Inilah Menu Ikan Salmon Bumbu Rica Rica

Siapa yang pernah mencicipi resep dari olahan ikan salmon? Ikan ini banyak diolah di rumah makan Jepang menjadi sashimi salmon. Ikan ini juga sangat mudah ditemukan di pasar modern dalam bentuk daging segar, beku maupun dalam bentuk kalengan. Tapi pernahkah Anda mencoba ikan salmon rica-rica?

Resep ikan salmon rica-rica dapat Anda gunakan sebagai menu harian keluarga. Selain lezat, kandungan gizi dalam ikan salmon ini dapat meningkatkan kesehatan keluarga Anda. Ingin mencoba? Yuk, baca terus artikelnya.

Manfaat dari kandungan gizi ikan salmon bagi kesehatan

salmon-merah-segar

Daging salmon merah segar – pixabay.com

 

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Manfaat ikan banyak didapatkan bila dikonsumsi secara rutin.

Ikan merupakan panganan yang baik dikonsumsi setiap hari karena kandungan lemaknya merupakan lemak tak jenuh, membuat organ pencernaan kita lebih mudah untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang terkandung dalam ikan.

Bicara ikan salmon tentunya kita bisa dengan mudah mendapatkan ikan ini dalam pasar modern atau supermarket dalam bentuk ikan segar yang sudah siap untuk dimasak.

Menurut hasil penelitian para ahli, ikan salmon memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Ikan ini mengandung omega 3, protein kualitas tinggi, asam amino, Vitamin A, D, B6, B dan E dan beberapa kandungan mineral lain seperti kalsium, zat besi, seng, magnesium dan fosfor.

Kandungan gizi dan mineral yang sangat tinggi ini menjadikan ikan salmon menjadi menu favorit bagi beberapa negara.

Bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland yang memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah ini ternyata sangat hobi mengkonsumsi ikan salmon sekitar 100 hingga 200 gram setiap harinya. Ini artinya manfaat asam Omega-3 dari ikan salmon ternyata bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Sangat luar biasa.

Ikan ini juga memiliki kalori yang sangat rendah. Ikan dikenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta memiliki asam amino esensil maupun non esensil dengan daya aborpsi yang tinggi yakni sekitar 90 hingga 100 persen.

Orang yang rutin mengonsumsi ikan ini cenderung memiliki resiko rendah untuk terkena ancaman penyakit kolesterol. Selain meningkatkan kesehatan jantung, Anda juga perlu mengetahui bahwa ikan salmon mempunyai banyak manfaat bagi tubuh antara lain meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak, menjaga kesehatan mata, baik untuk tulang, dan dijadikan sebagai imun tubuh.

Ikan salmon yang beredar di pasaran dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena rasanya yang lezat dan mengandung banyak zat gizi yang berguna untuk tubuh. Untuk menjaga agar kandungan gizi, mineral dan protein dari ikan salmon tetap terjaga, Anda dapat melakukan beberapa tips menyimpan ikan laut.

Resep ikan salmon segar bumbu rica-rica

Ikan salmon termasuk bahan makanan yang mudah dimasak dalam berbagai bentuk dan teknik memasak. Kali ini Anda bisa mencoba resep bumbu rica-rica ikan salmon yang tentunya akan menggugah selera makan.

Bahan utama:

7 siung bawang merah, iris tipis

500 gram ikan salmon panggang

5 lembar daun jeruk, buang tulang

2 batang serai, memarkan

Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

20 buah cabai merah keriting

2 jahe, kupas

Merica hitam bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat rica-rica ikan salmon:

1. Cuci ikan salmon hingga bersih. Potong-potong sesuai dengan selera.

2. Oleskan bawang putih dan garam pada ikan salmon. Diamkan kurang lebih selama 15 menit hingga bumbu meresap.

3. Panaskan minyak goreng untuk menggoreng ikan.

4. Goreng ikan salmon hingga kering dan matang. Kemudian angkat dan sisihkan.

5. Panaskan minyak goreng untuk menumis.

6. Masukkan bawang merah, daun jeruk, serai, dan seluruh bumbu halus. Tumis hingga tercium aroma harum.

7. Masukkan ikan salmon yang telah digoreng. Campur dan aduk hingga matang dan bumbu meresap.

8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

9. Rica-rica ikan salmon siap untuk disajikan.

Itulah resep bumbu rica-rica ikan salmon yang dapat Anda jadikan menu sehari-hari bersama keluarga. Sajikan bersama dengan nasi putih dan makanan pendamping seperti sayur, kerupuk, dan bawang goreng. Happy cooking.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *