Cara Praktis Bikin Gulai Kepala Kakap Rasa Pedas

Jika Anda pernah membuat dan mencicipi gulai ikan tuna pedas kini Anda bisa mencoba varian lain dari gulai ikan laut yaitu gulai kepala ikan kakap.

Resep ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung omega 3 yang terdapat pada kepala ikan kakap dan sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lain. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Mari kita intip rahasia dapur mereka.

Gulai, Makanan Berkuah dengan Santan

gulai-usus

Gulai usus, jenis masakan gulai – wikimedia.org

 

Gulai adalah makanan berkuah dengan bumbu rempah yang dipercaya merupakan varian lain dari kari yang sering dijumpai dalam masakan Indonesia dan melayu.

Bumbu dan rempah yang ditemukan dalam gulai umumnya hampir sama dengan yang terdapat dalam nila bumbu kari namun lebih ringan dengan ciri khasnya kuah berwarna kuning dan menggunakan santan.

Resep gulai merupakan resep yang paling sering ditemui dalam masakan-masakan semenanjung Melayu khususnya Minangkabau atau Padang.

Kuah yang terdapat dalam resep gulai daerah ini biasanya lebih kental dari kuah gulai dari daerah lain sehingga menyebabkan rasanya lebih gurih dan kental.

Seiring perkembangan jaman saat ini variasi dan jenis dari masakan gulai semakin banyak antara lain gulai kepala ikan kakap, gulai ikan mas, gulai ayam, gulai ati ampela, gulai kambing dan gulai sapi yang sering disajikan di hari raya kurban dan lainnya.

Selain bahan daging seperti di atas gulai juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan sayuran seperti gulai kacang panjang, gulai daun singkong, gulai daun pakis dan gulai jengkol.

Beberapa orang juga lebih suka menggunakan jeroan dalam gulai seperti gulai hati, gulai babat, gulai sumsum, gulai kikil dan lainnya.

Akan tetapi karena gulai menggunakan santan yang dipercaya mengandung banyak lemak maka banyak orang menghindari resep ini padahal resep gulai kepala ikan kakap adalah resep terlezat yang pernah ada di muka bumi.

Saatnya meracik resep gulai kepala kakap merah rasa pedas dengan mengikuti panduan berikut. Selamat mencoba!

Bahan dan cara membuat gulai kepala kakap merah rasa pedas

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat gulai kepala kakap merah rasa pedas.

Bahan-bahan

4 ekor kepala kakap merah, bersihkan dan lumuri dengan jeruk dan garam

5 lembar daun mangkokan

2 lembar daun jeruk

2 cm lengkuas, memarkan

1 batang serai, memarkan

1 lembar daun kunyit

2 buah asam kandis

1,5 liter santan

2 buah tomat, potong 6 (enam) bagian

2 sdm minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

8 buah cabai merah

3 cm kunyit

2 cm jahe

Cara membuat gulai kepala kakap

1. Potong halus daun mangkokan, remas-remas dengan garam kemudian cuci dan tiriskan

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan serai hingga harum.

3. Tuang santan, masukkan kepala ikan, daun kunyit, asam kandis dan daun mangkokan. Masak hingga mendidih sambil diaduk hingga merata.

4. Bumbui dengan garam, masak hingga mendidih kemudian masukkan tomat dan aduk rata.

5. Gulai kepala kakap rasa pedas siap untuk disajikan.

Itulah resep gulai kepala kakap merah dengan rasa pedas. Resep ini dapat Anda jadikan sebagai menu atau hidangan favorit keluarga Anda karena sangat bermanfaat dan dapat dibuat dengan budget kurang dari 27.000 rupiah saja. Cukup mudah dan murah bukan? Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *