Mari Berkreasi dengan Telur Rica-Rica Saus Tiram Praktis

Anda sedang mencari panduan untuk membuat rica-rica telur saus tiram? Anda dapat mengikuti petunjuk praktis yang ada dalam artikel ini.

Resep rica-rica telur saus tiram ini mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi.

Jika mengikuti panduan ini secara benar maka Anda akan mendapatkan makanan olahan yang mempunyai energi sebesar 459 kkal. Penasaran seperti apa rasa dan khasiat dari resep ini? Yuk, kita intip cara membuatnya.

Tips Memilih Telur yang Baik

Telur Ayam - pixabay.com

Telur Ayam – pixabay.com

 

Telur adalah salah satu sumber energi yang berasal dari hewan selain daging dan ikan yang biasanya diolah sebagai bahan makanan dan juga sebagai obat-obatan.

Pada umumnya semua telur dapat dikonsumsi terutama telur yang berasal dari hewan jenis burung seperti burung puyuh, ayam, bebek dan angsa.

Telur lain yang biasa dikonsumsi adalah telur burung unta, telur burung maleo dan telur penyu yang mempunyai ukuran sedikit lebih besar dari telur ayam atau bebek.

Dalam bahasa ilmiah disebutkan bahwa telur merupakan zigot dalam tubuh hewan yang diproses melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi untuk memelihara dan menjaga embrio dari hewan. Oleh sebab itu, telur mengandung kandungan gizi dan nutrisi yang cukup lengkap seperti karbohidrat, protein dan beberapa asam amino.

Nutrisi yang cukup lengkap ini tentu saja penting bagi pertumbuhan dan regenerasi sel, terutama terhadap anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Agar kandungan nutrisi yang lengkap tersebut dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh maka kita harus pandai memilih beberapa telur yang berkualitas baik jika Anda memilih untuk membeli telur di pasar.

Terkadang penjual di pasar-pasar tradisional mencampur beberapa telur yang berkualitas baik dengan yang tidak baik. Hal ini tentunya sangat merugikan pembeli.

 

Tips Memilih dan Membeli Telur di Pasar

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih telur yang berkualitas baik.

a. Pastikan untuk memilih telur yang secara visual masih terlihat baik seperti kondisi cangkang yang tidak retak, bersih dari kotoran, warna yang tidak terlalu pucat atau terlalu gelap, bentuk yang lonjong tidak terlalu pipih atau tidak terlalu bulat.

b. Anda juga dapat melakukan tes terhadap telur dengan cara merendamnya dalam air. Jika telur tersebut tenggelam berarti telur dalam keadaan normal, sebaliknya jika mengapung maka telur dalam keadaan busuk.

c.  Dalam hal bau, maka telur yang baik tidak berbau busuk.

Jika Anda melakukan hal ini maka dengan mudah Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan berbahan telur.

Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus, menggoreng atau bahkan memakannya mentah. Menggorengnya pun bisa dengan cara goreng dadar atau goreng ceplok seperti yang ada dalam resep rica-rica telur ceplok berikut ini.

Resep rica-rica telur ceplok saus tiram

Berikut adalah bahan utama dan cara membuat rica-rica telur ceplok saus tiram.

Bahan utama:

5 butir telur, digoreng ceplok

1 sdm saus tiram

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

¼ sdt merica bubuk

2 sdm minyak goreng

200 ml air

Bahan bumbu untuk diiris

2 siung bawang putih

3 butir bawang merah

5 buah cabai rawit

3 buah cabai merah

1 batang bawang perei

Cara membuat rica-rica telur ceplok

1. Panaskan minyak, tumis bumbu iris hingga tercium aroma harum.

2. Masukkan saus tiram, garam, gula dan merica kemudian aduk hingga merata.

3. Masukkan telur yang sudah digoreng ceplok selanjutnya aduk hingga rata.

4. Tuangkan air secara perlahan sambil diaduk-aduk dan masak hingga matang.

5. Rica-rica telur ceplok siap untuk disajikan.

Itulah resep rica-rica telur ceplok yang dapat Anda buat bersama keluarga tercinta. Jika tidak mempunyai stok telur ayam Anda bisa menggunakan telur burung puyuh yang direbus. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *