Cara Membuat Resep Sup Ikan Salmon Pedas dan Lezat

Jika Anda pernah mencoba resep salmon rica-rica yang ada di situs ikanricarica.com. Maka kali ini Anda ditantang untuk mencoba resep dengan cita rasa pedas lainnya yaitu sup ikan salmon pedas.

Resep sup ikan salmon pedas ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Anda bisa membuat resep ini untuk hidangan makan malam Anda bersama keluarga. Penasaran? Mari kita intip.

Ikan Salmon Mentah, Populer di Norwegia dan Terkenal di Jepang

daging-salmon

Daging Ikan Salmon di Jepang – pixabay.com

 

Sashimi Salmon, resep salmon mentah yang berasal dari Jepang ini mungkin sering Anda dengar dan bahkan mungkin pernah Anda cicipi. Tapi, tahukah Anda bahwa budaya makan salmon mentah ini berasal dari Norwegia?

Ya, orang Norwegialah yang pertama kali mempopulerkan makan ikan salmon mentah. Ketika itu pada tahun  1985 orang Norwegia datang ke Jepang untuk memperkenalkan ikan salmon Norwegia dan beberapa tahun kemudian sashimi salmon Jepang menjadi terkenal.

Ikan salmon Jepang kebanyakan ditangkap dari laut lepas dan mengandung bakteri yang berbahaya. Bakteri ini harus dimatikan terlebih dahulu sebelum disajikan dengan cara dibekukan pada suhu tertentu.

Perbedaannya dengan ikan salmon dari Norwegia adalah ikan ini berasal dari peternakan yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga ikan salmon tersebut tidak mengandung bakteri lagi.

Indonesia sendiri mengimpor ikan salmon dari negara Norwegia yang memiliki harga yang cenderung stabil karena berasal peternakan. Sedangkan ikan salmon Jepang memiliki harga yang cukup mahal karena diambil dari laut.

Siklus hidup ikan salmon cukup unik. Ikan ini lahir di perairan air tawar, sungai kemudian pindah ke air laut yang asin setelah dewasa dan kemudian kembali lagi ke air tawar ketika ikan salmon akan bertelur.

Salmon yang memiliki siklus hidup di air tawar dan air asin ini memiliki kemampuan yang cukup unik yaitu mampu menjelajahi sungai sejauh 1400 km dan memanjat arus setinggi 2100 meter. Warbyasah. Namun, hanya 10 persen dari koloni ikan salmon ini mampu bertahan hidup ketika bermigrasi ke lautan.

Ikan salmon ini juga akan berpuasa ketika akan kembali ke perairan air tawar, sungai. Ikan ini menggunakan cadangan lemak dalam tubuh sebagai pengganti energinya.

Satu hal masih menjadi misteri ikan salmon saat ini adalah mereka akan kembali ke tempat yang sama dimana dia dilahirkan ketika akan bertelur dan berkembang biak.

Resep Sup Ikan Salmon Pedas dan Lezat

Berikut resep sup ikan salmon pedas yang dapat menggugah selera makan Anda.

Bahan-bahan utama:

100 gram kepala ikan & daging ikan salmon (direbus terpisah)

5 gram cabe rawit merah

50 gram jamur straw

5 gram daun ketumbar

50 gram tomat segar buang biji

2 lembar daun jeruk

5 gram jahe

5 gram serai

Bahan bumbu halus untuk kuah:

10 gram bawang merah

5 gram bawang putih

5 gram cabe rawit

20 gram lengkuas

20 gram cabe merah besar (buang biji)

500 ml air kaldu

10 gram serai

penyedap rasa secukupnya

Langkah-langkah membuat Sup Ikan Salmon Pedas:

1) Tumis seluruh bahan-bahan untuk bumbu halus hingga berbau harum

2) Setelah berbau harum, masukkan serai, daun jeruk, jahe, dan daun ketumbar ke dalamnya. Aduk semuanya hingga tercampur.

3) Masukkan air kaldu. Kemudian aduk seluruhnya hingga tercampur.

4) Masukkan kepala dan daging salmon ke dalam kuah. Campur semuanya hingga merata.

5) Masukkan penyedap rasa. Aduknya seluruhnya agar tercampur rata dan bumbu meresap ke dalam daging ikan salmon.

6) Tambahkan jamur, tomat, dan cabe rawit di dalamnya. Aduk semuanya.

7) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Itulah resep sup ikan salmon pedas dan lezat yang dapat Anda praktekan di rumah bersama keluarga tercinta Anda. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *