Inilah Manfaat dan Resep Asam Pedas dari Ikan Kakap Merah

Anda pernah mencoba resep gulai kepala ikan kakap merah? Bagaimana jika kita mencoba dengan variasi hidangan asam pedas ikan kakap merah seperti yang akan disajikan dalam artikel berikut ini. Yuk, kita intip.

Resep asam pedas dari ikan kakap merah menggunakan ikan kakap merah sebagai bahan dasarnya. Anda dapat dengan mudah memperoleh ikan kakap merah di supermarket atau di pasar tradisional yang terdekat di kota Anda.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda dapat bersama dengan keluarga tercinta Anda untuk menyiapkan resep asam pedas ikan kakap merah ini.

Manfaat dari Kandungan Gizi Ikan Kakap Merah

ikan-kakap-merah-beku

Ikan Kakap Merah Beku – pixabay.com

 

Siapa yang tidak mengenal ikan kakap? Ikan yang hidup berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang ini memiliki tekstur daging yang lembut, gurih, serta memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Ikan yang oleh orang Jawa disebut bambangan ini banyak diolah menjadi beberapa menu di antaranya ikan kakap merah bumbu rica-rica, ikan kakap merah asam pedas dan beberapa menu yang tentunya sangat menggugah selera.

Selain itu, ikan ini juga mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Beberapa kandungan gizi yang dimiliki ikan kakap meliputi:

Selenium
70% dari 100 gram berat ikan kakap merah mengandung selenium yang direkomendasikan kepada dewasa dengan diet 2.000 kalori.

Selenium ini memiliki fungsi mendukung kinerja sel darah putih dan diperlukan untuk kinerja kelenjar tiroid agar dapat berfungsi dengan benar.

Kandungan gizi selenium ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah senyawa radikal bebas yang berpotensi merusak DNA lalu menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti rheumatoid arthritis, kanker, dan penyakit jantung.

Kekuatan selenium dalam kakap merah ini meningkat ketika dikombinasikan dengan sumber vitamin E seperti asparagus, kentang manis atau gelap, sayuran hijau seperti bayam, bit hijau atau kale.

Vitamin A
Setiap 3 ons sajian ikan kakap merah yang dimasak memberikan 14% vitamin A dari kebutuhan yang direkomendasikan untuk wanita dewasa dan 10,8 persen bagi seorang pria.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, produksi dan pemeliharaan tulang dan kesehatan kulit dan mata, berperan dalam sel reproduksi dan diferensiasi, menurunkan risiko terkena gangguan mata seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia.

Kalium
Ikan kakap merah mengandung 444 miligram, atau 9.4% dari kebutuhan harian akan kalium dengan porsi 3 ons daging kakap merah.

Kalium merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi dan untuk kesehatan jantung dan rangka otot untuk berkontraksi dengan baik.

Diet yang tidak memiliki kadar kalium yang memadai dapat meningkatkan resiko terkena stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan batu ginjal.

Omega 3 Asam Lemak
Ikan kakap merah mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak dalam setiap porsi 100 gram.

Konsentrasi asam lemak omega-3 kurang lebih sama dengan jumlah yang disediakan dengan porsi 3-ons udang, lele, kepiting atau kerang.

The American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 secara teratur secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah) dan kolesterol tinggi.

AHA juga merekomendasikan bahwa orang dewasa dan wanita yang tidak hamil sebaiknya mengkonsumsi 3,5 ons ikan yang dipanggang atau dibakar debanyak dua kali seminggu.

Resep Ikan Kakap Merah Asam Pedas Sehat Bergizi

Mengetahui berbagai manfaat dari kandungan gizi yang ada dalam ikan kakap merah, kini saatnya Anda untuk bereksperimen memasak ikan kakap merah dalam balutan saus asam pedas yang menggugah selera makan.

Bagaimana cara membuatnya? Yuk kita simak resep ikan kakap asam pedas berikut ini.

Bahan utama:

2 ekor ikan kakap

3 buah jeruk nipis (1 untuk penghilang amis, 2 untuk kuah)

1 batang serai

3 lembar daun jeruk

1 butir tomat hijau

1 butir tomat merah

1 ruas jari jahe

4 biji cabe rawit merah

Garam, merica dan gula pasir secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

3 siung bawang merah

3 siung bawang putih

5 biji cabe merah keriting

2 ruas jari kunyit

1 biji ketumbar

1/4 sdt kemiri

Cara membuat resep ikan kakap merah asam pedas:

1) Bersihkan dan bagi ikan menjadi 3 bagian.

2) Lumuri daging ikan kakap merah dengan perasan air jeruk nipis.

3) Siapkan bumbu halus.

4) Panaskan minyak di atas wajan. Masukkan bumbu halus lalu tumis hingga beraroma harum.

5) Masukkan batang serai yang sudah dimemarkan, jahe yang sudah diiris tipis, daun jeruk, aduk hingga harum dan tercampur, lalu tambahkan air.

6) Masukkan ikan, masak sampai air mendidih.

7) Tambahkan potongan tomat dan cabe rawit merah.

8) Terakhir bumbui dengan garam, merica dan gula bubuk sesuai selera.

9) Ikan kakap asam pedas telah matang dan siap disajikan!

Bagaimana? Cukup mudah bukan berkreasi dengan ikan kakap merah asam pedas. Anda dapat menghidangkan menu dengan nasi hangat. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *