Ini Dia Resep Ikan Mujair Kuah Kuning untuk Santap Malam

Anda pastinya sudah sering mencicipi resep dengan bahan utama ikan mujair. Entah itu digoreng, ditumis, dibakar, direbus dan lainnya.

Pada artikel ini kita akan mencoba resep yang tidak kalah enaknya yaitu ikan mujair kuah kuning.

Resep ikan mujair kuah kuning ini sangat sederhana dan mudah. Anda dapat dengan segera mencoba resep ini sekarang juga. Mari kita intip cara pembuatannya.

Ikan Mujair, Ikan Invasif dari Afrika

ikan-mujair-hasil-pancing

Ikan Mujair Hasil Pancingan – blogspot.com

 

Ikan mujair adalah ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa ikan dengan nama ilmiah Oreochromis Mozambicus ini aslinya adalah dari Afrika?

Penyebarannya di Indonesia pertama kali ditemukan oleh orang yang bernama Mujair di Muara Sungai Serang, Blitar dan sampai sekarang masih menjadi misteri bagaimana caranya ikan mujair ini sampai di Indonesia.

Bagi orang yang terbiasa dengan dunia ikan pasti sudah tau perbedaan ikan mujair dengan ikan nila. Namun bagi orang yang belum tau Anda pasti akan terkecoh dengan penampilan serupa tapi tak sama ini.

Cara membedakan ikan nila dengan ikan mujair adalah dengan melihat sirip ekor dan sirip punggung. Ikan nila dewasa memiliki garis-garis vertikal (tegak lurus) pada sirip ekor dan punggung. Sementara pada ikan mujair tidak terdapat garis-garis.

Dari segi bentuknya juga ikan nila lebih montok, tebal dan berisi daripada ikan mujair. Ukuran badan dari ikan nila juga lebih besar dari pada ikan mujair.

Ikan ini memiliki tingkat pertumbuhan yang relatif cepat ketika berusia muda, namun semakin menurun ketika beranjak dewasa. Ikan ini dapat berbiak setiap 45 hari.

Setiap kali berbiak, puluhan butir telur yang dibuahi akan dierami dalam mulut seekor betina dengan jangka waktu satu minggu hingga menetas.

Dengan demikian dalam waktu beberapa bulan saja populasi dari ikan ini akan meningkat dengan pesat. Ditambah lagi dengan kemampuan ikan mujair yang mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan ketersediaan makanan.

Sehingga ikan ini dianggap invasif dan menimbulkan masalah baru bagi perairan yang ditempatinya, seperti di Singapura dan California.

Resep Kuah Kuning Ikan Mujair

Berikut adalah resep ikan mujair kuah kuning yang dapat Anda coba bersama keluarga Anda.

Bahan utama:

4 ekor ikan mujair

6 lembar daun salam

8 butir cabai rawit merah

5 butir tomat ijo, potong kecil-kecil

1 sendok sayur minyak goreng

1 tangkai daun bawang, iris halus

5 lembar daun jeruk

5 cm lengkuas, digeprek

1 sdm lada

1 -2 sdm garam

1 sdt vetsin, msg

1 liter air putih

Bahan untuk bumbu halus:

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

6 butir kemiri

5 cm kunyit

5 cm jahe

Langkah-langkah membuat ikan mujair kuah kuning:

1) Cuci seluruh ikan mujair hingga bersih

2) Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan kunyit dengan menggunakan blender.

3) Bahan-bahan yang tadi telah dihaluskan, kemudian dikeringkan di atas wajan hingga airnya menyusut.

4) Setelah menyusut, tuangkan minyak goreng untuk menumis. Tumis seluruh bumbu yang ada di wajan.

5) Setelah matang, tuangkan air putih. Aduk hingga seluruhnya rata. Sambil mengaduk, masukkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

6) Masukkan ikan mujair ke dalam wajan.

7) Masukan bumbu kering meliputi garam, lada, dan vetsin. Masukkan juga cabai rawit merah, tomat ijo, dan daun bawang. Masak seluruh bahan hingga matang dan airnya mendidih.

8) Jika sudah matang, angkat dan dinginkan ikan mujair kuah kuning.

9) Ikan mujair kuah kuning siap untuk dihidangkan.

Resep ikan mujair kuah kuning bisa Anda terapkan sebagai menu andalan setiap hari atau saat acara-acara tertentu, seperti saat kumpul keluarga, pesta, dan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *