Cara Konyol Bikin Tongkol Siram Cabai Terasi Rasa Nambah

Resep ikan tongkol siram cabai terasi ini adalah salah satu dari resep olahan yang bisa menimbulkan rasa rindu akan nikmatnya terasi.

Meski bagi beberapa orang bahan terasi memiliki bau yang menyengat namun bagi orang lain tentu rasa terasi ini seperti Raisa di sarang penyamun. ūüėÄ

Apalagi jika menggunakan ikan laut yang segar tentu rasanya sangat gurih dan membuat Anda pengen nambah lagi.

Terasi, Hasil Fermentasi Udang Asli Cirebon

Proses Pembuatan Terasi - wikimedia.org

Proses Pembuatan Terasi – wikimedia.org

 

Terasi adalah bahan bumbu masak asli Indonesia yang menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan Tiongkok lewat jalur perdagangan laut.

Terasi atau yang biasa disebut belacan adalah salah satu bumbu masak yang terbuat dari fermentasi ikan atau udang rebon yang berwarna hitam kecoklatan dan berbentuk seperti adonan atau pasta.

Terasi ini memiliki bau yang tajam dan biasanya disajikan dalam menu-menu masakan tradisional di kawasan Asia Tenggara. Penggunaan yang paling umum adalah dengan membuatnya menjadi sambal terasi dengan terlebih dahulu membakarnya agar matang.

Terasi secara umum bukan merupakan bahan makanan seperti daging atau ikan. Terasi hanya sebagai bumbu penyedap rasa serupa dengan MSG (Monosodium Glutamat).

Sebagai bumbu pelengkap atau penambah selera makan maka terasi tidak banyak mengandung gizi. Gizi yang terkandung dalam terasi hanyalah hasil fermentasi dari bahan-bahan pembentuknya.

Pada dasarnya terasi dibentuk melalui proses pengawetan ikan atau udang yang dilakukan dengan cara penggaraman, penjemuran dan fermentasi. Lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses ini sekitar 2 (dua) Р5 (lima) minggu tergantung dari iklim cuaca dan bahan olahannya.

Bahan utama atau olahan untuk membuat terasi biasanya berasal dari ikan teri dan udang rebon atau udang kecil. Terasi yang terbuat dari ikan biasanya akan berwarna kehitaman sementara yang terbuat dari udang rebon akan berwarna coklat kemerahan.

Namun beberapa tempat pembuatan terasi menggunakan campuran ikan dan udang rebon dan menghasilkan terasi yang berwarna coklat kehitaman. Warna-warna terasi seperti ini berasal dari campuran pigmen-pigmen yang ada dalam ikan dan udang rebon.

Terkait dengan warna terasi saat ini di beberapa daerah ada terasi dijual yang berwarna merah. Hal ini perlu dihindari karena warna merah terasi bisa jadi berasal dari bahan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan.

Saatnya kita menyiapkan alat dan bahan untuk mencoba resep tongkol siram cabai terasi rasa nambah. Mari kita siram tongkolnya!

Resep tongkol siram cabai terasi kemayu

Berikut ini adalah bahan utama dan cara pembuatan tongkol siram cabai terasi kemayu.

Bahan utama:

2 ekor ikan tongkol ukuran kecil

¬Ĺ sdt terasi

1 sdt garam

¬Ĺ sdt gula

¬ľ sdt kaldu bubuk

2 sdm minyak goreng

50 ml air

1 butir jeruk limau

Bahan untuk tumbuk kasar:

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

15 buah cabai rawit

3 buah cabai merah

1 buah tomat

Cara membuat tongkol siram cabai terasi

1. Bersihkan dan goreng ikan tongkol. Setelah matang angkat dan atur dalam piring saji.

2. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang ditumbuk kasar hingga tercium aroma harum.

3. Masukkan terasi, garam, gula dan kaldu bubuk kemudian aduk hingga merata.

4. Tuang air dan masak semuanya hingga matang.

5. Siram bumbu yang dimasak tersebut ke atas tongkol yang telah diatur dalam piring saji.

6. Peras jeruk limau diatasnya.

7. Tongkol siram cabai terasi siap untuk dihidangkan.

Itulah cara membuat tongkol siram cabai terasi khas ikan rica rica. Cukup gampang bukan? Nikmati rasa gurih dari terasi bersama dengan keluarga tercinta Anda. Selamat makan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *