Cara Mudah Membuat Ayam Bumbu Rica-Rica

Anda penyuka daging ayam dan rasa pedas? Jika demikian, maka resep Ayam Rica rica ini pasti akan menjadi jawaban atas keinginan Anda yang terpendam selama ini.

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah dan sering dijumpai di sekitar kita.

Sementara rasa pedas selalu menjadi juara untuk olahan makanan apapun dengan menambah kenikmatannya.

Resep Ayam Rica-Rica khas Manado ini sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Cara masaknya pun tidak perlu dengan keahlian khusus. Mau tau caranya? Mari kita simak.

Ayam dan Rica, Selain Sedap Juga Sehat

ayam

Paha Ayam, Cabai Merah dan Kayu Manis – pixabay.com

 

Daging ayam dikenal mengandung zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh kita untuk menghindarkan kita dari anemia. Sangat baik dikonsumsi terutama bagi wanita yang sedang haid. Selain itu juga ada vitamin B5 yang membantu kita untuk merasa tenang dan menghindarkan kita dari stress.

Daging ayam juga diketahui memiliki kandungan mineral yang baik bagi tubuh untuk menjadikan kita lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit seperti flu atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan protein dalam ayam juga sangat tinggi dan ini yang membuat daging ayam dikenal sebagai makanan yang dapat menambah massa otot sekaligus meningkatkan berat badan. Cocok bagi Anda yang hobi fitnes dan ingin meningkatkan massa otot sebelum bertanding.

Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat pada ayam juga berguna bagi tubuh terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, khususnya pertumbuhan tulang dan memperkuatnya. Daging ayam juga baik dikonsumsi oleh pria untuk meningkatkan hormon testosterone.

Selain ayam yang bermanfaat, cabai pun demikian. Cabai dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi, diantaranya adalah meningkatkan imunitas karena kandungan beta karoten atau pro vitamin A yang tinggi.

Cabai juga dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah mengkonsumsinya karena kandungan capcaisin dan dihydrocapsiate yang terdapat dalam cabai.

Cabai juga dikenal sebagai bumbu rempah-rempah yang berfungsi untuk mengatasi diabetes, menyehatkan pencernaan, dan meredakan rasa sakit. Selain itu cabai juga dikenal dapat menghentikan penyebaran kanker prostat, meredakan sakit kepala, mengurangi pegal, dan melancarkan pernafasan.

Maka dari itu, resep ayam rica-rica manado yang praktis ini cocok Anda praktikan di rumah untuk menciptakan olahan daging ayam dalam balutan cita rasa pedas yang segar. Apa saja dan bagaimana membuatnya? Berikut resep rica-rica ayam manado praktis.

Resep Ayam Bumbu Rica-rica Manado yang Praktis

Bahan-bahan utama:

1 ekor ayam, potong potong

8 lembar daun jeruk nipis

1 buah jahe, digeprek

2 batang sereh, dimemarkan

Minyak untuk menumis secukupnya

Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya

Air putih secukupnya

Bahan bumbu halus:

4 siung bawang putih

4 buah bawang merah

20 buah cabai rawit merah

8 buah cabai merah besar

Langkah-langkah membuat Ayam Rica-rica Manado:

1) Langkah pertama, panaskan minyak cukup banyak dalam wajan, lalu goreng ayam hingga setengah matang.

2) Setelah itu angkat dan tiriskan.

3) Berikutnya, panaskan minyak secukupnya dalam wajan yang akan digunakan untuk menumis, kemudian tumis semua bumbu halus.

4) Masukkan ayam, kemudian aduk hingga merata.

5) Terakhir, tambahkan air putih secukupnya, sereh, jahe dan daun jeruk. Aduk lagi hingga merata. Tunggu hingga ayam matang dan bumbu meresap.

6) Setelah matang, angkat ayam kemudian sajikan.

Bagaimana, mudah bukan membuat ayam bumbu rica-rica manado? Selain rasanya yang nikmat dan proses pembuatannya yang mudah sehingga jauh dari kata gagal. Rasanya pun tidak kalah dengan bebek rica-rica.  Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *