Ini Dia Cara Rame Bikin Tuna Steak Khas Restoran

Resep tuna steak berikut ini dapat Anda buat dengan cukup mudah. Selain cara membuatnya cukup mudah resep ini juga sangat bergizi.

Dipercaya bahwa kalium yang ada dalam daging ikan tuna segar dapat memperlancar keseimbangan cairan tubuh dan memicu kerja otot dan saraf. Penasaran dengan cara membuatnya? Mari kita coba resepnya.

Steak, Makanan Khas Amerika

stik daging sapi

Stik daging sapi – pixabay.com

 

Steak atau yang biasa dikenal juga dengan bistik merupakan jenis olahan makanan yang awalnya sangat terkenal di daerah Amerika. Jenis makanan ini biasa diolah dengan cara dipanggang.

Asal nama bistik di Indonesia adalah pengaruh dari aksen dan dialek lokal. Di daerah asalnya, daging sapi yang dipanggang dinamakan “beef steak”. Sehingga setelah beberapa lama pengucapan bifstik berubah menjadi bistik hingga saat ini.

Penggunaan daging untuk dipanggang dengan cara ini sangat bervariasi. Daging sapi sangat populer digunakan sebagai bahan dasar, akan tetapi seiring kebutuhan manusia akan rasa yang bervariasi, penggunaan daging lain seperti dada ayam dan fillet ikan juga menjadi umum.

Penggunaan fillet ikan sebagai bahan dasar steak dipercaya dapat menambah cita rasa karena fillet ikan tidak mengandung tulang dan kulit ikan yang biasanya mengandung rasa lain.

Penggunaan saus dan bumbu juga mempunyai pengaruh yang cukup besar pada cita rasa yang dihasilkan. Seperti pada resep berikut, kami menggunakan saus dengan menggunakan bahan dasar jamur kancing yang semakin memperkaya rasa dari steak ini.

Saatnya menyiapkan bahan dan alat untuk membuat resep tuna steak dengan menggunakan panduan yang telah kami coba berikut ini. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat resep tuna steak

Berikut adalah bahan dan cara membuat tuna steak yang bisa Anda coba bersama keluarga tercinta.

Bahan

300 gram fillet ikan tuna, bagi menjadi 2 (dua) bagian

2 sdm air jeruk

2 sdm minyak sayur

1/2 sdt merica hitam tumbuk

1/2 sdt garam

Bahan untuk saus jamur

6 buah jamur kancing segar, iris tipis

1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong memanjang

1 sdm minyak sayur

1/4 sdt oregano

1/4 sdt rosemary

1/4 sdt merica hitam tumbuk

1/2 sdt garam

200 ml cream atau susu cair

Cara membuat tuna steak

1. Campur air jeruk, minyak sayur, merica dan garam aduk hingga merata.

2. Masukkan ikan tuna, lumuri dengan bumbu perendam yang telah dibuat pada langkah pertama kemudian diamkan selama 10 (sepuluh) menit.

3. Panggang ikan tuna di atas alat pemanggang sambil sesekali dibalik hingga matang.

4. Buat saus jamur dengan menumis bawang bombay bersama minyak sayur hingga tercium aroma harum. Masukkan jamur kancing, tumis hingga layu.

5. Masukkan semua bumbu untuk saus jamur selanjutnya aduk hingga merata kemudian tuang cream atau susu cair dan masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.

6. Steak tuna siap disajikan bersama dengan saus jamur.

Cukup mudah bukan, cara membuat tuna steak? Jika rasa yang didapatkan masih kurang greget pedasnya, Anda bisa menambahkan takaran merica bubuk ke dalam resep. Selamat mencicipi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *