Ini Dia Cara Yahud Bikin Mangut Ikan Pe Rasa Pedas

Pernahkah Anda mencicipi rasa ikan yang diasapi? Jika belum cobalah resep mangut ikan pe rasa pedas berikut ini. Resep ini menggunakan bahan ikan pe atau iwak pe yaitu sejenis ikan pari yang telah diawetkan dengan cara diasapi.

Resep ini mengandung energi cukup tinggi yaitu sebesar 4.011 kkal dan protein sebesar 104 gram yang sangat bermanfaat sebagai nutrisi bagi tubuh Anda. Penasaran dengan rasanya? Mari kita intip rahasia dapur mereka.

Ikan Pe, Mahluk Terbang dari Dasar Laut

ikan-pari

Sama seperti lumba-lumba ikan pari juga bisa terbang ke permukaan laut – pixabay.com

 

 

Ikan Pe atau orang Jawa sering menyebutnya dengan Iwak Pe memiliki aroma yang sangat khas dan cukup menyengat. Aroma ikan yang memiliki bentuk pipih ini cukup menyengat karena ikan ini biasanya diolah dengan cara diasapkan terlebih dahulu.

Proses pengasapan seperti ini biasanya dilakukan terhadap ikan-ikan laut yang ingin diawetkan untuk kemudian disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Tapi, tahukah Anda seperti apa itu ikan pe atau iwak pe?

Ikan pe adalah sejenis ikan pari yang hidup di zona pelagik yaitu zona perairan bebas di permukaan laut yang biasa juga dihuni oleh ikan tuna, tenggiri dan ikan zona pelagik lain.

Ikan ini dinamakan stingray karena memiliki sengatan yang cukup mematikan di bagian ekornya. Bahkan sengatan ikan inilah yang menamatkan karir seorang pembawa acara The Crocodile HunterSteve Irwin.

Meskipun sengatannya sangat berbahaya dan bahkan mematikan, ikan ini sangat digemari oleh beberapa orang untuk dikonsumsi karena rasanya yang cukup gurih.

Rasa gurih dari ikan ini akan lebih mantap jika ikan ini diasapkan terlebih dahulu seperti yang digunakan dalam resep mangut ikan pe berikut ini. Selamat mencoba!

 

Inilah bahan dan cara membuat resep mangut ikan pe

Berikut adalah bahan dan cara membuat resep mangut ikan pe rasa pedas khas ikan rica-rica. Anda bisa melakukan variasi terhadap jumlah atau banyaknya bahan cabai merah dan cabai hijau yang ingin Anda gunakan terhadap resep ini.

Bahan-bahan

250 gram ikan pe asap, potong-potong

2 lembar daun jeruk, remas-remas

3 cm lengkuas, memarkan

1 lembar daun salam

5 buah cabai merah, potong-potong 1 (satu) cm

5 buah cabai hijau, potong-potong 1 (satu) cm

750 ml santan

3 sdm minyak goreng

1 sdm gula merah sisir

Gula pasir dan garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

1/4 sdt ketumbar, sangrai

1/2 cm, kencur

3 cm kemiri, sangrai

1/2 cm kunyit

Cara membuat mangut ikan pe rasa pedas

1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan daun salam hingga tercium aroma harum.

2. Masukkan semua bahan cabai dan tumis hingga layu

3. Tambahkan ikan pe yang telah dipotong-potong kemudian tuang santan dan sisa bumbu lain.

4. Masak sambil diaduk hingga matang, kemudian angkat.

5. Resep mangut ikan pe siap untuk disajikan.

Itulah resep mangut ikan pe yang siap untuk menuntaskan rasa lapar Anda terhadap resep khas ikan rica-rica. Resep pedas ini sangat bermanfaat karena kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai dapat memperlambat penuaan. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *