Ini Dia Bakso Ikan Kuah Pedas yang Bikin Kejet-Kejet

Jika Anda ingin mencoba resep yang terbuat dari bahan bakso, maka Anda bisa mencoba resep bakso ikan kuah pedas yang satu ini. Rasanya tidak kalah dengan mie bakso kangkung.

Resep ini dapat Anda coba sendiri di rumah dengan tingkat kesulitan yang cukup mudah. Lama pembuatannya pun tidak lebih dari 20 menit saja. Selain lezat resep ini juga dijamin pedas. Mari kita intip. šŸ˜€

Tahukah Anda Asal UsulĀ Bakso?

bakso-ikan

Bakso ikan – wikimedia.org

Bakso, menurut beberapa cerita berasal dari Tiongkok. Makanan yang berbahan dasar daging yang digiling iniĀ masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan orang Tiongkok ke pulau Jawa. Namun bagaimana sejarah bakso dimulai?

Cerita bakso berawal dari seorang pria yang bernama Meng Bo yang hidup pada awal abad ke-17 saat di mana Dinasti Ming di Fuzhou, China mau berakhir.

Dikisahkan bahwa Meng Bo sangat baik dan berbakti kepada orang tuanya. Kebaikan dan etos kerja Meng Bo terkenal di lingkungan dan desa tempat tinggalnya.

Suatu saat, ibunya yang sudah mulai tua ingin makan daging namun terkendala dengan giginya yang sudah tidak kuat dan tidak dapat memakan sesuatu yang agak keras seperti daging. Padahal daging adalah salah satu kesukaan ibunya Meng Bo.

Tentunya hal ini agak mengecewakan bagi ibunya dan menjadi pikiran Meng Bo selama beberapa hari. Hingga suatu saat Meng Bo melihat tetangganya yang mengolah makanan kue.

Tetangga ini membuatĀ kue mochi dengan cara menumbuk beras ketan dan mengolahnya sedemikian rupa hingga menjadi kue. Dan hal ini menjadi inspirasi bagi Meng Bo untuk melakukan hal yang sama namun dengan bahan daging kesukaan ibunya.

Melihat hal tersebut Meng Bo langsung ke dapur danĀ mengolah daging hingga menjadi empuk dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil seperti bentuk kue mochi. Setelah itu Meng Bo merebus adonan tersebut hingga tercium wangi dan aroma daging yang lezat.

Meng Bo menyajikan makanan tersebut kepada ibunya yang suka sekali akan daging dan ternyata makanan olahanĀ tersebut disukai oleh ibunya karena selain rasanya yang lezat juga mudah untuk dimakan.

Cerita tentang makanan olahan Meng Bo ini menyebar ke seluruh kota Fuzhou, China dan kemudian selama beberapa abadĀ kemudian sampailah makanan lezat berbahan daging ini ke Indonesia lewat jalur perdagangan.

Mari kita bikin sendiri bakso ikan kuah pedas yang bikin kejet-kejet. Selamat mencoba!

Resep sehat bakso ikan kuah pedas kejet-kejet

Berikut adalah bahan utama dan cara pembuatan bakso ikan kuah pedas.

Bahan utama

10 buah bakso ikan

Ā½ buah bawang bombay, cincang kasar

2 buah cabai merah, cincang kasar

3 siung bawang putih, parut

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap asin

3 sdm saus sambal

Ā½ sdt garam

Ā¼ sdm merica hitam, bubuk

2 sdm minyak goreng

2 buah daun bawang, iris-iris tipis

500 ml air

Cara membuat bakso ikan kuah pedas

1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay, bawang putih hingga tercium wangi harum.

2. Masukkan saus tiram, kecap asin dan saus sambal. Aduk hingga merata.

3. Tuang air, kemudian masukkan bakso ikan.

4. Bumbui dengan garam, gula dan merica. Aduk hingga merata dan masak sampai mendidih.

5. Angkat dan bakso ikan kuah pedas siap disajikan. Tambahkan taburan daun bawang diatasnya.

Itulah resep bakso ikan kuah pedas yang dapat Anda coba di rumah. Anda bisa menambahkan sendiri beberapa bahan sebagai pelengkap seperti kerupuk udang dan hidangan lain. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *