Inilah Panduan Mengukur Takaran Resep dengan Benar

Bagi beberapa orang, menyiapkan resep ikan rica-rica kadang lama bahkan sampai lebih dari 30 (tiga puluh) menit.

Ini diakibatkan karena menyiapkan takaran atau ukuran dalam resep yang tidak dipahami dan bahkan tidak tahu seperti apa bentuknya.

Jika belum terbiasa memasak maka ukuran atau takaran resep memang membingungkan. Hal ini berakibat pada rasa masakan yang tidak sesuai, terkadang menjadi terlalu asin atau hambar.

Panduan Mengukur Takaran Resep dengan Benar

timbangan-digital

Timbangan Digital – pixabay.com

 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar ukuran dari bahan-bahan resep tidak jauh banget dari ukuran resep yang asli.

Menggunakan timbangan

Penggunaan timbangan merupakan cara yang bisa dilakukan agar ukuran dan takaran resep menjadi pas.

Timbangan digunakan untuk resep yang memakai berat sebagai ukuran. Dalam memilih timbangan, pastikan yang memiliki ketepatan presisi dan variasi satuan yang populer digunakan dalam resep.

Contoh misalnya miligram, gram, kilogram, ons dan lainnya.

Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi sudah ada bentuk timbangan digital selain dari timbangan analog yang sering kita lihat di warung-warung. Keuntungan dari timbangan jenis ini adalah biasanya bentuknya yang tipis dan ringan sehingga tidak memakan tempat dalam menyimpan.

Keuntungan lain timbangan ini adalah tingkat ketelitian yang bisa diatur sesuai keinginan.

Menggunakan sendok takaran atau gelas ukur

Menggunakan sendok takaran merupakan cara yang cukup praktis dan cepat. Anda cukup menggunakan sendok sesuai ukuran yang diinginkan.

Cara ini biasanya untuk ukuran resep yang memakai volume sebagai ukuran. Contoh misalnya ml (milli liter), liter, gallon, pints, cc (centimeter cubic) dan lainnya. Biasa juga volume diukur dengan menggunakan sendok makan atau sdm (tablespoon) dan sendok teh atau sdt (teaspoon).

Jika ingin membeli sendok takaran, pastikan untuk membeli sendok yang memiliki banyak variasi ukuran.

Penggunaan sendok takaran memerlukan sedikit ketelitian karena jika salah dalam memilih sendok maka rasa yang dihasilkan menjadi hancur. Dan ingat untuk selalu meratakan bagian atas sendok takaran jika ingin menggunakan.

Menggunakan tabel konversi

Tabel konversi digunakan bagi bunda yang ingin mencoba resep-resep dari negeri seberang. Seperti resep italia, jepang, perancis dan lainnya.

Biasanya resep dari negara lain itu menggunakan ukuran yang kurang familiar di telinga kita. Contoh misalnya quart, pints, oz, lbs, inch dan lainnya.

Resep mereka juga biasanya menggunakan suhu atau temperatur oven dengan derajat Fahrenheit. Dan hal ini kadang menyebabkan banyak kesalahan dari beberapa orang yang mencoba.

Untuk itu pastikan selalu untuk menggunakan tabel konversi jika ingin memasak dengan referensi resep dari luar.

Penggunaan tabel konversi juga biasanya dilakukan jika ingin membuat resep dalam ukuran yang ekstra atau banyak.

Menggunakan perbandingan ukuran

Penggunaan perbandingan maksudnya adalah dengan terlebih dahulu melakukan pengukuran sederhana terhadap alat-alat dan bahan-bahan yang ada dalam dapur Anda.

Contoh misalnya untuk 1 (satu) cup atau cangkir bisa diisi dengan 16 (enam belas) sendok makan gula pasir atau 1 (satu) sendok makan gula pasir jika dikonversi berat menjadi 13 (tiga belas) gram.

Anda bisa mencoba mengukur ini kemudian mencatatnya dan menjadikan sebagai patokan Anda dalam membuat resep.

Hasilnya memang nanti akan berbeda-beda di setiap rumah namun jika Anda punya ketelitian maka rasa yang dihasilkan nanti pasti pas.

Itulah beberapa cara yang bisa bunda gunakan dalam melakukan pengukuran terhadap resep agar tidak berbeda jauh dengan ukuran resep yang asli. Sering-sering praktek masak dapat menambah pengalaman bunda dalam membuat masakan sesuai ukuran resep. Semoga dapat membantu.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *