Cumi Kuah Bumbu Woku yang Bikin Anda Termelet-melet

Anda yang masih ingin mencoba resep asli Manado lain bisa mencoba resep cumi kuah bumbu woku berikut. Selain rasanya yang segar dan ada pedas-pedasnya gitu, resep ini juga bisa membuat ketagihan.

Resep cumi kuah woku pedas khas Manado ini adalah kuliner seafood praktis dan ringan.

Anda tak perlu khawatir jika belum pernah mencobanya karena Anda bisa mengikuti panduan berikut. Mari kita intip.

Bumbu Woku, Satu Lagi dari Manado

cumi-kuah-woku

Cumi-Cumi dengan Olahan yang Berkuah – pixabay.com

 

Anda yang berasal dari daerah Sulawesi khususnya Sulawesi Utara pastinya sudah tidak asing dengan bumbu woku. Apalagi jika woku yang disajikan dalam resep ini sedikit lebih pedas dari yang biasa.

Bumbu woku adalah bumbu yang berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang kaya akan aroma dan rasa pedas. Bumbu woku biasanya diracik dari bahan-bahan yang bercita rasa pedas seperti bawang merah, cabe, kunyit, jahe dan kemiri.

Nama woku sendiri berasal dari daun woka. Daun woka adalah daun kelapa muda yang dipakai untuk membungkus nasi.

Hampir semua jenis ikan laut maupun tawar seperti ikan tuna, tongkol, kakap dan daging unggas bisa dibikin bumbu woku. Hidangan woku yang populer di daerah Manado adalah kakap woku dan ayam woku.

Variasi lain dari bumbu woku adalah woku balanga yang dimasak berkuah dalam belanga atau panci dan woku daun yang dimasak kering dengan terlebih dahulu dibungkus dengan daun woka. Sepintas hampir sama dengan pepes.

Sementara untuk menambahkan cita rasa, beberapa rumah makan di Manado menambahkan sedikit santan dan beberapa bumbu rempah khas untuk woku balanga dan biasa disebut woku santan.

Pengalaman dan kesukaan beberapa orang yang pernah mencicipi bumbu woku ini sangat bervariasi. Ada yang lebih suka dengan woku berkuah encer ada juga yang suka dengan yang kering.

Woku yang berkuah encer menurut penuturan beberapa orang lebih cocok jika digunakan untuk memasak daging unggas seperti ayam.

Sementara itu, untuk woku daun masing-masing rumah makan pun memiliki caranya sendiri untuk memperkaya cita rasa. Ada yang menggunakan daun pepaya rebus untuk membungkus ikan sebelum kemudian dibungkus lagi dengan daun pisang atau daun woku dan memasaknya.

Yang pasti aroma daun pandan dan kemangi dalam bumbu woku lebih tajam mengalahkan aroma daun pisang maupun daun pepaya. Selamat mencoba!

Resep cumi kuah bumbu woku lezat dan bergizi

Berikut adalah bahan utama dan cara membuat cumi kuah bumbu woku

Bahan utama:

250 gram cumi ukuran kecil

3 lbr daun jeruk, buang tulangnya

2 lbr daun pandan, iris-iris

2 batang serai, memarkan

50 gram daun kemangi

2 batang daun bawang, potong 1 cm

1 buah tomat, potong-potong

1 ½ sdt garam

300 ml air

Bahan untuk ditumbuk kasar:

5 butir bawang merah

5 buah cabai rawit merah keriting

10 buah cabai rawit

2 cm kunyit

2 cm jahe

6 butir kemiri

Cara membuat cumi kuah bumbu woku:

1. Bersihkan cumi, masukkan kepala cumi ke dalam badannya dan tusuk dengan tusuk gigi.

2. Lumuri cumi yang sudah ditusuk tadi dengan 1 sendok air jeruk nipis.

3. Rebus air, masukkan bumbu yang ditumbuk kasar kemudian daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, serai, daun kemangi, daun bawang, tomat dan garam.

4. Aduk campuran yang dimasukkan tadi hingga merata dan masak sampai mendidih.

5. Masukkan cumi dan masak hingga matang.

6. Cumi kuah bumbu woku siap untuk disajikan.

Itulah resep cumi kuah bumbu woku yang pedas dan beraroma. Anda dapat menggunakan beberapa pelengkap hidangan bumbu woku seperti kerupuk udang atau yang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *