Inilah Cara Mengolah Lempah Ikan Bubara Khas P. Bangka

Resep lempa ikan bubara berikut menggunakan bahan yang sama dengan bubara bakar rica-rica pada artikel sebelumnya. Namun resep kali ini sedikit lebih asam karena menggunakan nenas sebagai bahan dasar pembuatan lempah.

Resep ini cukup bergizi dan sehat karena dengan menggunakan takaran sesuai resep maka akan dihasilkan energi sebesar 265 kkal dengan protein sebesar 27,3 gram namun kadar lemak hanya 3,5 gram saja. Cukup bergizi dan sehat bukan?

Lempah, Si Manis Asem Asin dari Pulau Bangka

lempah-kuning

Lempah Kuning – wikimedia.org

 

Lempah adalah kuliner berkuah khas asli dari daerah Bangka Belitung. Jika dilihat sepintas maka makanan ini hampir mirip dengan makanan berkuah berbahan ikan lain seperti sup seafood dan tom yam.

Yang sedikit membedakan dengan resep sup seafood adalah resep ini menggunakan nenas sebagai penambah cita rasa. Tentunya sangat segar dan sehat.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi daerah Bangka Belitung maka hampir di setiap rumah menggunakan resep ini sebagai makanan utama. “Tiada hari tanpa lempah” begitu kata orang-orang asli daerah tersebut.

Semua orang Bangka Belitung bisa membuat lempah bahkan kaum prianya sekalipun.

Seiring dengan perkembangan jaman maka saat ini telah banyak variasi lempah yang dihasilkan dan ada beberapa yang terkenal antara lain lempah kuning, lempah daret, lemah kulat dan lainnya.

Lempah kuning menggunakan bahan dasar kunyit yang membuat kuahnya berwarna kuning dengan tambahan berupa nenas atau irisan mangga muda. Sedangkan lempah daret menggunakan bahan sayur-sayuran seperti pucuk idat, akar keladi dan beberapa sayur lainnnya yang bercita rasa tinggi.

Sementara lempah kulat menggunakan bahan dasar berupa jamur (bahasa Bangka: kulat) dengan kuah santan, hampir mirip dengan bumbu kari.

Di pulau Bangka sendiri terdapat sebuah pohon langka yang disebut Pohon Pelawan (Cyanometra cauliflora) yang menjadi tempat satu-satunya yang disukai oleh jamur pelawan (kulat) untuk tumbuh.

Sehingga menyebabkan harga jamur ini menjadi sangat mahal karena sangat langka!

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi di atas maka saatnya kita mencoba sendiri dengan mengikuti panduan yang ada dalam artikel ini untuk membuat resep lempa ikan bubara. Selamat mencoba!

Bahan dan cara membuat lempa ikan bubara yang praktis

Berikut adalah bahan dan cara membuat lempa ikan bubara yang praktis dan hemat.

Bahan-bahan

1 ekor ikan bubara

1/2 buah nenas, potong-potong 4 (empat) bagian, iris 1 cm

1 batang serai, memarkan

3 lembar daun salam, remas-remas

2 lembar daun jeruk, remas-remas

800 ml air putih

Gula pasir secukupnya

Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

7 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabai merah

2 cm lengkuas

2 cm jahe

3 cm kunyit, bakar

5 butir kemiri, sangrai

1/2 sdt terasi

Garam secukupnya

Cara membuat resep lempa ikan bubara

1. Bersihkan ikan bubara, lumuri dengan jeruk dan garam selanjutnya goreng hingga matang, angkat dan tiriskan.

2. Didihkan air, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, serai, daun salam dan daun jeruk.

3. Bumbui dengan gula, garam dan nenas kemudian masak hingga nenas terasa lunak.

4. Setelah itu masukkan ikan yang telah digoreng ke dalam campuran bumbu tadi dan masak hingga bumbu meresap dan matang.

5. Lempah ikan bubara siap untuk disajikan bersama nasi hangat.

Itulah cara praktis membuat resep lempa ikan bubara rasa pedas yang bisa Anda hidangkan bersama nasi hangat. Menikmati masakan ini lebih pas jika ditambahkan pelengkap berupa lalapan mentimun dan sedikit krupuk. Bagaimana, cukup menggiurkan bukan? Nah, selanjutnya terserah Anda. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *