Cara Praktis Bikin Bubara Bakar Rica-Rica

Resep bubara bakar rica-rica ini sangat lezat karena daging ikan bubara memiliki tekstur yang lembut hampir mirip dengan ikan bawal namun lebih halus dengan jumlah duri yang lebih sedikit.

Resep bubara ini juga dapat menghasilkan energi sebesar 966 kkal dan kandungan protein 27 gram. Anda penasaran dengan cita rasa dari resep ini? Mari kita intip rahasia dapur mereka.

Bubara, Giant Trevally

ikan-bubara

Ikan Bubara, Giant Trevally – pixabay.com

 

Nama bubara sangat populer di kawasan Indonesia Timur. Di kawasan Indonesia lain ikan ini dikenal dengan nama Ikan Kuwe yang memiliki beragam jenis seperti Kuwe Gerong, Kuwe Mata Besar dan lainnya.

Ikan ini termasuk ikan predator yang hidup di dekat karang. Ikan ini bersifat teritorial dan jika wilayah yang dikuasai oleh kelompoknya merasa terancam maka ikan ini akan mulai menyerang.

Ikan ini hidup bergerombol jika masih muda dan akan hidup sendiri atau berpasangan jika sudah dewasa.

Daerah hunian dari ikan ini antara lain di sekitar karang yang mempunyai kedalaman 3 – 10 meter, pinggiran tebing batu atau tebing laut, gunung laut (sea mount reef) dan juga rig (tempat pengeboran minyak lepas pantai) yang dasar bangunannya biasanya berkarang.

Ikan ini juga biasa ditemukan di daerah permukaan laut di mana daerah tersebut terdapat gerombolan burung yang menyambar ikan-ikan kecil dan di daerah-daerah yang arusnya selalu bergejolak dan berarus kencang seperti pertemuan arus di antara pulau-pulau kecil.

Ikan bisa mencapai panjang sekitar 50 centimeter dengan berat 3 – 5 kilogram. Ikan bubara terbesar yang pernah ditangkap memiliki ukuran panjang sekitar 180 centimeter yang diperkirakan telah berusia 24 (dua puluh empat) tahun di daerah Hawaii.

Saat ini ikan bubara sudah mulai berkurang populasinya dikarenakan overfishing (penangkapan yang berlebihan). Hal tersebut terjadi karena permintaan dan minat yang sangat tinggi terhadap rasa dari ikan predator ini.

Kini, saatnya kita meracik resep idola bubara bakar rica-rica rasa pedas khas chef koki kaita. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat resep bubara bakar rica-rica

Berikut adalah bahan dan cara membuat resep bubara bakar rica-rica yang bikin bibir jontor.

Bahan-bahan

1 ekor ikan bubara, bersihkan dan kerat badannya

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

800 ml minyak goreng

Garam secukupnya

Bumbu bakar rica untuk dihaluskan

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

100 gram cabai merah besar

15 buah cabai rawit

2 buah tomat

2 cm jahe

1-2 sdt gula pasir

5 sdm minyak goreng

Garam secukupnya

Cara membuat bubara bakar rica

1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, kemudian diamkan selama 15 menit.

2. Goreng ikan bubara dalam minyak panas sebentar, selanjutnya angkat dan tiriskan.

3. Haluskan semua bumbu bakar rica kecuali minyak goreng.

4. Tumis bumbu halus dengan minyak hingga tercium aroma harum, angkat.

5. Lumuri ikan dengan bumbu yang telah ditumis, kemudian bakar sambil sesekali dibolak-balik perlahan dan dilumuri bumbu tumis hingga matang.

6. Angkat dan sajikan dengan sambal dan lalapan.

Demikian resep bubara bakar rica-rica yang dapat Anda buat saat acara santai keluarga. Resep dapat Anda jadikan resep idola keluarga karena rasanya sangat lezat dan gurih. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *