Ini Dia Resep Bebek Madura Bumbu Hitam yang Bikin Merem Melek

Resep bebek madura bumbu hitam berikut merupakan pilihan dari resep terbaik Nusantara. Jika Anda belum pernah mencoba resep bebek rica-rica maka resep ini bisa menjadi alternatif rasa lain.

Resep bebek madura bumbu hitam ini menggunakan bahan-bahan yang sederhana, namun membuatnya tidak semudah bebek rica-rica karena warna hitam yang terbentuk dari resep ini karena bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan cukup lama. Penasaran? Mari kita intip.

Bebek, Hewan Liar yang Diternakkan

Bebek sedang berenang - pixabay.com

Bebek sedang berenang – pixabay.com

 

Bebek adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tak heran hewan dari jenis burung ini menjadi inspirasi bagi Walt Disney sebagai pembuat film kartun untuk membuat film kartun miliknya sendiri yang bersejarah Donald Duck.

Namun siapa sangka bahwa hewan yang sangat lucu dan menggemaskan apalagi jika melihat buntutnya yang berlenggak-lenggok ketika berjalan ini merupakan hewan yang tadinya liar.

Ya, bebek peking merupakan jenis bebek liar yang pertama kali diternakkan oleh bangsa Cina. Bebek jenis ini tidak bisa terbang karena memiliki sayap yang kecil.

Akan tetapi beberapa jenis dari famili bebek lain sanggup terbang bahkan sejauh 500 (lima ratus) km setiap harinya. Wow, warbyasah.

Hal unik lain dari bebek adalah bulunya. Bulu bebek sangat empuk. Tak heran jika bulu hewan ini digunakan sebagai bahan untuk membuat bantal dan sebagai pelapis selimut bagi kenyamanan tidur Anda. 🙁

Meskipun begitu, daging bebek juga terkenal dengan tekstur yang alot dan bau yang anyir jika dibandingkan unggas lain. Namun Anda bisa menghilangkan bau tersebut dengan cara membalur daging bebek dengan air jeruk nipis selama 30 menit, setelah itu membalurnya kembali dengan garam dan merica bubuk.

Bagian lain yang khas dari bebek adalah kakinya. Kaki bebek tidak memiliki syaraf dan pembuluh darah yang membuat bebek tidak dapat merasakan dingin dan panas yang berlebihan ketika berenang! Wow, warbyasah lagi..

Nah, saatnya kita mencoba membuat resep bebek madura bumbu hitam yang bikin Anda merem-melek gak karu-karuan. Selamat mencoba.

 

Bahan dan Cara Membuat Bebek Madura Bumbu Hitam

Hal yang perlu diperhatikan dalam resep bebek berikut adalah bebek yang ingin dimasak sudah terlebih dahulu dihilangkan bau amisnya dengan menggunakan tips yang disebutkan di atas.

Berikut beberapa bahan dan cara membuat resep bebek madura bumbu hitam yang bikin merem melek.

Bahan utama

1 ekor bebek, potong-potong sesuai selera, kukus dan buang airnya

15 lbr daun jeruk

2 btg daun serai

2 buah tomat iris

1 sdm asam jawa

2 sdm gula merah

500 ml minyak goreng

Bahan untuk bumbu yang dihaluskan

10 siung bawang merah

4 siung bawang putih

20 buah cabai rawit merah

5 buah kemiri

2 cm kunyit

Cara membuat bebek bumbu hitam

1. Campurkan semua bahan dan bumbu dalam wajan dan masak dengan menggunakan cara ungkep hingga matang, sambil sesekali di aduk.

2. Masak hingga bumbu mulai menghitam bukan gosong!

3. Jika sudah bumbu sudah mulai menghitam maka bebek madura bumbu hitam siap untuk dihidangkan.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasaknya secara bertahap. Contoh misalnya hari ini dimasak hingga matang, besoknya dilanjutkan lagi masaknya hingga bumbu terlihat hitam.

Itulah resep bebek madura bumbu hitam yang bisa menjadi alternatif hidangan bercita-rasa bebek lain yang bisa Anda coba di rumah. Anda juga bisa menambahkan takaran cabai rawit merah jika rasa yang dihasilkan kurang greget dan tidak bisa bikin merem-melek. 😀 Selamat mencicipi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *