Inilah Cara Agar Cabai yang Baru Dibeli Tetap Terasa Kinyis-Kinyis

Mengolah dan memasak resep dengan bumbu rica-rica tentu sangat perlu dengan yang namanya cabai, cabai rawit dan sejenisnya.

Cabai, jika tidak dipilih dan disimpan dengan baik tentu mudah busuk dan tidak bisa digunakan kembali.

Hal ini dapat berpengaruh pada menu masakan yang telah Anda rencanakan jika cabai yang Anda simpan tidak bisa digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan di dapur Anda.

Cara mengawetkan cabai

Hal pertama yang diperhatikan adalah dalam memilih dan membeli cabai yang baru dari pasar. Pastikan Anda memilih cabai yang masih segar atau kinyis-kinyis.

cabai-segar

Cabai Segar – pixabay.com

 

Segarnya cabai dapat dilihat pada batang cabai yang masih menempel pada buahnya. Setelah membeli cabai, segera cuci cabai dengan air dan keringkan menggunakan kain kering.

Perlu diperhatikan dalam mencuci cabai untuk menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan karena rasa pedas cabai jika tidak terbiasa akan terasa membakar kulit tangan dan jangan sekali-kali menyentuh mata atau hidung setelah mencuci cabai. 😀

Jangan lupa untuk mengeringkan di udara terbuka hingga tidak ada sisa air yang menempel pada cabai. Air yang menempel pada cabai biasanya akan membuat cabai menjadi layu dan lama kelamaan menjadi busuk.

Wadah yang digunakan untuk mengeringkan cabai usahakan memiliki ventilasi yang bagus. Akan lebih baik jika menggunakan rak kawat yang memiliki ventilasi bawah sehingga lebih cepat kering.

Cara cepat untuk mengeringkan cabai bisa menggunakan oven yang diset pada suhu terendah selama beberapa jam.

Setelah itu simpan cabai yang telah kering benar tadi ke dalam wadah plastik yang tertutup rapat atau plastik transparan dan masukkan dalam kulkas.

Selain hal-hal di atas, hal-hal yang perlu dihindari dalam memilih dan menyimpan cabai yang baru dibeli adalah jangan pernah membeli cabai yang basah. Cabai basah akan lebih mudah busuk dibandingkan cabai yang masih kering.

Jangan membeli cabai yang sudah tidak ada batangnya atau mencabut batangnya jika belum ingin menggunakan cabai karena hal ini dapat mempercepat busuknya cabai.

Alternatif lain pengawetan cabai

Cara lain yang lebih rumit namun lebih tahan lama adalah pertama cabai yang baru dibeli dicuci bersih kemudian dikukus sampai aroma cabai keluar setelah itu diangkat.

cabai-yang-dijual

Cabai yang Dijual di Supermarket – pixabay.com

 

Setelah diangkat, jemur cabai yang telah dikukus tadi di panas matahari sampai mengering.

Jika cabai yang dijemur tersebut telah kering benar di panas matahari, dinginkan sejenak terlebih dahulu sebelum dibungkus dalam plastik transparan atau wadah yang tertutup rapat. Setelahnya simpan dalam kulkas.

Jika Anda melakukan cara ini dengan benar, maka warna cabai akan lebih merah dan saat menggiling cabai seperti menggiling kerupuk karena telah kering benar dengan sinar matahari.

Dengan cara ini bisa tahan selama beberapa bulan

Cara lain juga yang bisa dilakukan agar cabai bisa lebih awet dan tahan lama selama berbulan-bulan adalah dengan membekukan cabai dalam freezer. Pertama adalah dengan memilih cabai yang masih bagus.

Setelah itu masukkan dalam wadah plastik kedap udara atau yang sering disebut dengan plastic bag sealer. Anda bisa mendapatkan barang ini di supermarket-supermarket.

Jika menggunakan plastik yang kedap udara seperti ini maka cabai Anda akan tahan selama beberapa bulan. Dengan syarat jika telah menggunakan beberapa buah cabainya maka simpan kembali dalam wadah plastik kedap udara tersebut dan bekukan lagi.

Itulah beberapa cara agar cabai yang telah Anda beli bisa bertahan selama beberapa hari bahkan sampai beberapa bulan. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *