Ini Dia Resep Rica-Rica Daging Spesial Kurban

Gak terasa beberapa minggu lagi kita akan merayakan hari raya Kurban bagi umat muslim di seluruh dunia. Biasanya bunda masak apa? Sate? Gulai? Bagaimana kalo mencoba daging sapi rica-rica?

Resep daging sapi rica-rica ini sangat praktis. Selain itu rasanya juga tak kalah lezat dengan rica-rica bebek atau ayam. Penasaran dengan rasanya? Mari kita simak.

Berhati-hatilah dalam Memilih Daging di Pasar

daging-sapi-supermarket

Daging Sapi yang Dijual di Pasar – pixabay.com

 

Anda penyuka makanan olahan daging? Maka mulai sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsinya. Ulah dari para penjual yang nakal saat ini dengan mudahnya mencampur daging yang berkualitas buruk dengan daging yang berkualitas baik.

Daging yang berkualitas buruk jika dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, keracunan, sumber bibit penyakit dan masalah kesehatan lain.

Untuk itu perlu pengetahuan yang cukup dalam membedakan jenis daging yang baik dan sifat-sifatnya.

Daging sapi yang baik ciri-cirinya warna merah keunguan atau kecoklatan, serabut daging yang halus, sedikit berlemak, dengan memiliki bau dan rasa yang khas.

Daging kerbau memiliki warna yang lebih merah dari daging sapi, memiliki serabut daging yang kasar, lemaknya berwarna putih dan memiliki rasa dan aroma yang hampir sama dengan daging sapi.

Sementara daging kuda memiliki warna merah kecoklatan, memiliki serabut yang lebih kasar dan panjang, tidak ditemukan lemak diantara serabutnya.

Daging kambing berwarna merah muda namun sedikit pucat, memiliki lemak berwarna putih, struktur agak kenyal dan keras serta memiliki bau yang khas.

Daging ayam memiliki warna yang umumnya pucat, memiliki serat daging yang halus. Sementara untuk daging bebek memiliki tekstur yang lebih liat dan basah, serta memiliki aroma yang lebih amis dibanding daging unggas yang lain. Namun daging bebek tetap memiliki rasa yang lebih gurih.

Secara umum daging yang baik akan memiliki ciri-ciri seperti kenyal (padat) jika ditekan dengan jari, memiliki lemak diantara serat-serat otot, memiliki rasa dan aroma yang khas seperti daging kambing dan sapi yang tentunya sudah sangat familiar bagi yang sering memasak.

Jangan pula Anda terpengaruh dengan harga jika membeli daging di supermarket atau pasar tradisional. Harga yang tinggi belum tentu menjamin kualitas yang bagus demikian pula sebaliknya. Untuk itu perlu ketelitian dalam memilih dan mengolah daging.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri dari daging yang akan kita olah, selanjutnya mari kita mencoba berkreasi membuat resep daging bumbu rica-rica spesial kurban berikut ini. Selamat mencoba!

Resep Rica Rica Daging Spesial Kurban

Anda dapat membuat rica-rica daging sapi yang tidak kalah spesial dengan yang dibuat di restoran. Berikut resep daging rica-rica yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan utama:

500 gram daging sapi

2 cm jahe, dimemarkan

1 liter air

Bahan untuk bumbu:

¼ sdt lada

1 sendok makan air asam jawa

1 sendok makan kecap manis

1 sendok teh gula pasir

1 sendok teh garam

1 batang serai, memarkan

4 lembar daun jeruk, tanpa tulang daun

1 buah tomat, dipotong-potong

300 ml air kaldu

Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

1 cm jahe, memarkan

3 siung bawang putih

5 siung bawang merah

½ sdt terasi

4 buah cabai merah tanpa biji

3 buah cabai rawit

6 buah cabai merah keriting

Langkah-langkah membuat rica-rica daging sapi:

1) Cuci dan bersihkan daging sapi yang telah disiapkan.

2) Rebus daging sapi dalam air yang telah dicampurkan dengan jahe.

3) Setelah matang, angkat daging dan potong-potong sesuai selera. Potongan jangan terlalu besar agar bumbu mudah meresap ke dalam serat daging.

4) Tumis seluruh bahan bumbu halus ditambah dengan daun jeruk dan serai hingga berbau harum.

5) Ambil potongan-potongan daging sapi yang telah dipotong. Masukkan dalam tumisan bumbu halus. Tumis seluruhnya dan aduk hingga merata.

6) Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan air asam serta lada. Aduk semuanya hingga tercampur rata.

7) Tuangkan kaldu daging yang telah disiapkan sambil terus memasak di wajan hingga kuah kaldu mengental.

8) Masukkan irisan tomat. Masak semuanya hingga matang.

9) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

10) Rica-rica daging sapi telah siap dihidangkan.

Itu tadi resep daging rica-rica sedap yang bisa Anda coba. Sajikan makanan ini selagi hangat bersama dengan nasi putih, sayur, dan kerupuk. Anda juga bisa menggantinya dengan daging kambing atau daging lain. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *