Intip Yuk, Cara Membuat Ikan Gurami Bumbu Rica-Rica

Anda yang masih penasaran dengan resep rica-rica ikan air tawar bisa mencicipi resep pedas yang satu ini. Ikan gurami goreng bumbu rica-rica.

Resep rica rica ikan gurami ini dapat Anda coba sendiri di rumah atau bersama kenalan Anda. Bahan yang mudah didapat serta cara pembuatan yang mudah menjadikan resep ini menjadi idola bagi beberapa orang yang telah mencobanya. Penasaran? Mari kita intip rahasia dapur mereka.

Ikan Gurami, Asli Indonesia yang Doyan Ciuman

Ikan Gurami - budidaya-ikan.com

Ikan Gurami – budidaya-ikan.com

 

Ikan gurami merupakan ikan asli perairan Indonesia yang sudah menyebar ke wilayah Asia Tenggara dan Cina. Ikan ini semula menyebar di pulau-pulau Sunda Besar (Jawa, Sumatra dan Kalimantan).

Ciri-ciri ikan ini adalah memiliki warna tubuh kemerah-merahan atau abu-abu. Ikan ini mudah dikenali dengan melihat pada dahinya yang membengkak tidak teratur.

Ikan gurami juga disebut sebagai ikan labirin, karena ikan ini memiliki organ unik dalam tubuhnya berbentuk seperti labirin yang berguna untuk menyerap oksigen dari udara secara langsung.

Dengan bantuan labirin tersebut maka ikan gurame dapat hidup bahkan dalam kondisi air yang buruk atau kandungan oksigen yang kurang.

Ikan gurami juga termasuk jenis ikan yang gemar bertarung untuk memperebutkan daerah kekuasaan. Ketika melihat ikan sejenis masuk ke wilayah yang dianggap miliknya maka ikan ini tidak segan-segan berkelahi satu sama lain.

Ikan ini oleh beberapa orang dipelihara sebagai ikan hias dalam aquarium. Namun karena sifatnya yang gemar bertarung ini maka dalam pemeliharaannya ikan gurami seringkali dipelihara pada ruang terpisah atau juga diberi pembatas.

Ada juga jenis ikan gurami yang dinamakan Kissing Gouramy yang apabila bertemu maka mereka akan berciuman. Apa? Berciuman? Entah apa yang dilakukan tapi ketika bertemu maka ikan tersebut akan menempelkan bibirnya hingga nampak seperti berciuman. Maaf ya, bagi yang jones.. 😀

Resep rica-rica ikan gurami lezat

Berikut resep rica-rica ikan gurami yang dapat Anda coba terapkan dalam menu sehari-hari.

Bahan utama:

1 ekor gurami ukuran sedang, dikerat-kerat

3 siung bawang putih, dihaluskan

½ sendok teh merica bubuk

½ sendok teh ketumbar bubuk

½ sendok makan air jeruk lemon

¾ sendok teh garam

Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk bumbu:

5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya

2 buah jeruk limau, ambil airnya

1 buah (30gram) tomat, potong-potong

2 batang serai, dimemarkan

1 cm jahe, dimemarkan

½ sendok teh gula pasir

¾ sendok teh garam

75 ml minyak goreng

Bahan untuk bumbu halus:

6 butir bawang merah

8 buah cabai merah keriting

4 buah cabai merah besar

8 buah cabai rawit merah

Langkah-langkah membuat rica-rica ikan gurami:

1) Bersihkan ikan gurami yang telah dikerat-kerat

2) Lumuri ikan gurami dengan air jeruk lemon, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan bawang putih bubuk. Kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit.

3) Panaskan minyak goreng

4) Masukkan ikan gurami. Goreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

5) Panaskan minyak goreng untuk menumis

6) Tumis semua bumbu halus ditambah dengan daun jeruk, serai, jahe, dan tomat sampai harum.

7) Tambahkan garam dan gula pasir sebagai penyedap rasa. Tambahkan juga air jeruk limau. Campur dan aduk rata seluruhnya.

8) Campurkan saus pada ikan gurami yang tadi telah digoreng. Gurami goreng rica-rica siap untuk dihidangkan.

Resep rica-rica ikan gurami di atas dapat dibuat menjadi empat porsi jika Anda menggunakan bahan-bahan dan bumbu yang sesuai.

Anda juga bisa membuat variasi dengan cara menambahkan atau mengurangi bahan-bahan, seperti menambah cabai jika Anda penyuka makanan pedas. Sebagai saran, gunakan api sedang saat menggoreng ikan gurami, agar matangnya bisa sempurna. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *