Inilah Cara Praktis Bikin Fillet Ikan Kakap Bumbu Rica-Rica Asin

Resep fillet kakap bumbu rica-rica asin berikut ini bisa menjadi menu favorit keluarga Anda. Rasanya yang pedas dan asin bisa menjadi penambah energi saat sarapan.

Resep fillet kakap bumbu rica-rica asin ini bisa menghasilkan energi sebesar 1.260 kkal, sangat cukup bagi Anda yang sibuk bekerja dan yang memiliki aktifitas ekstra.

Fillet, Lebih Mudah Diolah dan Praktis

Fillet Ikan Air Tawar - wikimedia.org

Fillet Ikan Air Tawar – wikimedia.org

 

Fillet adalah jenis pengolahan daging ikan dengan memotong daging ikan secara memanjang mengikuti tulang ikan.

Sebelum ikan tersebut dipotong secara fillet, terlebih dahulu isi perut dan sisik ikan dibersihkan. Kadangkala juga fillet ikan disebut dengan daging tanpa tulang.

Sampai saat ini tidak ada informasi yang valid tentang siapa atau negara mana yang menemukan teknik fillet ini. Namun, yang pasti dengan menggunakan fillet ikan maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Keuntungan dengan menggunakan fillet ikan adalah memasak bisa lebih cepat dan menyantap ikan pun tidak terganggu oleh tulang ikan. Tekstur tulang yang terdapat dalam fillet ikan adalah salah satu ciri jika mereka ingin membeli fillet di supermarket.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini pabrik-pabrik yang memproduksi fillet ikan tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk memotong ikan namun telah menggunakan tenaga mesin.

Jenis ikan yang dapat dijadikan fillet adalah ikan yang memiliki tekstur daging yang kenyal seperti ikan salmon, ikan kakap, ikan nila, ikan tuna dan beberapa ikan zona pelagik lain.

Pengolahan fillet ikan ini juga biasa digunakan oleh pabrik-pabrik pengawetan dan pengasinan ikan karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah daging yang diawetkan tidak akan terkontaminasi dengan tulang yang masih tersisa.

Di negara tertentu seperti Jepang, Korea dan China mereka lebih menyukai fillet segar dengan jenis ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna dan disantap mentah dibandingkan dengan fillet beku.

Saatnya menyiapkan alat dan bahan-bahan untuk membuat resep fillet ikan kakap rica-rica asin yang sehat dan mengenyangkan. Selamat mencoba!

Resep fillet kakap rica-rica asin

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat fillet kakap rica-rica asin yang bisa membangkitkan semangat kerja di pagi hari.

Bahan-bahan fillet kakap:

300 gram kakap fillet, potong dadu

3 siung bawang putih, cincang saja

3 buah cabai merah keriting, dicincang juga

50 gram cabai rawit, cincang kasar aja deh

1 sdt daun seledri diperas

¼ sdt garam dapur

100 ml air es, untuk pencelup daging fillet

1 sdt minyak, untuk menumis

Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk pelapis fillet diaduk rata:

150 gram tepung terigu

50 gram tepung maizena

¼ sdt baking powder

½ sdt merica bubuk

½ sdt garam dapur

Cara membuat fillet kakap rica-rica

1. Bahan pelapis dicampur dan diaduk rata.

2. Gulingkan fillet kakap ke dalam campuran bahan pelapis, celupkan ke dalam air es, gulingkan lagi ke campuran pelapis lalu goreng hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

3. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabai merah keriting hingga tercium aroma harum.

4. Tambahkan daun seledri, garam dan fillet kakap yang sudah digoreng.

5. Aduk-aduk rata hingga matang. Angkat dan sajikan.

6. Fillet ikan kakap bumbu rica-rica asin siap untuk disajikan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara praktis bikin fillet kakap rica-rica asin. Selain dapat menghasilkan energi yang cukup besar, fillet ikan kakap rica-rica asin ini memiliki protein sebesar 77 gram untuk setiap sajian mengikuti resep.

Jadi, tunggu apa lagi segera buat dan nikmati resep fillet ikan kakap rica-rica asin ini bersama keluarga Anda. Selamat menikmati!

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *