Inilah 9 Ikan Laut yang Sering Diolah untuk Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

Perairan laut Indonesia sangatlah luas. Di perairan ini terdapat ratusan ribu jenis ikan yang sering dijadikan tangkapan nelayan atau para pemancing.

Beberapa hasil tangkapan biasanya diekspor, dijual atau dikonsumsi sendiri. Kami telah merangkum 9 (sembilan) jenis ikan laut yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia. Jenis ikan laut ini tidak termasuk hewan laut tanpa tulang belakang dan hewan bercangkang lain.

Jenis Ikan Laut yang Sering Diolah untuk Dikonsumsi

ikan-laut

Ikan Laut Segar – pixabay.com

 

Berikut beberapa jenis ikan laut yang sering diolah untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia:

Ikan Bubara

Ikan yang memiliki nama lain Ikan Kuwe atau Giant Trevally ini sangat unik. Ikan ini memiliki cita rasa yang khas, dengan kulit tebal dan daging yang lembut. Rasanya hampir mirip dengan ikan bawal namun lebih halus dan memiliki duri yang lebih sedikit.

Ikan Teri

Ikan ini paling banyak dijual dengan diasinkan. Mudah diolah dan disantap karena tidak perlu disiangi. Meski berukuran kecil, teri banyak mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Ikan Peda

Ikan peda adalah nama lain untuk ikan kembung yang diawetkan. Pengawetan ikan ini bisa dengan cara diasinkan atau dengan fermentasi. Proses fermentasi inilah yang membedakan dengan proses pengasinan biasa, sehingga rasa asin yang dihasilkannya pun tidak terlalu kuat.

Ikan Tongkol

Ikan ini merupakan ikan yang menjadi tangkapan penting bagi nelayan. Disukai oleh banyak orang karena memiliki daging yang tebal serta hampir tidak mempunyai duri di dagingnya. Nama lain ikan ini adalah ikan kawakawa, little tuna, mackerel tuna dan false albacore. Tongkol biasanya dijual dalam bentuk ikan segar, ikan beku dan dikalengkan. Juga sebagai ikan olahan yang dikeringkan, diasinkan atau dipindang.

Ikan Kakap Merah

Ikan ini menjadi favorit juru masak atau chef. Selain rasanya yang lezat, kakap merah juga mudah dipadupadankan dengan berbagai macam bumbu. Apalagi dagingnya yang tergolong tebal dengan duri yang berkumpul di bagian tengahnya.

Ikan Kakap Putih

Ikan ini memiliki jenis yang sama dengan kakap merah, hanya saja memiliki sisik yang berwarna putih. Beberapa orang menganggap bahwa ikan kakap putih rasanya tidak selezat dan senikmat ikan kakap merah. Cita rasanya pun kurang kuat.

Ikan Kerapu

Ikan laut ini termasuk jenis yang mulai langka. Daging ikan kerapu memiliki rasa yang lezat dengan daging yang tebal dan kulit yang cukup keras sehingga membuatnya tidak mudah hancur saat dimasak. Ikan kerapu populer digunakan dalam masakan China dan Eropa.

Ikan Tenggiri

Ikan ini memiliki kerabat yang dekat dengan ikan tuna, tongkol dan mackerel. Ikan tenggiri mempunyai tekstur yang mirip dengan ikan tongkol. Karena cita rasanya yang unik dan cukup kuat ikan ini sering digunakan sebagai campuran siomay, pempek dan juga berbagai macam kerupuk.

Ikan Tuna

Ikan ini mirip dengan ikan tongkol dan tenggiri. Daging yang terdapat dalam ikan tuna memiliki warna merah yang menjadi ciri khasnya. Daging ikan tuna juga lebih keras dan lebih padat, sehingga tidak heran harga ikan ini terbilang cukup mahal.

Itulah beberapa jenis ikan laut yang sering diolah untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beberapa jenis ikan laut ada yang mulai punah karena penangkapan besar-besaran yang dilakukan oleh nelayan asing yang secara ilegal masuk ke perairan Indonesia. Untuk itu kita harus menjaga keanekaragaman ikan laut ini agar tetap terjaga dan dilestarikan oleh bangsa kita sendiri.

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *