ingin menggunakan cabai pada menu masakan.

Jika Anda tidak memiliki kulkas, maka Anda bisa menggunakan wadah yang berventilasi udara sehingga terhindar dari kelembaban.

Kini saatnya meracik bumbu rica-rica khasa Manado yang praktis dan awet dengan mengikuti panduan di bawah ini. Selamat mencoba!

Cara praktis bikin bumbu rica rica khas Manado

Berikut cara praktis membuat bumbu rica-rica agar tetap awet dan tahan lama.

Bahan utama:

2 siung bawang putih ukuran sedang. Kupas kulitnya dan dihaluskan.

8 buah bawang merah ukuran sedang. Kupas kulitnya dan dihaluskan.

18 buah cabai merah besar ukuran sedang. Cuci bersih kemudian haluskan.

6 buah cabai rawit merah. Cuci bersih dan dihaluskan.

2 pcs serai berukuran sedang. Memarkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

1 pcs jahe berukuran sedang. Memarkan atau digeprek, agar lebih meresap dengan bumbu lainnya.

7-8 lembar daun jeruk ukuran sedang

200 cc air

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara praktis membuat bumbu rica-rica:

1) Panaskan minyak goreng dengan api kecil

2) Jika sudah panas, masukkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah yang sudah dihaluskan.

3) Aduk dan campur seluruh bumbu hingga rata dan sampai tercium aroma harum

4) Masukkan air secara perlahan-lahan. Kemudian aduk-aduk lagi hingga tercampur.

5) Masukkan sisa-sisa bahan untuk bumbu seperti jahe, batang serai, daun jeruk nipis, gula, dan garam.

6) Aduk seluruhnya hingga tercampur rata dan matang

7) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan bumbu.

Setelah matang, bumbu rica-rica ini bisa Anda pasangkan dengan beberapa lauk seperti ikan, ayam, tahu, udang, tempe, cumi, daging sapi, daging kambing, atau daging ayam. Simpan bumbu rica-rica di tempat yang kering dan jauh dari matahari agar bisa bertahan 1 hingga 2 hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *