Inilah 8 Langkah Mudah Bikin Nasi Bakar Ikan Peda Petai

Pernahkah Anda mencicipi nasi bakar? Jika belum, maka Anda bisa mencoba membuat sendiri resep nasi bakar ikan peda bumbu petai rasa pedas berikut.

Resep ini selain bergizi dan mengenyangkan karena berbahan dasar nasi, cara pembuatannya pun cukup mudah dan praktis. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Mari kita simak..

Petai, Si Bau yang Berkhasiat

petai-goreng

Petai goreng – wikimedia.org

 

Bagi banyak orang, bau petai yang hampir sama dan mirip-mirip dengan jengkol ternyata sangat tidak bersahabat. Beberapa orang bahkan bisa mual dan bahkan muntah jika mencium bau tanaman ini.

Akan tetapi bagi sebagian lain, ternyata mereka sangat memfavoritkan tanaman ini. Mereka akan merasakan nikmat yang luar biasa jika menyantap tanaman ini dengan cara direbus, makan mentah atau dengan cara dibakar seperti yang ada pada resep nasi bakar peda petai yang ada dalam artikel ini.

Petai yang oleh orang bule sono disebut dengan stinky bean memang memiliki bau yang menyengat. Bau ini ternyata berasal dari belerang yang terikat pada asam amino penyusun protein yang terdapat pada petai.

Bau ini juga bisa bertahan dalam mulut bahkan urine kita juga akan berbau menyengat dan tentu saja hal ini sangat tidak nyaman.

Namun ada beberapa cara yang ampuh untuk menghilangkan bau petai yang menyengat ini antara lain berkumur-kumur, menyikat gigi, minum kopi, minum susu dan memakan mentimun.

Petai sebagai bahan campuran makanan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai sumber energi, penambah darah (karena mengandung zat besi yang cukup tinggi), vitalitas kaum pria dan beberapa manfaat lainnya.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mencicipi rasa dari nasi bakar ikan peda petai ini silakan mencoba sendiri dengan mengikuti panduan berikut. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat resep nasi bakar peda petai rasa pedas

Berikut adalah bahan utama, bahan isi dan cara membuat nasi bakar ikan peda petai rasa pedas.

Bahan-bahan

500 gram beras, cuci bersih, tiriskan

800 ml santan

3 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

Garam secukupnya

6 batang daun kemangi, ambil daunnya

Daun pisang secukupnya

Bahan untuk isi

8 buah bawang merah, iris-iris tipis

4 siung bawang putih, iris-iris tipis

3 buah cabai hijau besar, potong serong

3 buah cabai merah besar, potong serong

10 buah cabai rawit

2 lembar daun salam

3 ruas jari lengkuas, memarkan

2 ekor ikan peda ukuran sedang, rendam, ambil dagingnya dan potong kecil-kecil

10 mata petai kupas, iris-iris tipis

25 ml air

1/2 sdt gula pasir

2 sdm minyak goreng

Cara membuat nasi bakar peda petai

1. Membuat bahan untuk isi: tumis bawang merah, bawang putih, semua cabai, salam dan lengkuas hingga tercium aroma harum. Tuang air, masukkan peda, petai dan gula. Masak hingga air habis. Angkat dan sisihkan.

2. Campur santan, daun salam, serai dan garam. Masak semua sambil diaduk hingga mendidih.

3. Masukkan nasi, masak sambil diaduk hingga santan habis.

4. Angkat dan kukus hingga matang selama 30 menit, angkat.

5. Campur nasi kukus dengan kemangi, aduk hingga rata. Bagi menjadi 8 (delapan) bagian.

6. Ambil daun pisang dengan ukuran yang sesuai, letakkan 1 (satu) bagian nasi diatasnya. Tambahkan adonan isi di atas nasi. Gulung dan padatkan kemudian bungkus seperti lontong.

7. Bakar nasi yang telah dibungkus daun pisang tadi di atas api sedang sambil sesekali bungkusnya dioles dengan minyak hingga beraroma.

8. Nasi bakar peda petai rasa pedas siap untuk disajikan sebanyak 8 (delapan) porsi.

Itulah resep nasi bakar peda petai. Cukup mudah bukan? Jika Anda tertarik membuka rumah makan, Anda bisa menjadikan resep ini sebagai menu utama rumah makan Anda. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *