Ini Dia Cara Membuat Pepes Jamur Tiram Pedas

Anda sedang mencari resep dengan bahan dasar jamur tiram? Kini Anda dapat membuatnya sendiri di rumah resep pepes jamur tiram rasa pedas dengan bahan yang sederhana.

Resep jamur tiram hot ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi karena terbuat dari bahan yang bergizi dan sehat. Penasaran? Mari kita intip rahasia dapur.

Jenis dan Manfaat Jamur Tiram yang Perlu Anda Ketahui

Jamur tiram - pixabay.com

Jamur tiram – pixabay.com

 

Anda yang hobi masak pastinya sudah familiar dengan rasa asin, manis, pahit dan asam. Tapi pernahkah Anda mengetahui bahwa ada rasa yang dinamakan dengan umami. Ya, rasa yang disebut sebagai rasa kelima ini dengan mudah ditemukan pada jamur.

Rasa jamur yang gurih juga dapat ditemukan pada jamur tiram. Dengan pengolahan yang baik maka rasa yang didapatkan tidak berbeda dengan rasa daging. Sehingga jamur sangat cocok sebagai pengganti bahan makanan hewani.

Selain bisa digunakan sebagai pengganti daging dalam makanan sehari-hari, jamur juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang dalam proses menjaga berat badan ideal karena tingginya kandungan serat yang ada dalam jamur.

Saat ini di Indonesia terdapat ragam jenis jamur tiram yang dapat dibudidayakan diantaranya Jamur Tiram Kuning (Pleurotus citrinopileatus) yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menghambat pertumbuhan tumor sekaligus juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Jamur Tiram Pink (Pleurotus djamoer) yang mengandung beta-caroten sehingga sangat baik bagi mata dan mengurangi asam lemak dalam darah.

Lain halnya dengan Jamur Tiram Biru (Pleurotus columbinus), jamur ini sangat bermanfaat untuk mengobati masalah persendian dan sebagai anti-tumor dan anti-cancer karena mengandung glucosamine dan sangat efektif sebagai antibiotik.

Jamur Tiram Coklat (Pleurotus sajor-caju) mengandung senyawa beta-glucan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat bagus bagi penderita flu, alergi, asma, hepatitis dan mampu menghambat pertumbuhan kanker, melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar lemak dan gula dalam darah.

Sementara untuk Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) mengandung lovastatin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu jamur ini bagus untuk penderita anemia dan bisa menurunkan hipertensi, diabetes dan berat badan.

Bagaimana cukup banyak bukan manfaat dari jamur tiram? Saatnya kita berkreasi resep pepes jamur tiram rasa hot ini. Selamat mencoba!

Resep pepes jamur tiram rasa hot

Berikut adalah bahan utama dan cara membuat resep pepes jamur tiram rasa hot yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan utama:

250 gram jamur tiram (disarankan jamur putih)

1 buah tomat, potong 8 bagian

9 buah cabai rawit merah

25 gram daun kemangi, siangi

2 lembar daun salam

75 ml santan kental

2 sendok makan minyak untuk menumis

Daun pisang untuk membungkus

Bahan untuk bumbu halus:

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

5 buah cabai merah keriting

½ sdt terasi bakar

¾ sdt garam

¼ sdt gula pasir

Cara membuat resep pepes jamur tiram rasa hot

1) Jamur tiram dipotong-potong, kemudian cuci hingga bersih dan diperas airnya.

2) Tumis bumbu halus hingga keluarnya wanginya kemudian angkat.

3) Aduk jamur tiram, tomat, cabai rawit, daun kemangi, garam, gula pasir, santan dan tumisan bumbu yang tadi diangkat.

4) Ambil daun pisang, selipkan sepotong daun salam, kemudian beri adonan jamur tiram, bungkus dan semat ujungnya dengan lidi.

5) Kukus selama 15 menit di atas api sedang hingga matang.

6) Pepes jamur tiram siap disajikan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat resep pepes jamur tiram pedas di atas. Resep di atas dapat menghasilkan 8 (delapan) bungkus pepes jamur tiram pedas. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *