Ini Dia Cara yang Benar Untuk Membersihkan Ikan Segar

Saat menyantap hidangan yang berbahan ikan dengan cita rasa rica-rica, terkadang kita mendapatkan rasa yang berbeda, misalnya ikan tersebut berbau tanah atau memiliki aroma dan rasa yang amis.

Dan Anda mungkin tak menduga karena hal ini disebabkan karena kesalahan dalam membersihkan ikan.

Proses pembersihan ikan yang kurang sempurna tersebut dapat menyebabkan aroma dan bau asli dari ikan masih menempel. Terkadang juga ikan yang kita nikmati terasa hambar dan pahit karena ada beberapa bagian ikan yang tidak dibuang atau lupa dibuang.

Cara Membersihkan Ikan Segar

Berikut beberapa tips yang dapat Anda dan mereka lakukan untuk membersihkan dan mempersiapkan ikan menjadi bahan makanan yang lezat dan berselera. Cara ini bisa digunakan terhadap beberapa jenis ikan laut dan ikan air tawar.

pisau-dan-talenan-kayu

Pisau dan Talenan Kayu sebagai alat pembersih ikan – pixabay.com

 

Persiapan alat

Persiapan alat dan bahan merupakan hal yang sangat penting sebelum kita memulai membersihkan ikan. Alat yang wajib dipersiapkan adalah pisau dan talenan.

Anda bisa memilih dari pisau set yang dikhususkan untuk membersihkan dan memotong ikan. Jika Anda tidak memiliki pisau set, Anda bisa menggunakan pisau yang sangat tajam yang dapat membersihkan sisik ikan dan membelah daging ikan.

Alat lain yang diperlukan adalah dasar atau alas untuk membersihkan dan memotong ikan. Pilih alas atau talenan yang berbahan dari kayu yang dapat menahan ikan untuk tidak berubah posisi saat dibersihkan. Penggunaan alas dari kayu juga bisa menjaga aroma ikan dari bahan kimia lain jika menggunakan talenan plastik.

Jika ingin praktis, bunda bisa menggunakan pembersih sisik ikan yang biasa dijual di supermarket. Alat ini bisa membersihkan sisik ikan dengan mudah dan bersih, selain itu alat ini tidak berbahaya dan cukup aman untuk digunakan.

Proses pembersihan ikan

Pada tahapan ini yang pertama Anda lakukan adalah membersihkan sisik ikan. Proses pembersihan sisik yang umum dilakukan adalah meletakkan pisau pada ekor dan menekan sisiknya kemudian tarik ke arah kepala ikan hingga sisiknya terlepas. Ulangi beberapa kali sampai sisiknya benar-benar bersih.

Pada jenis ikan tertentu yang memiliki sisik keras, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu pada campuran air panas dan 2 (dua) sendok makan jeruk nipis selama 5 (lima) menit. Dengan menggunakan cara ini maka sisik ikan yang keras akan mudah lepas.

Setelah membersihkan kulit ikan kemudian lanjut untuk membersihkan bagian dalam ikan. Bagian dalam dari ikan yang dibuang di antaranya adalah insang dan perut ikan terutama bagian empedu.

Caranya adalah dengan mengiris sedikit bagian perut ikan kemudian bersihkan dengan menggunakan jari Anda dan mengambil dan membersihkan insang.

Dalam proses pembersihan isi perut ikan yang perlu diperhatikan adalah empedu. Jangan sampai kantong empedunya pecah karena jika hal ini terjadi maka rasa daging ikan akan menjadi pahit.

Pencucian ikan

Setelah dibersihkan dari sisik dan kotorannya selanjutnya dilakukan proses pencucian ikan. Proses pencucian ikan berguna untuk membersihkan ikan dari sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

Cara mencucinya adalah dengan menggunakan air yang terdiri dari campuran air garam atau cairan lemon untuk menghilangkan bau amis yang tersisa. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus ikan dan sayuran yang biasanya dijual di pasar atau supermarket.

Cara lain adalah dengan menggunakan cairan hangat untuk mematikan bakteri atau kuman yang masih tersisa.

Usahakan setelah membersihkan ikan dengan cairan pembersih atau air hangat, jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan air yang mengalir seperti air keran. Agar sisa kotoran benar-benar hilang.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan ikan. Cara di atas dapat Anda lakukan terhadap ikan segar dan ikan beku. Terhadap ikan beku, Anda bisa mendiamkan sejenak 5 (lima) sampai 10 (sepuluh) menit sebelum membersihkan ikan. Semoga dapat membantu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *