Ini Dia 10 Ikan Air Tawar yang Populer di Rumah Makan Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan beragan jenis ikan terutama ikan air tawar. Ikan air tawar agak berbeda tekstur dan rasanya jika dibandingkan dengan ikan air laut.

Namun, kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam dagingnya tidak jauh berbeda dengan ikan air laut. Berikut adalah 10 jenis ikan air tawar yang populer di rumah makan dan restoran yang ada di Indonesia.

10 Ikan Air Tawar yang Populer di Rumah Makan Indonesia

ikan-gurami

Ikan Air Tawar Gurami Hasil Tangkapan – pixabay.com

 

1. Ikan Bandeng
Bandeng banyak digemari orang karena rasanya yang gurih dan tidak mudah hancur. Sayangnya duri bandeng sangat banyak dan cukup mengganggu ketika menikmatinya. Duri yang mengganggu ini bisa diatasi dengan mengolah bandeng menggunakan panci bertekanan tinggi (presto).

Duri bandeng setelah dimasak dengan panci ini akan terasa lunak dan hancur ketika dikunyah. Selain duri, bau lumpur pada bandeng juga cukup mengganggu. Tips mengatasi bau lumpur ini dengan menambahkan air jeruk atau cuka dalam rendaman bumbu ketika memasaknya.

2. Ikan Bawal
Mempunyai tekstur daging yang halus dan lembut, serta mudah menyerap bumbu. Ukuran besar, daging yang tebal, duri yang sedikit dan rasa yang gurih juga menjadi alasan orang menggemari jenis ikan yang satu ini.

3. Ikan Gurami
Jenis ikan yang paling banyak digemari. Memiliki tekstur daging yang padat, lembut dan duri yang besar. Karena rasanya yang gurih dan mudah diolah menjadi masakan apa saja, hampir semua restoran menyediakan menu berbahan gurami dalam daftar menunya.

4. Ikan Gabus
Ikan gabus memiliki daging yang padat. Di beberapa daerah banyak dijual dalam bentuk ikan kering yang diasinkan. Mengandung banyak protein, terutama Albumin yang diperlukan tubuh untuk proses penyembuhan luka.

Pemberian daging ikan gabus meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit dan memulihkan kondisi pasca operasi.

5. Ikan Mas
Salah satu ikan yang banyak digunakan dalam dapur Indonesia. Bisa diolah dengan digoreng, pepes, bakar dan juga masakan berkuah. Dagingnya lembut dengan tekstur yang mudah hancur. Sayangnya, duri ikan mas banyak dan sering juga ikan berbau lumpur. Terlebih jika membeli ikan dari kolam tanah.

6. Ikan Patin
Jenis ikan air tawar yang tekstur daging dan rasanya mirip dengan lele. Selain diolah dengan cara sederhana, patin juga bisa diolah sebagai pengganti ikan laut. Patin jantan dianggap berbau tidak seamis patin betina. Cara membedakannya bisa dilihat dari warnanya yang lebih gelap dibanding patin betina.

7. Ikan Wader
Jenis ikan air tawar berukuran kecil. Rasanya gurih dan paling enak digoreng hingga garing dan renyah.

8. Ikan Lele
Sebagian orang menganggap lele mempunyai rasa yang gurih, sebagian lagi menganggap cita rasa lele kurang kuat. Kebanyakan lele diolah dengan bumbu sederhana, digoreng dan disajikan dengan sambal.

9. Ikan Nila & 10. Ikan Mujair
Jenis ikan yang aslinya didatangkan dari Afrika. Di Indonesia, nila dan mujair dianggap ikan yang sejenis dan sangat mudah untuk diperoleh. Apalagi banyak dijual dengan harga yang terbilang murah. Sayangnya, cita rasa dan tekstur ikannya kurang nikmat.

Itulah 10 jenis ikan air tawar populer yang sering disajikan di rumah makan dan restoran nusantara. Semoga keanekaragaman ikan dan resepnya makin terjaga dan tidak punah. Aamiin.

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *