Inilah 4 Cara Menjaga Dapur Agar Tetap Bersih dan Sehat

Dapur adalah seni dan menjadi bagian rumah yang sangat penting. Bahkan ada anggapan dalam masyarakat bahwa hidup sehat dimulai dari dapur yang sehat.

Dapur sehat, selain sebagai tempat memasak ikan rica-rica dan menyimpan makanan juga sering dijadikan sebagai tempat beraktifitas lain seperti tempat kumpul keluarga, sahabat, rekan kerja dan tempat bersantai.

Konsep dapur sehat seperti di atas saat ini sudah banyak diterapkan dalam hunian-hunian menengah bagi pekerja kaum urban yang banyak tinggal di perkotaan.

Akan tetapi, meskipun beberapa orang telah mendesain dapur dengan konsep dapur sehat, tetap saja dapur masih terkesan kotor dan kurang sehat.

Cara Praktis Memilih dan Menjaga Dapur Sehat

dapur-sehat

Dapur sehat – pixabay.com

 

Kesalahan dalam pemilihan alat dan perawatan yang kurang baik akan menyebabkan beberapa hal di atas. Berikut adalah beberapa tips dalam menjaga agar dapur bersih idaman Anda menjadi rapih, bersih dan sehat.

Pemilihan peralatan dapur yang baik

Rancangan awal dalam desain dapur sehat Anda sebaiknya memperhatikan hal ini. Jika hal ini tidak dipikirkan maka akan berakibat tidak efektifnya alat dan konsep dapur sehat Anda menjadi tidak terlaksana.

Peralatan dapur yang dimaksud di sini adalah semua alat-alat masak termasuk dengan tempat penyimpan bahan dan alat dan tempat untuk menyajikan hidangan.

Peralatan dapur yang penting antaranya kompor masak, rice cooker, microwave, wajan, panci, pisau dapur, lemari pendingin, rak piring, blender dan lainnya.

Pemilihan alat-alat di atas hendaknya memilih peralatan dapur yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas pada alatnya.

Bahan-bahan yang terbuat dari kaca dan keramik sangat mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas. Sehingganya saat ini alat-alat masak seperti panci sudah ada yang terbuat dari bahan kaca dengan teknologi tinggi.

Ada juga perusahan yang membuat pisau dapur dengan bahan dari keramik yang anti-karat dan tidak perlu dibersihkan cukup dicuci saja.

Meski begitu, alat-alat yang terbuat dari bahan teknologi tinggi tersebut saat ini harganya sedikit lebih mahal dari peralatan biasa.

Pemilihan perlengkapan pembersih

Konsep dapur sehat juga lebih memperhatikan kebersihan tempat dan alat-alat dapur. Perlengkapan pembersih yang umum digunakan adalah lap, spons dan cairan pembersih.

Sediakan minimal 3 (tiga) lap di dapur sehat Anda untuk kebutuhan ini. Lap untuk membersihkan meja, lap untuk mengeringkan dan membersihkan piring, sendok, garpu dan lap untuk mengangkat wajan dan panci.

Sementara untuk spons pilihlah spons yang dapat menyerap cairan dengan baik. Selain sebagai pencuci piring, spons juga bisa digunakan sebagai pembersih kompor dan lemari pendingin. Untuk itu sediakan lebih dari satu spons sesuai kebutuhan di dapur Anda.

Khusus untuk cairan pembersih disarankan yang memiliki fungsi selain sebagai pembersih juga memiliki fungsi desinfektan yang dapat membantai kuman-kuman.

Agar kebersihan dari dapur tetap terjaga sempurna Anda juga membutuhkan tempat sampah khusus untuk dapur. Pilihlah tempat sampah yang memiliki penutup agar bau sampah dapur tidak keluar dan mengundang lalat untuk hinggap.

Buanglah sampah secara teratur agar tidak terjadi penumpukan sampah. Disarankan untuk membuangnya di malam hari atau di waktu pagi.

Pembersihan secara rutin

Usahakan agar membersihkan peralatan dapur Anda segera setelah digunakan. Jangan membiarkan noda-noda menempel terlalu lama pada peralatan masak Anda baik itu wajan, panci, pisau dapur dan alat dapur yang terbuat dari elektronik lain.

Khusus untuk alat dapur yang terbuat dari elektronik  seperti blender, microwave, lemari pendingin dan lainnya Anda bisa membuat jadwal untuk membersihkan secara rutin seminggu sekali.

Sebelum membersihkan peralatan elektronik disarankan untuk terlebih dahulu membaca petunjuk pembersihan yang biasanya dilampirkan dalam box pembelian.

Pembersihan dan perawatan secara rutin dan berkala juga perlu Anda lakukan terhadap kompor. Selain menjaga agar api kompor tetap stabil dan teratur, perawatan alat ini juga bisa menghasilkan makanan yang higienis dan sehat.

Penyimpanan peralatan dapur

Hal yang terakhir yang dilakukan agar dapur tetap sehat adalah menyimpan alat-alat yang digunakan di dapur. Pilihlah tempat penyimpanan berupa rak atau lemari khusus untuk menyimpan.

Sebelum menyimpan alat-alat dapur seperti wajan, panci dan peralatan lain disarankan untuk membersihkan dan melapnya terlebih dahulu hingga benar-benar kering.

Selain berguna agar dapur lebih terlihat rapih dan bersih, penyimpanan alat-alat masak ini juga bisa menghindari bahaya yang bisa terjadi pada anak-anak Anda yang secara tidak sengaja bermain-main di dapur.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan di dapur agar tetap bersih dan sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *