Cara Mudah Bikin Abon Ikan Lele Rasa Pedas

Abon ikan lele rasa pedas ini bisa Anda jadikan sebagai hidangan alternatif rasa ikan rica-rica. Resep ini sangat mudah dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat di daerah Anda.

Resep abon ikan lele rasa pedas sangat pas juga untuk dikirimkan ke keluarga atau anak Anda yang sedang merantau ke luar daerah. Anda penasaran dengan rasanya? Mari kita simak.

Abon, Bentuk Pengawetan Daging yang dapat Bertahan Hingga Beberapa Bulan

abon-sapi

Abon Sapi yang Populer – wikimedia.org

 

Siapa yang tak kenal dengan abon. Makanan ini sangat terkenal sebagai favoritnya anak kos dan orang yang dalam perjalanan jauh karena bisa disimpan hingga beberapa minggu bahkan beberapa bulan. 😀 Sangat-sangat hemat dan praktis!

Abon bisa dikatakan sebagai alternatif lain dari bentuk pengawetan daging. Biasanya abon sangat kering dan nyaris tidak memiliki kadar air hingga bisa tahan beberapa minggu dalam wadah yang kedap udara.

Pada dasarnya semua jenis daging dapat dijadikan abon. Biasanya dipilih dari daging yang memiliki serat yang banyak seperti daging sapi, daging kambing, daging ikan dan lainnya.

Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi abon tergantung dari jenis daging yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan abon.

Di Indonesia sendiri pembuatan abon sudah menjadi salah satu industri rumah tangga yang mampu menopang ekonomi masyarakat.

Di supermarket-supermarket sudah terdapat beberapa jenis abon yang dikemas dengan harga yang bervariasi. Namun jika Anda ingin mencoba cita rasa lain dari abon industri maka Anda bisa mencoba membuat sendiri abon.

Salah satunya adalah abon dari bahan ikan lele yang tentunya sangat bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan terutama bagi pertumbuhan anak dan Anda dapat mengikuti panduan berikut ini. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat abon ikan lele rasa pedas spesial untuk anak kos

Berikut adalah bahan dan cara membuat resep abon ikan lele rasa pedas. Jika menggunakan sesuai panduan ini maka akan didapatkan kandungan energi dan protein yang cukup bagi kebutuhan harian.

Bahan-bahan

1 kg daging ikan lele

100 ml santan kental

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk, remas-remas

50 gram lengkuas, parut

200 gram gula merah, sisir halus

Garam secukupnya

2 sdm minyak goreng

Bahan bumbu untuk dihaluskan

14 butir bawang merah

7 siung bawang putih

12 buah cabai merah keriting

15 buah cabai rawit

2 sdm ketumbar, disangrai

Cara membuat abon ikan lele

1. Kukus lele hingga matang, angkat dan dinginkan. Selanjutnya disuwir-suwir dengan ukuran sesuai selera.

2. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk, daun salam dan lengkuas hingga tercium aroma harum.

3. Masukkan santan dan gula merah, masak hingga gula merah larut dan mendidih.

4. Masukkan ikan lele yang sudah disuwir-suwir, masak dengan api kecil sambil sesekali dibolak-balik hingga kering.

5. Abon ikan lele siap untuk disajikan.

Itulah resep abon ikan lele yang bisa bunda buat untuk keluarga. Gimana, cukup mudah bukan? Resep ini memiliki nilai energi sebesar 2100 kkal dengan kandungan protein sebesar 163 gram. Selamat menikmati resep abon ikan lele khas ikan rica-rica.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *