Cara Praktis Bikin Pepes Ikan Asin Peda yang Lezat

Pepes (atau kadang dikenal dengan sebutan pais) merupakan suatu teknik memasak dari Jawa Barat dengan cara mengolah bahan makanan menggunakan bantuan daun pisang.

Daun pisang digunakan untuk membungkus bahan makanan serta bumbunya yang kemudian akan dipepes atau dibakar di atas bara api hingga mengering.

Pepes, Teknik Masak yang Rumit namun Berselera Tinggi

Pais lauk mas (pepes ikan mas), a carp fish in spices and herbs cooked in banana leaf package. A popular Sundanese cuisine. The specialty cooking of Ibu Sulastri, Rawasari, Central Jakarta.

Pepes ikan mas – wikimedia.org

 

Beberapa orang menyatakan bahwa teknik memasak yang satu ini terbilang rumit, apalagi bila tidak tahu apa saja bumbunya dan bagaimana membungkusnya. Untuk itu kita perlu mengetahui beberapa trik memasak yang biasa digunakan untuk memasak pepes ikan asin.

Trik memasak yang biasa digunakan untuk memasak pepes antara lain bahan makanan yang akan dimasak dengan teknik pepes sebaiknya direndam ke dalam bumbu supaya lebih meresap ke dalam daging.

Selain merendam, Anda juga bisa merebus daging (biasanya ikan atau ayam) dalam bumbu pepes di atas api kecil selama 1 hingga 2 jam.

Cara lain adalah pindang terlebih dahulu dengan berbagai bumbu rempah dan dedauan aromatik dalam daun pisang dan Anda juga bisa mengombinasikan pepes dengan aneka sayuran.

Beberapa orang lebih menyukai untuk memvariasikan pepes dengan bumbu Nusantara seperti bumbu rendang, bumbu opor, bumbu brongkos dan lain sebagainya.

Jika Anda memasak daging ikan dengan teknik pepes namun ikan itu sendiri memiliki duri yang banyak contoh misalnya ikan bandeng, maka Anda bisa memprestonya agar lebih lunak dan mudah disantap nantinya setelah dipepes.

Pepes sendiri menggunakan beberapa macam bumbu. Pada dasarnya, bumbu pepes yang biasa digunakan terbagi menjadi 3 macam dan ditambah dengan 1 bumbu tambahan.

Beberapa bumbu pepes yang digunakan antara lain bumbu putih yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri, boleh ditambah dengan terasi.

Ada juga bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, kunyit, dan kemiri. Bisa juga ditambah dengan terasi dan tomat.

Ada yang menggunakan bumbu iris yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau atau cabai merah, belimbing wuluh, dan tomat hijau. Dan bumbu aromatik yang identik dengan pepes beraroma. Dedaunan aromatik yang biasa digunakan sebagai tambahan dalam bumbu pepes adalah serai, daun salam, daun bawang, daun jeruk, dan daun kemangi.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai tips dan trik serta bumbu-bumbu yang biasanya digunakan dalam memasak dengan teknik pepes.

Kali ini Anda harus mencoba satu resep pepes dengan menggunakan bahan utama daging ikan asin. Bagaimana membuat pepes ikan asin? Mari kita simak resep pepes ikan asin peda di bawah ini.

Resep pepes ikan asin peda

Berikut beberapa bahan dan cara membuat pepes ikan asin yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan utama pepes ikan asin peda:

3 ekor ikan peda, diseduh, lalu potong menjadi 2 bagian

12 buah cabai rawit merah

4 buah tomat hijau, dipotong menjadi 4 bagian

4 buah belimbing wuluh, dipotong-potong

6 lembar daun salam, dipotong tipis-tipis

1 batang daun bawang, diiris ½ cm

3 tangkai kemangi, dipetik

3 butir bawang merah, diiris

Daun pisang untuk membungkus

Bahan untuk bumbu halus:

10 siung bawang merah

6 siung bawang putih

6 lembar daun jeruk, ambil daunnya saja

2 sendok teh terasi, dibakar

10 buah cabai merah keriting

2 batang serai

2 cm kunyit, dibakar

2 cm jahe

½ sendok teh gula pasir

½ sendok teh garam

Langkah-langkah membuat pepes ikan asin peda:

1) Campurkan tomat hijau, bawang merah, belimbing wuluh, daun bawang, kemangi, dan bumbu halus. Aduk seluruh bahan hingga rata.

2) Tambahkan daging ikan peda lalu aduk kembali hingga rata

3) Siapkan daun pisang. Letakkan daun salam dan ikan peda yang sudah berlumur bumbu.

4) Tambahkan cabai rawit merah sebagai pelengkap di dalamnya

5) Bungkus pepes dengan menyematkannya menggunakan lidi di kedua ujungnya

6) Kukus selama kurang lebih 45 menit di atas api sedang hingga matang

7) Bakar pepes hingga beraroma harum

8) Sajikan pepes ikan peda selagi hangat lengkap dengan lalapannya

Cukup mudah kan resep pepes ikan asin peda di atas? Rasanya pun tak kalah dengan tenggiri asam pedas. Anda bisa menyajikannya bersama pelengkap dan nasi hangat. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *