Cara Praktis Membuat Ayam Pedas Daun Kemangi

Jika Anda sudah mencoba resep ayam rica-rica dalam web ini kini saatnya Anda bisa mencoba resep yang tidak kalah lezat yaitu resep ayam pedas daun kemangi.

Dalam pembuatannya, resep ayam pedas kemangi ini tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup sekitar 15-20 menit saja. Kandungan gizi energi dan protein dari resep ini pun cukup tinggi. Anda penasaran? Mari kita intip yuk.

Daun Kemangi, Teman Lalapan Paling Populer

daun-kemangi

Daun Kemangi – manfaat.co.id

Tanaman kemangi merupakan tanaman berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai hingga 100 cm. Tanaman ini cukup mudah berkembang dan sering ditemui di pekarangan rumah, kebun, ladang, kadang juga ditemukan di pinggiran jalan.

Asal dari tanaman ini belum diketahui secara pasti namun tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl.

Aroma dan wangi dari daun ini sangat khas sehingga sering ditambahkan pada makanan sebagai lalapan. Wangi daun ini seperti cengkeh dan limau namun memiliki rasa yang pahit.

Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama dengan irisan ketimun, brokoli, daun kubis dan sambal untuk teman lalapan ayam, ikan goreng atau ikan bakar.

Daun kemangi selain sebagai lalapan juga sering dijadikan sebagai obat. Di negara tertentu seperti India, Thailand dan Afrika, daun kemangi disajikan dengan cara diseduh menjadi teh sebagai obat pereda batuk.

Sementara di negara Cina, tanaman kemangi digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, gigitan serangga, pereda demam dan sebagai obat kanker.

Selain manfaat di atas daun kemangi juga dipercaya dapat menghilangkan bau badan dan bau mulut.

Manfaat lainnya adalah daun kemangi dapat berfungsi untuk meredakan radang sendi (anti-inflamasi) dan sebagai sumber kalsium yang baik untuk menjaga kepadatan tulang.

Sementara bagi kaum wanita, daun kemangi juga dapat berfungsi untuk mencegah keputihan karena mengandung eugenol yang dipercaya dapat membunuh kuman atau jamur penyebab keputihan.

Selain itu mengkonsumsi daun kemangi dapat menunda masa menopause Anda karena kandungan zat triptofan yang ada didalamnya. Manfaat lainnya adalah daun kemangi dapat merangsang pematangan sel telur (ovulasi) pada wanita karena kandungan zat stigmaasterol.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari daun ini kini saatnya kita berkreasi dengan resep ayam pedas daun kemangi. Selamat mencoba!

Resep Ayam Pedas Daun Kemangi Segar

Berikut bahan utama dan cara pembuatan ayam pedas kemangi segar khas ikan rica-rica.

Bahan utama :

500 gram ayam

50 gram cabai rawit, diiris tipis-tipis

15 butir bawang merah, diiris tipis-tipis

½ sendok teh terasi bakar

8 siung bawang putih, diiris tipis-tipis

2 batang daun kemangi, ambil daunnya

4 batang daun bawang, potong-potong serong

1 sendok teh gula pasir

1 sendok teh garam

2 lembar daun salam

7 lembar daun jeruk

100 ml air putih

Cara membuat resep ayam pedas kemangi

1) Potong-potong ayam dan goreng setengah matang.

2) Tumis bawang merah, bawang putih dan terasi hingga wanginya harum.

3) Masukkan cabai rawit, daun jeruk, daun salam dan air secukupnya.

4) Masukkan ayam yang sudah digoreng tadi bersama dengan garam dan gula kemudian aduk rata. Masak hingga bumbu terserap dan matang.

5) Masukkan potongan daun bawang dan daun kemangi. Aduk hingga daun kemangi dan bawang sedikit layu.

6) Ayam pedas daun kemangi siap untuk disajikan.

Itulah resep ayam pedas daun kemangi yang dapat Anda coba bersama keluarga Anda di rumah. Resep di atas bisa untuk 5 (lima) porsi. Jika Anda merasa kurang pedas, Anda bisa menambahkan takaran cabai rawit menjadi 60 – 70 gram. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *