Inilah Resep Cabai Goreng Isi Kornet Kinyis-Kinyis

Satu lagi olahan makanan dalam kaleng lain selain sarden yaitu kornet. Resep cabai goreng isi kornet ini termasuk dalam resep cepat saji yang dapat Anda buat dengan waktu tidak kurang dari 15 menit saja.

Cabai goreng isi kornet cocok sebagai sarapan yang pas bagi kaum urban yang super sibuk.

Selain cara penyajiannya yang super cepat, rasa pedasnya juga dapat menambah gairah kerja di pagi hari. Anda penasaran? Yuk, kita intip cara mainnya.

Kornet, Teknik Pengawetan Daging Sapi Asal Irlandia

Daging kornet atau dalam bahasa Inggris sering disebut corned beef adalah makanan olahan yang dibuat dari daging sapi yang diawetkan dan direbus.

Bagian daging sapi yang sering digunakan sebagai kornet adalah bagian daging sapi yang mengandung serat memanjang seperti brisket (atau sering disebut sandung lamur).

Sandung lamur adalah bagian dada bawah sapi sekitar kaki depan sapi. Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak dan sering digunakan untuk masakan Asam Padeh khas Minang.

Tujuan dari pembuatan kornet adalah untuk mendapatkan daging sapi yang awet, praktis dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini berkaitan dengan kondisi dan budaya bangsa Irlandia, negara kornet berasal. Dimana di negara tersebut pada abad ke-12, kegiatan pemotongan sapi hanya dilakukan jika ternak sudah tak lagi menghasilkan susu atau tidak mampu lagi bekerja di ladang-ladang.

Akibatnya daging sapi menjadi hidangan atau makanan yang berharga dan tidak habis sekaligus sehingga mau tidak mau daging sapi tersebut harus diawetkan untuk bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Lambat laun kebiasaan mengawetkan daging sapi dalam kaleng ini dibawa oleh bangsa Irlandia bahkan sampai terkenal di Amerika karena banyaknya gelombang pengungsi Irlandia ke Amerika (jadi ingat film Titanic 😀 )

Nama kornet sendiri berasal dari bahasa Inggris corned yang berarti butiran garam. Dan pada prakteknya teknik pengawetan saat itu yang paling populer adalah dengan menggunakan butiran garam.

Namun sebagai bahan makanan yang diawetkan apalagi dalam kaleng, tentunya Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk kornet yang ingin Anda olah.

Pastikan Anda membaca dengan baik tanggal kadaluarsa dari produk kornet. Jangan sampai karena hanya ingin praktis malah masuk ruang kritis.

Saatnya menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat masak bunda untuk membuat resep cabai goreng isi kornet praktis dan bergizi tinggi ini. Selamat mencoba!

Cabai goreng isi kornet cara urban

Berikut ini adalah bahan utama dan cara membuat cabai goreng isi kornet kinyis-kinyis.

Bahan utama:

15 buah cabai merah besar

250 gram kornet sapi

2 butir telur ayam

250 ml minyak goreng

Bahan untuk bumbu:

6 siung bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

1 sdt kayu manis

1 sdt cengkeh bubuk

1 sdt pala bubuk

Garam secukupnya

¼ sdt merica

Cara membuat cabai goreng isi kornet:

1. Cabai merah besar dibelah 2 (dua) buang isinya.

2. Campur kornet sapi dengan bahan bumbu dan 1 (satu) butir telur. Aduk sampai tercampur merata.

3. Isikan campuran kornet sapi dengan bahan bumbu tadi ke dalam cabai yang telah dibelah 2 (dua).

4. Kocok lepas sisa telur dan celupkan cabai yang telah diisi kornet tadi ke dalam telur.

5. Goreng cabai hingga kecoklatan dan matang.

6. Cabai goreng isi kornet siap disajikan.

Itulah cara membuat cabai goreng isi kornet kinyis-kinyis yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan sebagai pelengkap hidangan ini. Selamat mencicipi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *